sign up SIGN UP

5 Kandungan pada Skincare yang Ramah Bagi Kulit Eksim, Wajib Tahu!

Fina Prichilia | Beautynesia
Selasa, 12 Apr 2022 12:04 WIB
5 Kandungan pada Skincare yang Ramah Bagi Kulit Eksim, Wajib Tahu!
caption
Jakarta -

Kondisi eksim membuat penderitanya wajib cermat dalam memilih produk skincare untuk keseharian. Pasalnya gatal, kulit kering dan memerah sebagai gejala eksim, bisa membuat tidak nyaman seharian.

National Eczema Society menuturkan memang biasanya penggunaan skincare dan makeup bisa menjadi pemicu gatal di kulit eksim. Untuk mengatasinya, kamu perlu memilih produk yang punya efek menenangkan kulit, Beauties.

Nah, beberapa kandungan ini bisa kamu cek di komposisi skincare sebelum dibeli, karena dinilai ramah buat kulit eksim.

Bahan skincare yang dapat dicoba perempuan usia 40-an.Ilustrasi skincare bagi pemilik kulit eksim. /freepik/rawpixel.com

Ceramide

Dilansir dari Allure, Dermatolog Rachel Maiman mengungkap ceramide jadi salah satu kandungan yang bisa menenangkan kulit. Ceramide merupakan asam lemak yang sebenarnya bisa ditemukan di kulit dalam menjaga skin barrier.

Hanya saja bagi penderita eksim, jumlahnya tidak cukup dalam menjaga kelembapan, sehingga perlu ditambah dari produk skincare yang mengandung ceramide.

Humectant

Humectant bermanfaat dalam menjaga kadar air dalam kulit, sehingga berguna dalam melembapkan. Adapun cara kerjanya yakni mengumpulkan serta menarik molekul air yang kemudian menahannya di dalam kulit.

Biasanya humectant ini muncul dalam komposisi skincare dengan 'nama lain' seperti glycerin, hyaluronic acid, aloe avera, seaweed, madu, dan lain sebagainya.

Sering menggunakan hand sanitizer dapat mengakibatkan kulit kering, kasar, sensitif, bahan eksimIlustrasi menggunakan skincare. /Pexels.com/

Petrolatum

Kamu mungkin sudah familiar dengan yang satu ini, Beauties. Petrolatum atau petroleum jelly merupakan emollient yang bisa mencegah kulit kehilangan air, sehingga berguna dalam melembapkan, juga menenangkan kulit dari gatal.

Bisabolol

Berasal dari bungan Matricaria Chamomila berupa cairan berminyak dan tak berwarna, bisabolol bersifat antiradang, Beauties. Tak cuma itu, tetapi juga berperan dalam proses penyembuhan kulit, melembapkan, serta menghambat proses penuaan karena adanya antioksidan.

Niacinamide

Kandungan satu ini tampaknya tengah populer, sebab dapat mencerahkan kulit. Dalam studi di Journal Cosmetic Dermatology, niacinamide bisa mengurangi kemerahan pada kulit eksim serta memperbaiki kulit yang rusak, lho.

Untuk mencegah keparahan kulit dari gejala eksim, kamu juga disarankan untuk memilih produk yang fragrance-free dan bebas paraben ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id