sign up SIGN UP

4 Kesalahan Memakai Maskara yang Bikin Bulu Mata Kamu Rontok Sampai Botak!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Rabu, 04 May 2022 09:00 WIB
4 Kesalahan Memakai Maskara yang Bikin Bulu Mata Kamu Rontok Sampai Botak!
caption
Jakarta -

Salah satu item makeup yang paling esensial dan harus ada di dalam tas para pengguna riasan adalah maskara. Dengan beberapa sapuan kuas saja, kita bisa mewujudkan bulu mata tebal dan lentik secara instan.

Meskipun begitu, beberapa pengguna maskara kerap mengeluhkan masalah bulu mata rontok setelah memakai maskara. Tujuan ingin menebalkan dan melentikkan bulu mata pun dihantui oleh bayangan gundulnya bulu mata. 'Kan seram!

Bulu mata yang sehat/Foto: Pexels/Marc Schulte
Bulu mata yang sehat/Foto: Pexels/Marc Schulte

Nah, biar nggak ganti genre jadi horor, coba deh perhatikan pantangan bagi pemakai maskara yang dilansir dari Insider ini. Kalau kesalahan ini masih sering kamu lakukan, jangan protes walau bulu mata kamu berguguran!

Tidur Tanpa Menghapus Riasan

Menghapus riasan mungkin menjadi hal terakhir yang ingin kita lakukan setelah beraktivitas seharian, terutama riasan yang sukar untuk dihilangkan seperti maskara. Namun, tidur tanpa menghapus makeup membuat bulu mata rentan rusak.

Hal tersebut dikarenakan fungsi maskara yang dapat membuat bulu mata menjadi kaku, sehingga bulu mata yang masih berbalut maskara akan menjadi mudah rontok ketika bergesekan dengan permukaan bantal.

Menjepit Bulu Mata Setelah Memakai Maskara

Jepitlah bulu mata sebelum memakai maskara/Foto: Pexels/ANTONI SHKRABA
Jepitlah bulu mata sebelum memakai maskara/Foto: Pexels/ANTONI SHKRABA

Memiliki bulu mata yang lentik merupakan impian banyak orang. Tidak heran, demi mendapatkan hasil lentik yang maksimal, beberapa orang menggunakan penjepit bulu mata sebelum dan sesudah pemakaian maskara.

Menjepit bulu mata memang merupakan langkah yang benar, tetapi hanya ketika  tahapan tersebut dilakukan sebelum memakai maskara. Penggunaan penjepit bulu mata setelah memakai maskara dapat merusak kutikula bulu mata dan membuat bulu mata menjadi mudah rontok.

Memakai Maskara Kedaluwarsa

Siapa yang sering malas menyortir produk-produk makeup yang ada di atas meja rias? Kalau kamu masih suka sayang untuk membuang makeup yang sudah kedaluwarsa, termasuk maskara hanya karena jarang dipakai, sebaiknya kamu segera bertobat!

Segera buang produk makeup kedaluwarsa/Foto: Pexels/Suzy Hazelwood
Segera buang produk makeup kedaluwarsa/Foto: Pexels/Suzy Hazelwood

Maskara kedaluwarsa biasanya sudah tercampur dengan bakteri sehingga tidak hanya membuat bulu mata menjadi rontok, tetapi juga bisa menyebabkan infeksi. Ganti maskara setelah dibuka maksimal tiga bulan sekali untuk menghindari risiko tersebut.

Sering Memakai Maskara Waterproof

Semua pemakai maskara, tentu, menyukai produk maskara waterproof yang menjamin maskara tetap terlihat awet seharian dan anti belepotan. Padahal maskara jenis ini sangat susah untuk dihilangkan.

Bahkan, meskipun sudah menggunakan remover, beberapa orang tetap kesulitan menghapus formulanya yang kuat sehingga harus memberikan tekanan saat menggosok.

Jika digunakan setiap hari, formula dari maskara waterproof sekaligus tekanan berlebihan yang digunakan untuk menghapus produk tersebut bisa membuat bulu mata menjadi mudah rontok.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id