sign up SIGN UP

Lupa Pakai Skincare Sebelum Tidur Malam? Segera Lakukan 4 Hal Ini di Pagi Hari!

Sri Widia | Beautynesia
Senin, 01 Aug 2022 09:15 WIB
Lupa Pakai Skincare Sebelum Tidur Malam? Segera Lakukan 4 Hal Ini di Pagi Hari!
Ilustrasi menggunakan skincare/Foto: Freepik.com/artursafronovvvv

Pada malam hari kulit bekerja lebih keras melakukan perbaikan dan regenerasi kulit secara alami. Namun rasa malas, padatnya aktivitas yang membuat lelah dan mengantuk, biasanya menjadi alasan untuk tidak menggunakan skincare pada malam hari, termasuk tidak membersihkan wajah.

Seperti yang kita ketahui, tidak membersihkan wajah sebelum tidur dapat mengakibatkan berbagai permasalahan kulit, seperti timbulnya jerawat yang berasal dari kotoran dan debu yang menyumbat pori.

Nah, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan di pagi hari jika lupa menggunakan skincare pada malam sebelumnya, yuk simak tips berikut ini!

Segera Lakukan Double Cleansing

Toner memang bisa membersihkan wajah namun tidak berfungsi sebagai cleanser. Jadi cuci wajah terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan toner.Ilustrasi membersihkan wajah/Foto: Freepik.com/pvproductions

Melakukan double cleansing merupakan hal yang wajib kamu lakukan ketika bangun di pagi hari. Gunakan makeup remover seperti cleansing balm atau cleansing oil pada tahap pertama untuk membersihkan makeup yang sifatnya waterproof. Kamu bisa menggunakan dengan cara memijat secara perlahan untuk meluruhkan makeup tanpa merusak pori atau jaringan kulit.

Selanjutnya bisa gunakan cleanser atau facial wash yang sesuai dengan jenis kulit. Hindari facial wash yang mengandung alkohol dan pewangi supaya tidak merusak skin barrier kulit.

Gunakan Pore Mask

Ilustrasi masker mentimun di mata.Ilustrasi masker/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Wonchalerm Rungswang

Setelah membersihkan wajah, gunakan pore mask untuk membersihkan kulit dari sisa makeup sebelumnya yang menumpuk dan menyumbat pori. Kamu bisa menggunakan pore mask seperti clay mask, charcoal ataupun jenis masker lainnya yang sifatnya mampu membersihkan hingga ke pori.

Aplikasikan pore mask secara merata pada kulit wajah dan diamkan selama 16-20 menit hingga mengering, lalu bilas dengan air hingga bersih. Setelah dibersihkan, keringkan wajah dengan tisu atau handuk untuk melakukan step skincare berikutnya.

Gunakan Serum

Step Skincare/ pexels.com/ Cottonbro
Step Skincare/ pexels.com/ Cottonbro

Setelah menggunakan pore mask, kamu bisa melanjutkan dengan penggunaan serum. Serum ampuh dalam mengatasi kulit beruntusan, jerawat, kering dan permasalahan kulit lainnya yang diakibatkan dari penggunaan makeup sepanjang malam.

Selain itu, penggunaan serum juga dapat memberikan nutrisi pada kulit agar kulit tetap terlihat sehat. Jadi jangan lupa menggunakan serum dalam skincare rutin kamu.

Gunakan Pelembab

Step Skincare/ pexels.com/ Linda Prebreza
Step Skincare/ pexels.com/ Linda Prebreza

Seiring bertambahnya usia, kurangnya kulit dalam memproduksi minyak dan kolagen berdampak pada kondisi kulit menjadi kering dan tipis. Tugas utama moisturizer atau pelembab yaitu melembabkan dan menghidrasi wajah, sehingga moisturizer sangat diperlukan pada kulit.

Terlebih ketika sepanjang malam kulit tidak diberikan moisturizer jadi kemungkinan kulit mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, jangan lupa oleskan moisturizer, Beauties. Setelah gunakan pelembab, terakhir jangan lupa sunscreen, ya!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id