STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Sering Makan Saat Stres? Lakukan 4 Kiat Ini untuk Mengontrol Emotional Eating

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Rabu, 17 Aug 2022 14:30 WIB
Sering Makan Saat Stres? Lakukan 4 Kiat Ini untuk Mengontrol Emotional Eating

Makan kerap menjadi pelarian saat stres bagi beberapa orang untuk menenangkan diri dari segala bentuk emosi yang sedang dirasakan. Bahkan hal ini juga telah menjadi sebuah kebiasaan. Hal ini disebut dengan istilah emotional eating.

Makanan yang dikonsumsi pun biasanya bukanlah makanan yang sehat, misalnya makanan manis, junk food, hingga minuman manis seperti kopi dan boba. Seperti yang diketahui, makanan dan minuman tersebut dapat berisiko pada kesehatan karena memicu berbagai penyakit, seperti obesitas, diabetes, hingga jantung.

Oleh karena itu, sudah saatnya kamu belajar untuk mengelola stres dengan cara yang tepat agar tak menjadikan makan tak sehat sebagai pelarian. Lantas, bagaimana cara untuk mengontrol emotional eating saat stres? Simak kiatnya yang telah Beautynesia rangkum berikut ini, yuk!

Pahami Hubungan dengan Makanan

Penumpukan hormon stres memaksa tubuh untuk mencari ketenangan melalui hal lain, salah satunya makanan.Ilustrasi makan junk food/Foto: Freepik.com/

Melansir dari Oh My Mag, hal penting yang perlu dipahami untuk dapat mengontrol emotional eating adalah memahami bagaimana hubunganmu dengan makanan. Kamu perlu mengetahui apa saja hal yang dapat memicu kamu untuk melakukan makan dalam kondisi yang emosional.

Selain itu kamu juga perlu untuk mengetahui bagaimana perbedaan sinyal lapar dari fisik dengan hasrat semata, agar kamu dapat mencegah terjadinya emotional eating tersebut. Dilansir dari CNN Indonesia, tak semua rasa lapar menandakan bahwa tubuh membutuhkan makanan. Sebab rasa haus dan kelelahan juga bisa menjadi sinyal lapar palsu.

Temukan Cara Lain untuk Mengatasi Stres

berolahraga juga dapat membantu meredakan stres yang dapat berpengaruh mengontrol emotional eating
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/

Jika selama ini saat dalam kondisi stres dan kamu memilih makanan sebagai cara untuk mengatasinya, kini mulailah untuk mencoba cari kegiatan lain yang tentunya juga dapat menenangkanmu dari kondisi tersebut. Belajar memahami diri untuk menemukan hal yang disenangi. Dilansir dari Healthline, kamu bisa melakukan kegiatan seperti journaling, berolahraga, melukis, dan berbagai kegiatan positif lainnya yang tentunya menyehatkan baik secara fisik maupun mental.

Meditasi

Meditasi
Meditasi/Foto: Freepik.com/senivpetro

Salah satu cara yang banyak orang terapkan untuk mengatasi stres dan memulihkan kembali perasaan tenang yakni dengan melakukan meditasi. Dilansir dari Healtline, ditemukan banyak penelitian yang menjelaskan bahwa meditasi mindfulness sebagai pengobatan untuk gangguan makan berlebihan, seperti halnya emotional eating.

Ada berbagai jenis meditasi yang dapat kamu lakukan dan pelajari, lho, Beauties. Mulai dari meditasi mindfulnes, visual, hingga spritual pun dapat kamu coba untuk menenangkamu dari kondisi stres.

Buku Harian Makanan

Mengontrol emotional eating dengan membuat buku harian makanan
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/freepik

Membuat buku harian makanan juga bisa jadi solusi untuk mengontrol emotional eating yang kerap mengganggu. Dilansir dari Oh My Mag, kamu perlu mencatat waktu dalam sehari setiap makan dan kondisi yang membuatmu dilanda kondisi 'ngidam'.

Dengan mengetahui setiap pola dan waktu makanmu sehari-sehari, hal ini dapat membantumu mengidentifikasi berbagai pemicu hasrat makan yang tidak pada waktunya. Jika kamu tak ingin direpotkan dengan membawa buku harian makan setiap harinya, kamu dapat memanfatkan berbagai fitur dan aplikasi yang ada di smartphone.

Nah, itu tadi 4 cara yang dapat kamu lakukan untuk membantu mengontrol emotional eating yang kerap mengganggu. Selamat mencoba!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE