STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Benarkah Tidur Selama 8 Jam Jadi Durasi yang Paling Ideal? Ini Penjelasannya!

Salsabila Pratiwi | Beautynesia
Jumat, 08 Jul 2022 23:30 WIB
Benarkah Tidur Selama 8 Jam Jadi Durasi yang Paling Ideal? Ini Penjelasannya!

Beauties, kamu tentu tahu bahwa tidur sangat penting untuk kesehatan. Namun, ketika seseorang sibuk, tidur bisa menjadi salah satu hal pertama yang diabaikan atau dikorbankan. Tentu, ini sangat disayangkan karena cukup tidur sama pentingnya dengan kesehatan yang baik, seperti halnya makan makanan sehat atau cukup berolahraga.

Tidur yang cukup pun sering kali dikaitkan dengan tidur selama 8 jam. Lantas, benarkah durasi tidur 8 jam itu ideal dan manfaat apa yang bisa didapatkan ketika tidur cukup dan berkualitas? Yuk, simak ulasannya!

Tidur yang Cukup Bermanfaat untuk Kesehatan

Benarkah Kita Membutuhkan Tidur Selama 8 Jam? Ini Penjelasannya
Manfaat Tidur/Foto: pexels.com/Cottonbro

Tidur lebih dari sekadar waktu bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat. Faktanya, saat tidur, tubuh akan tetap aktif. Jadi, selama waktu ini, tubuh akan membangun kembali otot-otot yang lelah di siang hari dan membuang racun di otak. 

Dilansir dari Healthlinetidur juga penting dalam membantu seseorang mengatur emosi. Kurang tidur dapat meningkatkan respons emosional terhadap perasaan negatif hingga 60 persen.  Selain itu, kurang tidur dapat mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengatur fungsi-fungsi penting seperti kontrol nafsu makan, sistem kekebalan tubuh, metabolisme, dan berat badan.

Kurang tidur tidak hanya dapat menyebabkan rasa lelah, tetapi juga mempengaruhi kinerja kognitif. Seseorang yang kurang tidur mungkin saja terlibat dalam pengambilan keputusan yang buruk, kurang kreatif, dan memiliki peningkatan risiko kecelakaan kendaraan bermotor.

Satu studi menemukan bahwa tidur hanya 5 jam per malam selama 4 malam berturut-turut berdampak negatif pada kinerja mental. Kurang tidur dapat menyebabkan suasana hati yang negatif dan produktivitas yang rendah. Lebih buruk lagi, kualitas tidur yang buruk atau kurang tidur dapat meningkatkan peluang terkena penyakit kronis seperti diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

Berapa Lama Tidur yang Disarankan?

Benarkah Kita Membutuhkan Tidur Selama 8 Jam? Ini Penjelasannya
Waktu Tidur yang Baik/Foto: pexels.com/Cats Coming

Jumlah tidur yang dibutuhkan seseorang per malam ditentukan oleh usia. Rekomendasi resmi untuk durasi tidur dipecah berdasarkan kelompok usia seperti yang dikutip dari Healthline, yaitu:

  • Orang dewasa yang lebih tua (65+): 7-8 jam
  • Dewasa (18–64 tahun): 7–9 jam
  • Remaja (14–17 tahun): 8–10 jam
  • Anak sekolah (6–13 tahun): 9–11 jam
  • Anak-anak prasekolah (3–5 tahun): 10–13 jam (termasuk tidur siang)
  • Balita (1–2 tahun): 11–14 jam (termasuk tidur siang)
  • Bayi (4–12 bulan): 12–15 jam (termasuk tidur siang)
  • Bayi baru lahir (0–3 bulan): 14–17 jam

Tidur yang Berkualitas Sangat Penting

Benarkah Kita Membutuhkan Tidur Selama 8 Jam? Ini Penjelasannya
Tidur Berkualitas/Foto: pexels.com/Miriam Alonso

Jika kualitas tidur buruk, seseorang mungkin masih merasa lelah. Studi telah menemukan bahwa durasi tidur yang pendek dan kualitas tidur yang buruk bertanggung jawab atas banyak efek buruk. Oleh karena itu, tidak hanya penting untuk fokus pada tidur yang cukup lama, tetapi juga pada tidur yang berkualitas.

Pentingnya mendapatkan tidur yang cukup, beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya: 

  • Memiliki jadwal tidur yang teratur.
  • Buat rutinitas sebelum tidur yang menenangkan.
  • Ciptakan lingkungan yang nyaman.
  • Kurangi kafein, alkohol, dan nikotin.
  • Kurangi penggunaan barang elektronik.
  • Berlatih meditasi. 

Seseorang dengan durasi tidur yang cukup, maka akan merasa terjaga dan berenergi di siang hari. Jika seseorang merasa lesu atau sering lelah, seseorang mungkin perlu tidur lebih banyak. Untuk memaksimalkan waktu tidur, yuk lakukan ritual yang baik dan menenangkan sebelum tidur seperti penjelasan di atas. Sleep tight, sweet dream!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE