STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Lagi Cari Skincare Antiaging? Ini 3 Kandungan Bahan yang Sebaiknya Kamu Pilih untuk Melawan Tanda Penuaan Kulit!

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Jumat, 11 Nov 2022 20:30 WIB
Lagi Cari Skincare Antiaging? Ini 3 Kandungan Bahan yang Sebaiknya Kamu Pilih untuk Melawan Tanda Penuaan Kulit!

Menggunakan skincare antiaging disarankan untuk dilakukan sejak usia 20-an. Pasalnya, usia ini dinilai sebagai waktu yang tepat untuk mulai melakukan pencegahan munculnya tanda-tanda penuaan kulit seperti flek hitam, kusam, garis halus dan kerutan di wajah.

Kini ada berbagai produk antiaging yang bisa kamu pilih di pasaran. Namun untuk mendapatkan hasil terbaik, kamu perlu memilih skincare dengan kandungan bahan antiaging yang benar-benar mampu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit sehingga selalu tampak awet muda.

Mengutip dari Mind Body Greenternyata ini loh 3 deretan bahan antiaging yang paling efektif untuk melawan tanda-tanda penuaan kulit!

1. Retinol

serum retinol untuk mencegah penuaan kulit
Retinol serum/Foto: Freepik/Freepik

Sudah bukan rahasia lagi jika retinol menjadi salah satu kandungan bahan antiaging terbaik untuk mencegah penuaan kulit. Menurut Joshua Zeichner, M.D., seorang dokter bersertifikat yang berbasis di New York, AS, retinol memiliki kemampuan untuk merangsang produksi kolagen sehingga dapat mengurangi kerutan dan membuat tampilan wajah tampak lebih kenyal.

Selain itu, retinol juga dapat mempercepat proses pembaruan sel-sel kulit mati yang membuat tekstur kulit menjadi lebih halus, serta dapat membantu mengatasi jerawat.

Namun karena merupakan bahan aktif yang cukup powerful, kamu perlu menggunakannya secara hati-hati dan sesuai aturan agar kulit tidak iritasi. Jika kamu masih pemula menggunakan retinol, sebaiknya pilih produk dengan konsentrasi retinol yang rendah agar kulit bisa beradaptasi terlebih dulu.

Penting juga dicatat bahwa retinol dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga kamu perlu menggunakan sunscreen pada pagi harinya. Bahan ini juga tidak disarankan untuk ibu hamil dan menyusui ya, Beauties. 

2. Kolagen

skincare mengandung collagen
Ilustrasi menggunakan skincare mengandung kolagen/Foto: Freepik/Veronastudio

Tubuh manusia sebenarnya telah memproduksi kolagen secara alami yang terdapat dalam kulit, tulang, otot, urat dan ligamen. Fungsi dari kolagen adalah untuk memperkuat tulang, memulihkan jaringan yang terluka dan melenturkan tendon dan kulit, sehingga kulit yang memiliki cukup kolagen tampak lebih lentur dan kencang. 

Sayangnya, jumlah kolagen dalam tubuh dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Menurut penelitian, kadar kolagen mulai menurun 1% setiap tahunnya, di mulai sejak usia pertengahan 20-an. 

Oleh karena itu, menggunakan skincare dengan kandungan kolagen dipercaya dapat membantu menjaga kadar kolagen dalam tubuh agar tidak mengalami penurunan drastis.

3. Glycolic Acid

toner mengandung glycolic acid
Ilustrasi menggunakan skincare mengandung glycolic acid/Foto: Freepik/Dragonimages

Untuk menjaga kulit tetap sehat, kenyal dan awet muda, kamu juga perlu melakukan eksfoliasi secara rutin. Salah satu kandungan exfoliant yang disarankan untuk perawatan antiaging adalah glycolic acid. 

Glycolic acid merupakan bentuk lain dari alpha hydroxy acid (AHA) dan bisa diperoleh secara alami dari gula, susu maupun buah-buahan. Selain efektif untuk mengeksfoliasi kulit dengan mengangkat sel kulit mati dan memperbaiki tekstur kulit yang kasar, bahan ini juga dinilai bisa membantu mendorong peremajaan kulit dengan meningkatkan produksi kolagen, yang dapat mengurangi munculnya keriput, garis-garis halus, flek-flek hitam di wajah.

Eksfoliasi dengan glycolid acid disarankan dilakukan 2 - 3 kali seminggu pada malam hari. Namun pastikan tidak menggunakannya di malam yang sama saat menggunakan retinol agar kulit tidak iritasi ya, Beauties. Selamat mencoba!

--

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE