sign up SIGN UP

3 Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Bikin Kulit Terlihat Kusam

Dian Siti Marfuah | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 07:45 WIB
3 Kesalahan Pemakaian Sunscreen yang Bikin Kulit Terlihat Kusam
caption
Jakarta -

Sunscreen adalah produk skincare yang penting dan wajib digunakan setiap hari. Manfaat sunscreen atau tabir surya ini dapat melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari seperti penuaan dini, flek hitam hingga resiko terkena kanker kulit.

Meski demikian nggak jarang setelah menggunakan sunscreen wajah malah terlihat kusam sehingga banyak orang yang mungkin menjadi enggan menggunakannya.

Atau mungkin menjadi kurang pede karena penggunaan sunscreen. Nah, agar nggak kejadian lagi, yuk ketahui 3 kesalahan pemakaian sunscreen yang bikin kulit kusam.

Aplikasi Sunscreen Tidak  Sempurna

Ilustrasi memakai sunscreen/ Freepik.com/ photo created by freepik
Ilustrasi memakai sunscreen/ Foto: freepik.com/freepik 

Pernah nggak sih kalian karena terlalu buru-buru sehingga mengaplikasikan sunscreennya juga buru-buru? Pengaplikasian secara tidak sempurna akan membuat sunscreen tidak merata  di wajah.

Tak hanya soal manfaat yang berkurang, tapi aplikasi yang tak merata ini bisa menyebabkan kulit kusam, lho. Pemakaian yang tidak merata akan membuat kulit yang tak terkena sunscreen tidak terlindung dari paparan sinar matahari.

Begitu pula dengan pengaplikasian produk sunscreen yang terlalu tipis. Pemakaian sunscreen yang terlalu tipis bisa membuat kulit nampak kusam dalam jangka pendek. Padahal pemakaian sunscreen yang benar adalah menggunakannya sebanyak dua ruas jari dan diaplikasikan secara merata.  

Salah Pilih Sunscreen

Ilustrasi pemakaian sunscreen/Freepik.com/ photo created by lookstudio
Ilustrasi pemakaian sunscreen/ Foto: Freepik.com/lookstudio

Kesalahan pemakaian sunscreen yang bisa bikin kulit kusam selanjutnya adalah salah memilih sunscreen. Pasalnya, pemilihan sunscreen itu ternyata cocok-cocok kan juga Beauties.

Terlebih ternyata ada sunscreen yang menimbulkan whitecast atau residu lapisan putih pada kulit yang timbul setelah pemakaian sunscreen. Whitecast karena pemakaian sunscreen ini nggak jarang bikin kulit jadi kusam, lho.

Nah, sunscreen yang meninggalkan whitecast adalah jenis physical sunscreen dengan kandungan zinc oxide dan titanium dioksida. Sedangkan sunscreen yang tidak menimbulkan whitecast adalah jenis chemical sunscreen. 

Jika kamu nggak mau sunscreen yang kamu gunakan ada whitecast-nya dan bikin wajahmu kusam, kamu disarankan menggunakan chemical sunscreen. Tenang saja, sekarang sudah banyak kok sunscreen yang tersedia dengan formula tak meningggalkan whitecast.

Selain itu, kamu juga perlu  jeli dalam memilih sunscreen yang cocok dengan kulitmu.

Salah Re-apply

Ilustrasi/ Pexels.com/ Photo by Andrea Piacquadio
Ilustrasi re-apply sunscreen/ Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Menggunakan sunscreen tak cukup sekali saja, melainkan harus di re-apply agar kulit tetap terjaga sepanjang hari. Meski demikian, salah re-apply sunscreen juga ternyata bisa kulit jadi keliatan kusam.

Hal ini bisa terjadi jika kamu langsung re-apply sunscreen tanpa membersihkan wajahmu dulu dengan baik. Padahal, kulit sebelum re-apply biasanya sudah berminyak dan kotor karena debu.

Belum lagi kalau kamu menggunakan makeup sebelumnya, akibatnya jika kamu langsung mengoleskan sunscreen wajahmu bakalan keliatan lusuh, kusam dan tak segar. Sebagai alternatif, gunakan sunscreen spray untuk re-apply sunscreen jika kamu menggunakan makeup.

Sebaliknya jika tak menggunakan makeup dan ingin re-apply sunscreen, bersihkan dulu wajahmu dengan air, micellar water, atau mengangkat minyak yang tersisa di wajah menggunakan kertas minyak atau tisu. Selain itu, hal ini juga bisa bikin kulitmu terhindar dari komedo dan jerawat.

Itu dia 3 kesalahan pemakaian sunscreen yang bikin kulit kusam. Nah, jangan lupa hindari 3 kesalahan itu dan aplikasikan sunscreen minimal 15 menit sebelum beraktivitas ya, Beauties.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id