STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Cuaca Mendung dan Berada di Dalam Ruangan, Masih Penting Pakai Tabir Surya Nggak Sih? Simak Faktanya di Sini!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Selasa, 10 Jan 2023 06:45 WIB
Cuaca Mendung dan Berada di Dalam Ruangan, Masih Penting Pakai Tabir Surya Nggak Sih? Simak Faktanya di Sini!

Banyak orang beranggapan bahwa tabir surya hanya perlu digunakan saat musim panas. Sayangnya, itu hanyalah mitos belaka! Faktanya, radiasi ultraviolet (UV) matahari tetap ada saat cuaca mendung atau musim hujan, meski tak sekuat di musim panas. Bahkan menurut para ahli, sinar UV juga bisa menembus ke dalam kaca jendela rumah dan kendaraan, loh.

Jadi, masih bandel mau meninggalkan tabir surya karena cuacanya lagi mendung atau kamu lebih sering berada di dalam ruangan? Kamu harus tahu, inilah alasan pentingnya memakai tabir surya kapan pun dan dimana pun.

Sinar UV Matahari Mampu Menembus Awan

Perempuan menggunakan sunscreensunscreen/ foto: Freepik/ freepik

Sinar UV matahari yang menyebabkan garis-garis halus, kerutan, hiperpigmentasi, kerusakan kulit, hingga risiko kanker kulit terjadi sepanjang tahun. Hanya karena kamu tak dapat merasakan teriknya matahari bukan berarti kamu tidak berisiko terkena paparan sinar UV.

Pasalnya menurut Skin Cancer Foundation, sinar UV dapat menembus awan, hujan, mau pun kabut. Apalagi menurut Healthline, risiko sinar UV menjadi lebih kuat dan lebih merusak saat mengenai permukaan reflektif seperti air, semen, pasir, dan salju.

Oleh karena itu, para ahli berpendapat bahwa mengenakan tabir surya ber-SPF 30 atau lebih tinggi wajib menjadi kebiasaan sehari-hari, tak peduli saat cuaca mendung atau hujan. Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya secara merata ke semua area kulit yang terbuka, khususnya wajah, leher, dada, dan punggung kaki.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE