sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Skin Barrier, Kamu Lakukan Salah Satunya?

Rizqa Fitriana | Beautynesia
Jumat, 16 Sep 2022 10:30 WIB
5 Kebiasaan Sepele yang Bisa Merusak Skin Barrier, Kamu Lakukan Salah Satunya?
caption

Beauties, apa kamu merasa sudah benar menerapkan perawatan wajah, tapi tetap saja memiliki kulit wajah yang bermasalah? Jerawat yang nggak sembuh-sembuh, kusam, kemerahan atau kulit yang mengelupas.

Kalau sudah seperti itu, jangan dulu menganggap skincare yang kamu pakai tidak cocok. Namun, kamu juga harus aware terhadap kebiasaan yang terkesan sepele tapi justru jadi penyebab rusaknya skin barrier kamu. Berikut ini dirangkum dari berbagai sumber, hal-hal sepele yang bisa merusak skin barrier. Simak yuk!

1. Menggunakan Scrub Wajah

Menggunakan scrub wajah/ Foto: unsplash.com/Engin Akyurt
Menggunakan scrub wajah/ Foto: unsplash.com/Engin Akyurt

Melakukan eksfoliasi wajah dengan scrub memang membuat wajah terasa lebih bersih karena butiran scrub memberi kesan mengangkat lapisan terluar kulit. Namun, pengelupasan yang kasar dan berlebihan justru mengganggu kesehatan skin barrier kamu.

Scrub wajah dapat menimbulkan efek kemerahan, iritasi dan penuaan diri. Jadi, dari pada menggunakan scrub yang mengganggu kesehatan kulit, mendingan kamu pakai produk chemical exfoliator dengan kandungan AHA, BHA, Azelaic acid, dan sejenisnya.

2. Tidak Membersihkan Peralatan Makeup

Tidak membersihkan peralatan makeup/ Foto: unsplash.com/Freestocks
Tidak membersihkan peralatan makeup/ Foto: unsplash.com/Freestocks

Beauties, jangan sepelekan kebersihan peralatan makeup yang kamu gunakan. Peralatan makeup seperti brush, sponge, maupun penjepit bulu mata jika tidak rajin dibersihkan akan menjadi sarang kuman. Niatnya merias wajah biar cantik malah menyebarkan bakteri ke wajah yang bisa bikin break out dan iritasi, duhhh.

Jadi, mulailah untuk membersihkan peralatan makeup secara rutin seminggu sekali dan gunakan sabun yang lembut namun efektif untuk menghilangkan kotorannya.

3. Tidak Membersihkan Riasan Wajah

Tidak membersihkan makeup/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio
Tidak membersihkan makeup/ Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Tidur tanpa membersihkan wajah apalagi dengan kondisi full makeup dapat menghambat proses mikro sirkulasi yang berfungsi menyegarkan kembali kulit wajah. Akibatnya, wajah menjadi kusam serta pori-pori tersumbat sehingga bisa terbentuk jerawat dan bruntusan.

Sediakan cleansing wipes di dekat kasur kamu. Cleansing wipes bisa sesekali menjadi penyelamat saat kamu merasa capek banget setelah seharian beraktivitas dan nggak sanggup lagi untuk cuci muka.

4. Memencet Jerawat

Memencet jerawat/ Foto: freepik.com/Wayhomestudio
Memencet jerawat/ Foto: freepik.com/Wayhomestudio

Jerawat yang muncul kadang bikin geram dan bikin kamu pengin memencetnya, ya kan? Tapi lebih baik tahan saja keinginanmu itu, karena memencet jerawat malah bikin bakteri menyebar ke area wajah yang bikin jerawatan dan iritasi tambah parah.

Belum lagi efek lainnya seperti menimbulkan infeksi lebih dalam dan menimbulkan bekas luka yang susah hilang. Jadi, hindari menyentuh dan memencet jerawat kamu, serta  gunakan skincare khusus untuk kulit berjerawat ya, Beauties.

5. Kurang tidur

Kurang tidur/ Foto: unsplash.com/Hanny Naibaho
Kurang tidur/ Foto: unsplash.com/Hanny Naibaho

Malam hari udah skincare-an bukannya langsung tidur, tapi malah begadang nontonin drakor, haduh.

Tau nggak sih, Beauties, saat kamu tidur, kulit kamu akan melakukan regenerasi sel, membangun kembali jaringan kulit dan memproduksi kolagen. Jadi, kalau kamu kurang tidur, kulit bakal kehilangan kilauan sehatnya dan rentan mengalami kerusakan skin barrier.

Demi menjaga skin barrier yang sehat, ikuti anjuran tidur ideal selama 7 sampai 8 jam setiap malamnya ya, Beauties.

Ternyata menjaga skin barrier bukan hanya dengan produk skincare saja ya, Beauties, tapi juga harus memperhatikan kebiasaan-kebiasaan yang sering dilakukan jangan sampai mengancam kesehatan kulit. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id