sign up SIGN UP

7 Rahasia untuk Dapatkan Makeupp Flawless Ala Korea yang Glowing dan Memukau

Adinda Rizki Putriandaswita | Beautynesia
Senin, 19 Sep 2022 22:00 WIB
7 Rahasia untuk Dapatkan Makeupp Flawless Ala Korea yang Glowing dan Memukau
Untuk mendapatkan make up yang flawless, dibutuhkan 7 tahapan rahasia/ Foto: instagram.com/banilaco_official
Jakarta -

Korea Selatan saat ini menjadi “kiblat” para beauty enthusiast beberapa tahun belakangan ini. Bukan hanya skincare-nya saja yang digemari karena menggunakan bahan-bahan alami dan kebanyakan cocok digunakan untuk kulit perempuan Indonesia, tetapi juga gaya make up bagus yang girly dan segar.

Selain memiliki gaya makeup yang dominan pink dan peach yang terlihat natural dan menyegarkan, Korea juga memiliki tipe make up yang minimalis tetapi tetap terlihat flawless dan bercahaya di kamera untuk para artisnya.

Ternyata, untuk mendapatkan make up dengan hasil yang flawless tersebut ada tahapannya tersendiri lho, Beauties! Hong Hyun Jeong selaku penata rias artis dan seorang Youtuber, membagikan tahapan make up flawless ala artis Korea yang bisa dicoba untuk dipraktikkan di rumah!

Apa saja tahapannya? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Rajin Melakukan Perawatan Kulit

Jangan malas merawat kulit wajah/Foto: Pexels/Miriam AlonsoMerawat kulit wajah/Foto: Pexels/Miriam Alonso

Umumnya, makeup Korea identik dengan warna kulit yang terlihat merata, di mana hasil tersebut bisa didapatkan dari melakukan perawatan kulit yang rutin.

Korea sendiri memang sudah terbukti memiliki skincare yang sangat bagus dan worth it untuk digunakan, yang bisa membuat kulit menjadi lebih cerah dan glowing.

Sebagai seorang penata rias, Hong Hyun Jeong mengaku ia akan memakaikan krim terlebih dahulu agar memberikan kesan cerah dan membuat make up dapat menempel dengan sempurna pada kulit.

Krim yang biasa ia pakai adalah krim wajah dengan kandungan niacinamide, kemudian sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar matahari, dan pelembap.

Tidak Menggunakan Teknik Contouring yang Berlebihan

foto: Menggunakannya sebagai contour/100percentpure.comTeknik contouring/ Foto: 100percentpure.com

Tidak seperti gaya makeup Barat yang bold dan banyak melakukan contouring, gaya make up flawless Korea justru meminimalisir teknik contouring agar jangan sampai berlebihan. Karena apabila menggunakan contour yang berlebihan, hasil akhir make up tidak akan terlihat ringan.

Oleh karena itu, jangan heran jika melihat artis perempuan Korea jarang menggunakan foundation yang tebal dan contouring yang berlapis-lapis. Sang penata rias juga menjelaskan bahwa riasan dasar pada wajah harus dilakukan dengan setipis mungkin.

Jika memang ada noda hitam atau bekas jerawat yang perlu ditutupi, gunakan concealer secukupnya dan hanya pada area yang perlu ditutupi saja.

Hindari Menggunakan Produk Kosmetik yang Berat

Cara mudah lakukan kontur wajah untuk makeup natural pemula/ foto: Freepik.com/ benzoixTidak menggunakan makeup yang berat/ foto: Freepik.com/ benzoix

Walaupun Korea Selatan menjadi pusat kecantikan dalam beberapa tahun terakhir dan banyak muncul brand make up terbaru, Hong Hyun Jeong selaku penata rias artis justru malah tidak begitu saja mencoba produk-produk makeup terbaru.

Ia tetap waspada dalam menggunakan produk make up baru yang sedang hits. Hong Hyun Jeong mengatakan bahwa kebanyakan perempuan Korea sangat sensitif dengan kandungan bahan yang terdapat di dalam produk makeup, ia sendiri juga cenderung menghindari brand makeup terbaru yang belum memberikan bukti nyata mengenai kualitasnya, yang biasanya terkenal hanya karena kekuatan pemasaran dan gimmick saja.

Selain itu, para artis Korea juga biasanya sangat pemilih terhadap makeup yang akan mereka kenakan, yang beberapa di antaranya memiliki kulit sensitif dan menghindari menggunakan produk makeup dengan wangi yang kuat, bahkan jika produk tersebut dari brand kelas atas sekalipun.

