STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Biar Beneran Glowing, Ini Cara Eksfoliasi Wajah dan Waktu yang Tepat untuk Lakukannya!

Lynisa Hidayah | Beautynesia
Sabtu, 01 Oct 2022 15:30 WIB
Biar Beneran Glowing, Ini Cara Eksfoliasi Wajah dan Waktu yang Tepat untuk Lakukannya!

Eksfoliasi adalah proses mengangkat sel kulit mati yang ada pada lapisan terluar kulit yang mencegah penyumbatan pori-pori, bekas jerawat, dan komedo. Eksfoliasi juga membantu meningkatkan kolagen agar kulit lebih kencang dan glowing. Selain itu, hasil skincare kamu pun akan lebih maksimal dan meresap ke kulit jika rajin melakukan eksfoliasi kulit. 

Eksfoliasi bisa dilakukan sendiri di rumah maupun di klinik kecantikan. Namun, beberapa orang sering melakukan kesalahan eksfoliasi seperti melakukan scrub terlalu berlebihan demi kulit bersih dan glowing.

Akibatnya, kulit kamu bukannya bersih tapi malah iritasi, kering, hingga kemerahan. Supaya tidak salah cara eksfoliasi, kamu bisa simak caranya berikut ini! 

1. Pilih Produk Sesuai dengan Jenis Kulit

SkincareIlustrasi pilihan eksfoliasi/Foto: Freepik.com/jcomp

Produk eksfoliasi yang dijual di pasaran tidak diperuntukkan untuk semua jenis kulit. Oleh karena itu alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu jenis kulit agar tidak salah memilih dan menyebabkan masalah wajah yang baru. 

Untuk kulit wajah normal bisa eksfoliasi menggunakan scrub seperti AHA dan BHA. Sedangkan kulit berminyak sebaiknya menggunakan scrub untuk memberikan hasil yang maksimal. Untuk kamu yang memiliki kulit kering, bisa menggunakan chemical exfoliation, dan pemilik kulit sensitif, sebaiknya eksfoliasi menggunakan bahan-bahan lembut dengan persentase AHA dan BHA yang rendah.

2. Membersihkan Wajah dengan Double Cleansing

SkincareIlustrasi membersihkan wajah/Foto:freepik.com/KamranAysinov

Fungsi double cleansing tak hanya membersihkan makeup di wajah, tapi juga membersihkan kotoran dan debu yang menempel setelah beraktivitas seharian. Double cleansing juga menjadi salah satu rangkaian skincare agar terhindar dari breakout.

Kamu bisa double cleansing dengan micellar water, cleansing balm, atau cleansing oil yang kamu miliki. Kemudian lanjutkan dengan facial wash. 

3. Aplikasikan Eksfoliasi secara Merata ke Seluruh Wajah

Skincare
Ilustrasi lagi eksfoliasi/Foto: Freepik.com/wayhomestudio

Setelah wajah bersih kamu bisa langsung membaurkan eksfoliasi secara merata ke seluruh wajah. Gunakan ujung jari untuk menggosok eksfoliasi secara perlahan dengan gerakan memutar selama 30 detik.

Untuk kulit sensitif bisa mencoba peeling serum sebanyak 5 tetes yang diratakan ke seluruh wajah dan didiamkan selama 10 menit. Selanjutnya basuh wajah kamu dengan air hangat hingga bersih. 

4. Tutup Eksfoliasi dengan Pelembap Wajah

Skincare
Ilustrasi perempuan scrub wajah/Foto: Freepik.com/ArtPhoto_studio

Pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit yang kering setelah eksfoliasi. Pelembap juga bermanfaat untuk mengurangi iritasi dan merawat skin barrier. Pilih pelembap yang cocok dengan jenis kulit agar tak hanya melembapkan, tapi juga bisa menjaga kulit dari berbagai masalah wajah yang kemungkinan bisa terjadi. 

Waktu terbaik untuk eksfoliasi wajah adalah 2 minggu sekali. Namun hal ini bisa disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Jika kulit kamu berminyak dan acne prone, bisa eksfoliasi hingga 2 minggu sekali, tapi jika kulit kamu kering bisa eksfoliasi seminggu sekali dan sebisa mungkin hindari produk yang mengandung alkohol, perfume, dan oil.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE