sign up SIGN UP

Alasan Kenapa Tidur yang Cukup Sangat Penting Bagi Kecantikan Kulit, Ini Kata Ahli

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Jumat, 15 Jul 2022 19:45 WIB
Alasan Kenapa Tidur yang Cukup Sangat Penting Bagi Kecantikan Kulit, Ini Kata Ahli
caption

Beauties mungkin saat ini sudah nggak begitu asing pada anjuran untuk tidur yang cukup setiap harinya demi kecantikan kulit.

"Selama tidur adalah waktu tubuh beristirahat dan melakukan regenerasi lewat eliminasi dan penggantian sel kulit mati, meliputi sel pada kulit dan darah," kata Jeannel Astarita, founder Just Ageless Beauty Body Sculpting + Beauty Lab, seperti dikutip dari Real Simple.

Ia juga menambahkan kalau tidur yang cukup akan menurunkan hormon stres 'kartisol' yang mana itu berpotensi menyebabkan kerusakan akibat radikal bebas pada kulit dan sistem lain dalam tubuh.

Tidur Cukup Jadi Antiaging Alami

Tidur yang cukupTidur yang cukup/Foto: Freepik.com/Jcomp

Masih dikutip dari laman yang sama, Dr. Frieling, yang juga merupakan seorang dokter kulit dan CEO GfaceMD, mengungkap bila seseorang mendapat cukup tidur maka itu sangat bermanfaat buat kulit karena bisa berperan sebagai antiaging, termasuk produksi kolagen alami yang mencegah kulit jadi kendur dan keriput.

Sebaliknya kalau seseorang sering kurang tidur, maka berisiko menyebabkan penipisan pada elastisitas dan kekenyalan kulit. Dalam jangka pendek, bikin mata bengkak dan/atau nunculnya lingkaran hitam di bawah mata, Beauties.

Dr. Frieling menambahkan, kondisi kulit bisa semakin buruk jika kebiasaan begadangmu 'melibatkan' kafein maupun alkohol, ,serta makanan asin lho, Beauties. Itu karena semakin membuat kulitmu jadi dehidrasi, kulitmu akan membengkak dan kemerahan.

Memang, efek begadang nggak bikin kamu mengalami penuaan dini dalam semalam, Beauties, tetapi Dr. Frieling menganjurkan agar kamu segera mengubah kebiasaan begadang agar kulitmu bisa 'pulih'.

Benarkah Kita Membutuhkan Tidur Selama 8 Jam? Ini PenjelasannyaTidur bisa berpengaruh pada kecantikan kulit. /Foto: pexels.com/Miriam Alonso/


"Dengan menghidrasi tubuh dengan minum air, konsumsi makanan rendah sodium, mengkonsumsi protein, membersihkan makeup (setelah dipakai seharian), menggunakan pelembap, dan menjaga agar konsumsi alkohol tidak lebih dari dua gelas," katanya.

Produk Skincare untuk Atasi Kulit yang Kurang Tidur

Astarita merekomendasikan untuk menggunakan produk berbahan retinol sebelum tidur, adalah hal terbaik yang dapat kamu lakukan bagi kulit. Sementara Dr. Frieling menyebut produk yang mengandung peptides untuk menguatkan dan memperbarui kondisi kulit.

Meski begitu, keduanya mengingatkan agar tidak hanya mengandalkan produk kecantikan, melainkan tidurlah dengan cukup setiap harinya.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id