Blush On

Ilustrasi perempuan memakai blush onIlustrasi perempuan memakai blush on/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat

Salah satu produk makeup yang wajib digunakan dalam makeup flawless ala artis Korea adalah blush on! Di Korea sendiri, ada banyak sekali macam dan bentuk blush on lho, Beauties!

Mulai dari yang bertekstur powder sampai dengan yang berbentuk cair, semuanya dijamin bisa membuat rona kemerahan di pipi terlihat natural dan cantik. Perempuan Korea juga lebih suka sesuatu yang multifungsi, termasuk juga makeup, sehingga biasanya mereka akan mencari lipstik yang juga bisa digunakan sebagai blush on sebagai produk untuk menimbulkan rona pipi merah muda yang cantik dan segar.

Membuat Kulit Wajah yang Terkesan Dewy

Agar terlihat berkilau dan cantik, penata rias menggunakan serum agar kulit wajah terlihat dewy
Menyemprotkan serum untuk menciptakan dewy skin/ Foto: instagram.com/banilaco_official

Hong Hyun Jeong mengungkapkan ketika ia sudah selesai memakaikan riasan dasar pada orang yang diriasnya, ia akan menyelesaikannya dengan menyemprotkan serum beberapa kali. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tekstur yang dewy pada wajah dengan cepat dan mudah.

Dewy skin memang telah menjadi salah satu K-Beauty trend yang paling sukses, di mana dewy skin ini sendiri adalah riasan make up yang membuat wajah jadi terlihat seperti berembun, dan mengutamakan kilau alami kulit wajah.

Dan untuk membuat tampilan riasan yang seperti itu, senjata rahasia Hong Hyun Jeong adalah dengan menggunakan serum.

Selalu Mendinginkan Kulit Sebelum Mengaplikasikan Makeup

Agar make up tahan lama dalam kondisi apapun dan tak perlu banyak re-touch, salah satu alternatifnya bisa dengan mendinginkan wajah dengan masker terlebih dahulu
Mendinginkan kulit sebelum make up/ instagram.com/banilaco_official

Sama halnya dengan Indonesia, Korea juga memiliki iklim yang lembap dan cuaca yang tidak terprediksi, untuk itu para penata rias harus bisa memastikan makeup yang digunakan bisa tahan lama sepanjang hari dalam kondisi cuaca apapun.

Biasanya para artis sangat sibuk dan hampir tidak ada waktu untuk memperbaiki atau menambahkan riasan, Hong Hyun Jeong juga sangat menghindari hal tersebut.

Oleh karena itu, perias wajah para artis ini memiliki solusi yang brilian, dengan mendinginkan kulit terlebih dahulu sebelum mulai membubuhkan makeup dasar pada wajah artis yang diriasnya.

Cara yang ia lakukan untuk ‘mendinginkan’ kulit tersebut adalah dengan menggunakan beberapa bantalan masker sebelum mengaplikasikan primer dan dua sampai tiga lapis alas bedak, di mana lapisan alas bedak ini adalah lapisan yang sangat tipis.

Pelembap

Jangan Lewatkan Menggunakan PelembapPelembap/ Foto: pexels.com

Karena sangat menjunjung tinggi konsep dewy skin pada make up flawless ala artis Korea, dapat dilihat bahwa tahapan make up diawali dan diakhiri bukan dengan produk makeup melainkan dengan skincare.

Rata-rata artis perempuan Korea sangat waspada dalam melakukan skincare routine dan berfokus pada menghidrasi kulit. Oleh karena itu, dalam tahapan make up flawless ini memerlukan krim pelembap yang mampu menghidrasi dengan baik.

Menurut Hong Hyun Jeong, produk dengan formula dan kemampuan melembapkan yang paling baik adalah krim pelembap dari brand Chanel dan Hera.

Itulah tujuh tahapan makeup flawless ala artis Korea yang sangat mudah untuk dilakukan dan dicoba di rumah. Jika dilihat dari tahapan di atas, dapat disimpulkan bahwa makeup Korea lebih mengutamakan pada mempersiapkan kulit dengan baik, lewat melakukan perawatan kulit dengan rajin dan menggunakan skincare sebelum mulai merias.

Tertarik untuk mengikutinya, Beauties?

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(sim/sim)

Our Sister Site

mommyasia.id