sign up SIGN UP

Jangan Tergiur Harga Murah, Yuk Kenali 6 Ciri-ciri Krim Wajah Berbahaya yang Ada di Sekitarmu!

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Minggu, 08 May 2022 15:30 WIB
Jangan Tergiur Harga Murah, Yuk Kenali 6 Ciri-ciri Krim Wajah Berbahaya yang Ada di Sekitarmu!
caption
Jakarta -

Tingginya minat konsumen, khususnya perempuan, terhadap skincare, membuat banyak brand mengeluarkan berbagai macam produk perawatan kulit.  Sayangnya, hal ini justru dimanfaatkan oleh beberapa oknum nakal untuk menjual produk skincare berbahaya.

Parahnya lagi, produk-produk tersebut kerap kali masih dijual di pasaran dengan harga yang lebih murah. Salah satu produk skincare berbahaya buatan oknum nakal yang cukup banyak ditemukan di pasaran adalah krim wajah.

Oleh karena itu, kamu harus lebih hati-hati lagi dalam memilih produk skincare. Jangan mudah tergiur dengan harga yang murah. Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa mengenali krim wajah berbahaya dari beberapa ciri-ciri berikut ini. Apa saja itu? Check this out, Beauties!

Warna Mencolok

Ciri krim wajah berbahaya
ciri krim berbahaya/Foto: freepik.com/Serhi Bobyk

Ciri krim wajah berbahaya pertama adalah warnanya yang mencolok. Hal ini mengindikasikan adanya penggunaan pewarna tekstil atau merkuri yang tentunya berbahaya untuk kulit. Misalnya, warna kuning cerah atau putih mengilap mirip seperti mutiara.

Bau Menyengat

Krim berbahaya memiliki bau yang menyengat
krim berbahaya/Foto: freepik.com/Freepik

Produk krim abal-abal biasanya memiliki bau yang sangat menyengat. Bau ini timbulkan akibat penggunaan bahan kimia yang banyak, seperti bau logam pekat.

Nah, untuk menyiasatinya, biasanya oknum tak bertanggung jawab tersebut menambahkan pewangi yang sangat banyak. Maka dari itu, jika kamu mencium bau menyengat pada krim wajah, sebaiknya jangan dibeli. 

Terasa Lengket di Kulit

Krim abal-abal terasa lengket
krim wajah/Foto: freepik.com/Jcomp

Kamu juga bisa mengenali ciri krim berbahaya dari teksturnya. Biasanya, krim seperti ini menimbulkan rasa lengket saat diaplikasikan ke kulit.  Selain itu, rasa lengket yang ditimbulkan nggak kunjung menghilang dan krim juga sulit untuk dibaurkan ke kulit.

Hal ini bisa jadi disebabkan oleh bahan kimia berbahaya yang terkandung di dalamnya serta proses produksi yang nggak baik. 

Menimbulkan Rasa Perih dan Panas

menimbulkan kemerahan seperti ruam yang terasa perih dan panas
krim wajah berbahaya/Foto: freepik.com/Racool Studio

Krim abal-abal juga menimbulkan kemerahan seperti ruam yang terasa perih dan panas begitu diaplikasikan ke wajah. Sebagian orang menganggap ini sebagai purging karena baru pertama kali menggunakan krim tersebut.

Namun, kemerahan dan perih yang disebabkan oleh krim berbahaya memiliki intensitas yang lebih tinggi. Jadi, nggak bisa disamakan dengan purging.

Warna Kulit Putih Pucat Tanpa Jerawat

warna kulit yang putih pucat dan nggak berjerawat
perawatan kulit/Foto: freepik.com/Jcomp

Kondisi kulit yang seperti ini mungkin akan disukai banyak orang, tetapi tahukah kamu bahwa warna kulit yang putih pucat dan nggak berjerawat ini nggak normal, lho. Hal ini dapat mengindikasikan rusaknya kulit akibat kandungan bahan kimia dalam krim berbahaya tersebut. 

Dampak dari penggunaan krim ini biasanya baru akan muncul begitu kamu berhenti menggunakannya. Kondisi ini ditandai dengan munculnya jerawat sebagai reaksi untuk mengeluarkan racun masuk ke dalam tubuh. 

Mendapatkan Hasil Instan

memberikan hasil yang cepat dan instan
skincare berbahaya/Foto: freepik.com/Diana Grytsku

Umumnya, krim wajah yang aman membutuhkan waktu yang lama untuk memberikan hasil. Sebaliknya, krim abal-abal justru memberikan hasil yang cepat dan instan. 

Nah, apabila kamu menemukan krim wajah yang bisa memberikan hasil yang cepat dan instan, kamu patut curiga. Bisa jadi ada kandungan berbahaya di dalamnya.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id