sign up SIGN UP

Kesulitan Menangis Padahal Lagi Sedih? Coba Lakukan 9 Cara Ini untuk Bantu Keluarkan Air Mata

Niky Yunniarty Dermawan | Beautynesia
Minggu, 04 Sep 2022 14:30 WIB
Kesulitan Menangis Padahal Lagi Sedih? Coba Lakukan 9 Cara Ini untuk Bantu Keluarkan Air Mata
caption

Melepaskan perasaan cemas, frustasi, atau stres biasanya dilakukan dengan menangis. Hal tersebut adalah wajar, setiap orang perlu mengeluarkannya sesekali. Akan tetapi, ada kalanya saat sekotak tisu dan perasaan ingin segera di tumpahkan, namun air mata tidak kunjung mau keluar. Apa yang sebenarnya terjadi? Mengapa ada beberapa orang yang kesulitan untuk menangis?

Dilansir dari Womens Health Mag, beberapa orang kesulitan menangis karena memiliki masalah medis seperti sindrom mata kering, yaitu jumlah air mata yang diproduksi tidak mencukupi untuk dikeluarkan. Selain itu, bisa juga kamu sulit menangis karena memang berusaha menghindarinya.

Namun, jika kamu benar-benar membutuhkan cara untuk membantu agar mudah menangis dan melepaskan perasaan yang terkurung, coba lakukan cara-cara berikut ini!

Jangan Berkedip

Kesulitan Menangis?/freepik.com/nakaridore
Kesulitan Menangis?/freepik.com/nakaridore

Cara termudah untuk membuat kamu menangis dan mengeluarkan air mata adalah dengan tidak berkedip. Tubuh tentunya secara alami akan mengedipkan mata untuk menghasilkan kelembapan dan mencegah kotoran menempel yang berisiko menyebabkan infeksi.

Dengan kamu berusaha atau menahan diri untuk mengedip, dan mencoba menatap dinding kosong selama kurang lebih 20 detik, maka mata kamu kemungkinan besar akan mulai terasa 'terbakar' sehingga satu tau dua tetes air mata akan jatuh.

Terlibat atau Merasakan Alur Pernapasan

Beauties, dengan menyadari alur pernapasan akan membantu keseimbangan emosional, fisik, mental dan spiritual. Beberapa orang melakukan praktik menyadari napas dan mereka bisa menyembuhkan dirinya dari perasaan-perasaan cemas.

Jalan-jalan

Wanita sedang berjalan mencari angin segarIlustrasi berjalan/Foto: Unsplash/Emma Simpson

Berjalan tentunya memiliki banyak manfaat untuk berbagai alasan. Dengan berjalan-jalan, kamu bisa merefleksikan hal-hal yang membuat sedih atau yang menimbulkan perasaan cemas. Secara tidak langsung saat perasaan itu muncul, kamu akan mudah merasa haru dan kemudian bisa mengeluarkan emosi dengan cara menangis.

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik adalah cara lain yang sangat bagus untuk memanfaatkan emosi, Beauties. Pilihlah lagu-lagu yang menurut kamu bisa memunculkan emosi secara pribadi. Maka secara tidak langsung saat mendengarkannya kamu bisa terbawa suasana, sehingga bisa mengeluarkan emosi yang selama ini terpendam.

Gerakan Tubuh Seaktif Mungkin

Beauties, dengan berolahraga kalian juga bisa menangis, lho. Beberapa pose dalam olahraga yoga dapat membantu menyembuhkan trauma. Atau melalui latihan keras yang melibatkan pukulan seperti tinju atau kickboxing bisa membantu meruntuhkan penghalang dan membiarkan air mata mengalir.

Membaca Kisah Sedih

Kesulitan Menangis?/freepik.com/wayhomestudio
Kesulitan Menangis?/freepik.com/wayhomestudio

Hampir sama dengan mendengarkan musik, membaca cerita sedih juga dapat membantu kamu untuk mengeluarkan air mata. Pilihlah buku bacaan yang memang memiliki alur cerita yang menyedihkan sehingga bisa membantumu melepaskan air mata.

Bicara dengan Seseorang

Beauties, jika memang kamu mengalami kesulitan untuk meluapkan perasaan atau emosi, cobalah untuk membuka dan membagi perasaan dengan seseorang yang kamu percayai, entah keluarga, sahabat atau pasangan. Biasanya saat berbicara dengan seseorang yang dipercayai dapat menimbulkan perasaan nyaman dan memungkinkan kamu bisa menangis dengan baik tanpa dihakimi.

Menulis

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif Untuk Menjaga Kesehatan MentalIlustrasi menulis/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu sedang kesal dan ingin menangis, maka kamu bisa mencoba menulis pesan kepada seseorang atau tuliskan alasan kekesalan yang kamu alami. Terkadang, dengan menuliskan perasaan dan pikiran dapat membantu emosi naik ke permukaan dan mudah dikenali. Saat kamu sadar sedang berada di situasi emosi seperti apa, maka air mata biasanya akan mudah keluar.

Menguap

Cara paling sederhana agar menangis adalah dengan menguap. Kamu bisa mencoba menguap berkali-kali untuk membangunkan saluran air mata. Cara ini dapat membantu tubuh kamu untuk menangis.

Itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika kesulitan menangis. Semoga bermanfaat!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id