sign up SIGN UP

Cara Menyamarkan Kerutan di Bawah Mata

Deviena Nur Fadillah | Beautynesia
Sabtu, 30 Jul 2022 20:00 WIB
Cara Menyamarkan Kerutan di Bawah Mata
Ilustrasi merawat area bawah mata/Foto: Freepik.com/lookstudio

Untuk mengatasi kerutan di bawah mata, selama ini meletakkan timun di bawah mata dinilai bisa meminimalisirnya, Beauties.

Namun Medical News Today melansir, hal tersebut memang betul, tetapi hanya sedikit saja bisa beri pengaruhnya. Meski begitu menurut penelitian yang masih dilansir dari Medical News Today, polyphenols, senyawa kimia yang terdapat di makanan seperti teh hijau dan delima bisa membantu mencegah kerutan. Selain itu, studi lain juga menyebut kalau vitamin C juga bisa mengurangi kerutan, Beauties.

Pakai Krim Bawah Mata

Kesalahan memakai skincare karena pakai krim wajah di bawah mata.Pakai krim wajah di bawah mata/Foto: pexels.com/cottonbro

Saat ini banyak sekali produk antiaging dan krim bawah mata yang diklaim bisa mengatasi permasalahan tersebut. American Society for Dermatologic Surgery memperingatkan masyarakat agar cermat dalam memilih produk, terutama wajib hati-hati dengan yang memberikan klaim yang berlebihan, seperti hasil yang cepat.

American Academy for Dermatology (AAD) menyarankan kamu yang lagi mencari produk antiaging:

- menggunakan pelembap untuk meminimalisir garis halus di area bawah mata
- melihat keutamaan produk yang didesain untuk mengatasi kerutan
- menghindari penggunaan produk antiaging lebih dari satu dalam beberapa hari maupun minggu
- menggunakan produk sesuai jenis kulit
- mencari produk yang hypoallergenic dan noncomedogenic & nonaccnegenic

Adapun kandungan untuk antiaging adalah SPF sunscreen, retinol, antioksidan, alpha hydroxy acids, dan argan oil. Tidak lupa AAD menyarankan masyarakat untuk punya ekspektasi yang realistis dari produk skincare, pasalnya produk tersebut memberi hasil yang sederhana.

Ilustrasi kerutan di bawah mata/Foto: freepik.com/wayhomestudio
Ilustrasi kerutan di bawah mata/Foto: freepik.com/wayhomestudio


Perawatan Kosmetik dan Medis

Medical News Today pun melansir, cara yang lebih efektif dalam mengatasi kerutan di bawah mata yaitu lewat perawatan kosmetik dan medis yang saat ini telah tersedia, meski begitu perlu diperhatikan kalau tetap ada efek sampingnya.

Beberapa perawatan yang umum ditemui antara lain facial rejuvenation, yaitu tenaga medis akan menginjeksi botulinum toxin atau botox ke dalam kulit. Cara kerja botox yaitu dengan menghentikan otot-otot di bawah kerutan agar tidak bergerak. Selain itu ada fillers, yakni menggunakan injeksi kolagen atau hyaluronic acid ke kulit area bawah mata.

Tertarik mencobanya? Cari tahu dulu perbedaan dan efek samping dari keduanya di sini, Beauties!


---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id