sign up SIGN UP

5 Cara Cepat Menghilangkan Mata Bengkak di Pagi Hari, Dermatologist-Approved!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 06:30 WIB
5 Cara Cepat Menghilangkan Mata Bengkak di Pagi Hari, Dermatologist-Approved!
caption

Mata bengkak di pagi hari umumnya bisa hilang dengan sendirinya. Namun karena sering menimbulkan rasa kurang nyaman dan bisa mengganggu penampilan, banyak orang yang mencari cara untuk menghilangkan mata bengkak atau puffy eyes dengan lebih cepat.

Kamu juga punya masalah mata bengkak pagi ini, Beauties? Nah, berikut 5 kiat yang bisa kamu ikuti untuk membantu mengatasinya seperti yang dikutip dari Byrdie!

1. Gunakan Sendok Dingin

mengatasi mata bengkak di pagi hari
Dark circle dan mata bengkak di pagi hari/Foto: Freepik/Mari-draiser

Salah satu beauty hack yang populer untuk mengatasi mata bengkak adalah menggunakan sendok dingin. Ternyata, cara ini sudah mendapat dukungan dari para dermatologist, lho!

Mengaplikasikan sendok dingin di bawah mata dapat membantu mengurangi bengkak karena suhu dingin  dapat menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan di area tersebut.

Simpan dua sendok teh bersih di freezer, kemudian di pagi hari tekan-tekan bagian belakang sendok ke area bawah mata selama beberapa menit untuk mengurangi pembengkakan. 

2. Aplikasikan Eye Gel dengan Kandungan Kafein

mengatasi mata bengkak
Mengatasi mata bengkak di pagi hari dengan eye gel patch/Foto: Freepik/Wayhomestudio

Eye gel patch merupakan produk perawatan khusus area mata yang berfungsi melembapkan, menyegarkan dan membantu mengurangi dark circle. Saat ingin menggunakannya untuk mengurangi tampilan mata bengkak, pilih eye gel patch yang diformulasikan dengan kandungan bahan aktif seperti kafein, licorice maupun bahan antioksidan lainnya.

"Sebelum diaplikasikan, dinginkan eye gel mengandung kafein di dalam kulkas semalaman, lalu aplikasikan di pagi hari." ungkap Corey L. Hartman, MD, dokter kulit bersertifikat dan pendiri Skin Wellness Dermatology di Birmingham, Alabama.

3. Pijat dengan Eye Roller

mengatasi mata bengkak
Mengatasi mata bengkak di pagi hari dengan eye roller/Foto: Freepik/Freepik

Memijat area mata dengan eye roller juga bisa membantu mengurangi tampilan bengkak di pagi hari. Alat ini memang dikenal cukup efektif mengatasi pembengkakan kulit dan peradangan, dengan kemampuannya melancarkan peredaran darah dan menghambat penumpukan cairan limfatik di bawah kulit wajah.

Meski begitu, Dr. Hartman menegaskan eye roller juga dapat menambah masalah kulit jika tidak digunakan dengan benar.

"Eye roller cukup efektif jika digunakan secara teratur. Hanya saja, kamu sebaiknya tidak menekankan alat ini terlalu keras saat digunakan karena dapat memicu lebih banyak peradangan," ungkapnya.

4. Pijat Lembut dengan Tangan

mengatasi mata bengkak
Mengatasi mata bengkak di pagi hari dengan pijat lembut/Foto: Freepik/Cookie-studio

Tidak punya eye roller? Jangan khawatir, Beauties. Kamu juga bisa memijat area mata menggunakan jari untuk membantu mengurangi pembengkakan. Dr. Hartman menyarankan melakukan gerakan menekan-nekan yang sederhana dan lembut, menggunakan jari manis di area bawah mata.

Hal ini dapat membantu mendorong drainase limfatik sehingga pembengkakan akan berkurang.

5. Jaga Asupan Minum

mengatasi mata bengkak
Mengatasi mata bengkak di pagi hari dengan menjaga hidrasi/Foto: Freepik/Atlascompany

Terakhir, kamu perlu menjaga tubuh tetap terhidrasi untuk membantu mencegah pembengkakan. Menurut Robert Finney, MD, FAAD, dokter kulit bersertifikat dan Asisten Profesor Klinis di New York University, dehidrasi menjadi salah satu penyebab bengkak di bawah mata yang harus kamu hindari.

"Ketika kamu mengalami dehidrasi, tubuh akan mencoba menahan semua cairan, yang mana bisa menyebabkan pembengkakan termasuk di area bawah mata," jelas Dr. Finney.

Nah, menurut studi, asupan air yang ideal bagi pria adalah sekitar 3000 mL, sedangkan untuk perempuan sekitar 2200 mL.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id