sign up SIGN UP

7 Kesalahan Pakai Eye Serum Ini Cuma Bikin Uang Terbuang Sia-sia, Cek Ada yang Sering Dilakukan?

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 16:00 WIB
7 Kesalahan Pakai Eye Serum Ini Cuma Bikin Uang Terbuang Sia-sia, Cek Ada yang Sering Dilakukan?
caption

Memakai eye serum terlihat sangat sepele, padahal sebenarnya tidak semudah itu lho, Beauties! Area mata merupakan daerah yang sensitif, kulit yang tipis akan rentan muncul kerutan. Bahkan kerutan di area mata adalah salah satu tanda penuaan yang paling pertama terlihat.

Dilansir dari Sunday Riley, eye serum dan eye cream juga merupakan dua produk yang berbeda. Eye cream memiliki tekstur yang lebih kental dan cukup berat, sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit kering atau dehidrasi. Sedangkan eye serum biasanya berbentuk gel ringan yang cenderung memiliki lebih banyak bahan aktif untuk mengatasi masalah di area mata.

Apakah meratakan eye serum di area mata saja sudah cukup? Inilah 7 kesalahan memakai eye serum yang bisa membuatmu rugi, perhatikan ya, Beauties!

1. Memilih Produk Tanpa Memperhatikan Kandungannya

7 Kesalahan Pakai Eye Serum yang Bakal Bikin Kamu Rugi
Memilih produk yang tepat/foto: pexels.com/Polina Tankilevitch

Sebelum memakai eye serum, kamu harus mencari produk yang sesuai dengan masalah yang ingin diatasi. Apabila kamu tidak menyesuaikan kandungan eye serum dengan masalahmu, maka eye serum tersebut akan sia-sia dan membuatmu rugi.

Dilansir dari Mind Body Green, ini beberapa kandungan eye serum yang bisa kamu coba. Carilah produk yang mengandung kafein untuk mengatasi mata bengkak karena kurang tidur, peptide untuk mengatasi garis halus, vitamin C untuk mengatasi area mata yang menggelap, dan hyaluronic acid untuk memberikan kelembapan pada kulit sekitar mata.

2. Tidak Memakai Eye Serum Secara Rutin

7 Kesalahan Pakai Eye Serum yang Bakal Bikin Kamu Rugi
Ilustrasi memakai eye serum secara rutin/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Apakah kamu termasuk yang hanya memakai eye serum pada malam hari, Beauties? Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan eye serum setiap pagi dan malam hari.

Terutama jika kamu menggunakan makeup untuk sehari-hari, gunakan eye serum untuk memberi kelembapan di sekitar mata agar makeup tetap awet. Kamu bisa memilih eye serum yang bertekstur ringan agar nyaman digunakan seharian ketika beraktivitas.

3. Tidak Memakai Eye Serum dengan Urutan yang Benar

7 Kesalahan Pakai Eye Serum yang Bakal Bikin Kamu Rugi
Urutan memakai eye serum/Foto: pexels.com/cottonbro

Cara mudah untuk menentukan urutan pemakaian skincare adalah menurut tekstur produknya. Produk yang bertekstur cair seperti toner atau essence digunakan langsung setelah mencuci wajah dan berurutan dengan produk yang teksturnya lebih kental.

Berbeda dengan eye cream yang bisa digunakan setelah moisturizer, eye serum sebaiknya digunakan setelah toner atau serum karena teksturnya yang lebih ringan. Apabila kamu menggunakannya setelah moisturizer yang kental, eye serum akan sulit untuk meresap ke kulit dan efeknya tidak akan maksimal.

4. Memakai Eye Serum dengan Jumlah Terlalu Banyak

7 Kesalahan Pakai Eye Serum yang Bakal Bikin Kamu Rugi
Ilustrasi eye serum/Foto: pexels.com/cottonbro

Area mata merupakan area yang tidak terlalu luas, maka kamu hanya perlu sedikit eye serum. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin banyak akan semakin baik. Padahal, memakai eye serum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi dan munculnya milia di sekitar mata.

5. Langsung Cepat-cepat Memakai Produk Lain

7 Kesalahan Pakai Eye Serum yang Bakal Bikin Kamu Rugi
Menunggu eye serum meresap/Foto: pexels.com/Koolshooters

Setelah memakai eye serum dengan urutan dan jumlah yang pas, kamu juga harus menunggu eye serum meresap dengan sempurna. Tidak perlu lama, kamu hanya butuh 30-60 detik saja. Apabila kamu tidak menunggu dan langsung memakai produk lain seperti sunscreen atau makeup, eye serum bisa terhapus dan menjadi sia-sia.

6. Terlalu Sering Menyentuh Mata

7 Kesalahan Pakai Eye Serum yang Bakal Bikin Kamu Rugi
Sering menyentuh mata/Foto: freepik

Mirip seperti kesalahan sebelumnya, menyentuh mata terlalu sering setelah memakai eye serum akan membuatmu rugi lho, Beauties. Tidak hanya membuat eye serum tidak sengaja terhapus, terlalu sering menyentuh area mata juga bisa menyebabkan garis halus dan penuaan dini.

7. Meratakan Eye Serum Sembarangan

7 Kesalahan Pakai Eye Serum yang Bakal Bikin Kamu Rugi
Meratakan eye serum/Foto: pexels.com/Yan Krukov

Di atas sudah disebutkan bahwa area mata merupakan area yang sensitif. Apabila kamu menggunakan eye serum dengan sembarangan, bisa menyebabkan iritasi dan membuat area mata menjadi membengkak.

Sebaiknya kamu meratakan eye serum secara pelan menggunakan jari manis yang memiliki lebih sedikit tekanan. Selain itu, eye serum boleh dipakai di seluruh area mata. Hindari bagian kelopak mata dan sudut mata karena bagian itu rentan dan dikhawatirkan produknya akan masuk ke mata.

Nah Beauties, setelah ini diharapkan kamu bisa menggunakan eye serum dengan benar supaya memberikan hasil yang maksimal. Kamu juga bisa menemukan rekomendasi produknya pada halaman ini. Selamat mencoba!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id