sign up SIGN UP

Nggak Asal Oles, Ini Cara Pakai Body Lotion yang Benar Biar Hasilnya Lebih Optimal!

Ivana Christy Tampubolon | Beautynesia
Sabtu, 21 May 2022 16:30 WIB
Nggak Asal Oles, Ini Cara Pakai Body Lotion yang Benar Biar Hasilnya Lebih Optimal!
caption

Sadar nggak sih Beauties kalau rasanya body lotion sudah seperti kebutuhan pokok untuk kulit kita? Ibarat nasi jadi makanan pokok, body lotion juga jadi makanan penting buat kulit kita.

Kalau kamu rajin merawat kulit wajah, kulit tubuh juga sama pentingnya untuk dirawat ya Beauties. Nah yang lebih penting lagi harus tau juga cara pakai body lotion yang benar.

Kalo cara pakainya benar, manfaat body lotion bakal lebih optimal dirasakan kulit kita. Nah cara pakai body lotion yang benar itu gimana sih? Bukannya tinggal dipake aja?

Eits, coba cek dulu yuk Beauties. Soalnya salah cara pakai body lotion yang kurang tepat bisa bikin “zat gizi” dari body lotion kamu tidak terserap maksimal.

1. Beda Tekstur Body Lotion, Beda Peruntukan.

Sesuaikan Jenis Kulit dengan Tekstur Body Lotion/Foto  pinterest.com/ Cocokind Skincare
Sesuaikan Jenis Kulit dengan Tekstur Body Lotion/Foto pinterest.com/ Cocokind Skincare

Ini poin yang harus pertama kamu lakuin. Pastikan kamu tau apa jenis dan kebutuhan kulit kamu. Beda tekstur body lotion juga bisa kasih hasil yang berbeda untuk kulit kamu.

Untuk Beauties pemilik kulit kering, sangat kering sebaiknya pakai body lotion yang teksturnya creamy. Tekstur creamy yang “berat” bisa kasih kelembapan yang lebih tahan lama di kulit.

Beauties yang punya kulit tubuh normal, boleh banget pakai body lotion dengan tekstur gel. Tekstur gel yang lebih ringan kasih kelembaban yang pas di kulit normal kamu.

2. Pakai Sehabis Mandi

Pakai Body Lotion Setelah Mandi/Foto : pexels.com/ Sora Shimazaki
Pakai Body Lotion Setelah Mandi/Foto : pexels.com/ Sora Shimazaki

Kebanyakan orang pasti pakai baju dulu setelah mandi baru pakai body lotion. Padahal, cara ini bikin body lotion kurang diserap kulit.

Biar lebih optimal, pakai body lotion tepat setelah mandi ya Beauties. Bisa setelah pakai handuk atau bahkan bisa dipakai saat tubuh masih dalam keadaan basah atau sering disebut in-shower body lotion.

Dikutip dari American Academy of Dermatology, pakai body lotion tepat setelah kamu mandi bikin kulit lebih cepat menyerap body lotion karena masih ada kelembapan dari air. Cara ini bikin body lotion lebih efektif menjaga kelembapan kulit kamu lebih lama.

Like they said, “Mengaplikasikan pelembab setelah mandi sangat penting karena memberikan lapisan buatan di kulit yang dapat membantu mencegah kehilangan kelembaban dari air,”

3. Jangan Pelit

Wajib Dipakai Ke Seluruh Tubuh/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki
Wajib Dipakai Ke Seluruh Tubuh/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki

Ibarat makan, yang butuh asupan gizi tentu semua anggota tubuh kita bukan? Sama seperti kulit, semua kulit tubuh kita butuh menyerap “makanan” dari body lotion

Dilansir dari Wolipop, baik kulit yang terbuka maupun kulit yang tertutupi pakaian sama-sama harus dapat nutrisi dari body lotion. Karena itu, jangan pelit ke tubuh kamu ya Beauties.

Gunakan body lotion ke seluruh tubuh kamu biar manfaat body lotion bisa lebih optimal lagi. Bukan cuma omong doang, fakta ini bahkan disuarakan juga oleh dokter spesialis kulit

Dr Sarah Hutapea, SpKK, menjelaskan “Kebanyakan wanita hanya menggunakannya ke bagian tubuh yang terbuka dan mudah dijangkau, seperti lengan dan kaki. Padahal, bagian kulit yang tertutup juga perlu nutrisi yang sama,”

Hayo, coba cek, Beauties pakai body lotion cuma di tangan atau kaki doang nggak?

4. Pakainya Rutin dan Teratur

Wajib Dipakai Teratur/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska
Wajib Dipakai Teratur/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Nah ini sebenarnya sudah banyak ilmunya, tapi kebanyakan orang tetap pake body lotion sesuai mood. Padahal, pakai body lotion itu harus disiplin dan jadi kebiasaan loh, Beauties.

Kalau Beauties memang mau manfaat body lotion yang optimal, pakai body lotion kamu 2 kali sehari. Pakai pagi hari saat mau mulai aktivitas dan malam hari sebelum tidur.

5. Atur Ekspektasimu

Hasilnya Nggak Instan/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki
Hasilnya Nggak Instan/Foto : pexels.com/Sora Shimazaki

Nah ini juga tak kalah penting ya Beauties. Soalnya ternyata masih banyak yang pake body lotion karena ngarep kulitnya bisa cepat putih atau cepat lembab.

Dikutip dari Wolipop, faktanya kulit kita butuh waktu 28 hari untuk regenerasi dari kulit lama ke kulit baru yang lebih lembut. Kalau kamu berhenti pakai body lotion karena ekspektasi kamu yang ketinggian, yang ada kulit kamu susah regenerasi.

Bahkan bisa bikin kulit jadi kering loh, Beauties. Body lotion itu ibarat makanan ke tubuh. Agar manfaatnya kelihatan tentu butuh waktu. Yang terpenting itu rutin dan teratur seperti yang udah dijelaskan di poin no 4.

Beauties sudah cek cara pakai body lotion kamu? Sudah melakukan 5 cara yang tepat ini atau masih ada yang belum Beauties lakukan?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id