sign up SIGN UP

5 Kebiasaan Sehat yang Perlu Dilakukan Anak Muda Biar Tulang Sehat & Kuat sampai Usia Senja

Octavia Tunggal Dewi | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 06:45 WIB
5 Kebiasaan Sehat yang Perlu Dilakukan Anak Muda Biar Tulang Sehat & Kuat sampai Usia Senja
caption

Beauties, saat masih usia muda sering kali kita disibukkan dengan banyak hal. Di samping ini, menjaga kesehatan sangatlah penting, agar kita bisa tetap sehat sampai usia tua. 

Sebab, saat tua tulang kita tentu akan rentan mengalami kerapuhan. Karena ini, kita harus mulai melalukan beberapa kebiasaan sehat yang baik agar bisa menjaga tulang sehat dan kuat sampai usia senja.

Nah, dilansir dari detikFood, ini dia deretan kebiasaan anak muda yang bikin tulang sehat dan kuat. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Minum Susu yang Terfortifikasi

Susu
Susu/Foto: Freepik.com/Jcomp

Brittany Dunn, ahli medis di Medical Expert Board mengatakan susu adalah salah satu cara terbaik untuk menyehatkan tulang kamu. Susu mengandung mineral seperti vitamin D, kalsium, dan protein, yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan tulang.

Susu yang terfortifikasi mengandung lebih banyak vitamin dan mineral daripada susu alami. Selain susu hewani, konsumsi susu nabati secara teratur seperti kedelai, oat, santan, kacang mete, dan almond sangat dianjurkan.

2. Tambahkan Susu ke Smoothies

Tambahkan Susu ke Smoothie
Tambahkan Susu ke Smoothies/Foto: Freepik.com/Freepik

Susu bisa ditambahkan dengan olahan lain agar lebih enak. Salah satunya adalah smoothies lezat yang bisa kamu santap sebagai bagian dari menu sarapan. Menambahkan susu ke smoothies adalah cara yang bagus untuk menjaga tulang tetap sehat dan kuat.

Selain susu segar, produk susu lainnya dapat ditambahkan ke smoothies untuk nilai gizi lebih, seperti yogurt atau susu kedelai adalah rekomendasi untuk ditambahkan ke smoothies setiap pagi. Hal ini baik untuk mendukung perkembangan tulang yang lebih kuat.

3. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau

Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau
Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau/Foto: Freepik.com/Freepik

Kamu bisa membuat smoothies segar dari sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam adalah sayuran utama yang direkomendasikan untuk dikonsumsi secara teratur.

Brittany Dunn, ahli medis di Medical Expert Board merekomendasikan makan sayuran hijau. Sebab, 100 mg sayuran hijau dapat memberikan 10 kalsium yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, menggabungkan sayuran hijau dengan buah-buahan lain dalam campuran smoothies dapat memberikan manfaat kesehatan yang lebih luas.

4. Minum Jus Buah secara Rutin

Jus Buah
Jus Buah/Foto: Freepik.com/Freepik

Konsumsi jus buah adalah salah satu cara untuk menjaga keseimbangan pH tubuh dan mempengaruhi keseimbangan kalsium. Sebagai contoh yaitu jus jeruk.

Jus jeruk yang difortifikasi mengandung vitamin D dan 350 miligram yang baik untuk memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. Dikutip detikFood, jeruk sering disebut sebagai buah yang kaya vitamin C, sehingga tak jarang mengonsumsi jeruk sebagai sumber vitamin C. Konsumsi jus jeruk secara teratur dapat membantu mencegah osteoporosis.

5. Aktivitas Fisik secara Teratur

Aktivitas Fisik
Aktivitas Fisik/Foto: Freepik.com/Benzoix

Dilansir dari detikEdu, Dr. Udria, Sp.OT, Dokter spesialis orthopedi RS Universitas Airlangga (RSUA) mengatakan bahwa kemalasan merupakan faktor risiko terjadinya osteoporosis karena tulang perlu diperkuat untuk mencegah penipisan.

Ia pun juga mengatakan bahwa tulang seperti otot, sehingga jika kamu tidak berolahraga, maka kamu akan kehilangan berat badan. Hal tersebut sama seperti otot yang akan mengendur setelah lama tidak aktif.

Nah Beauties, itu dia deretan kebiasaan anak muda yang bikin tulang sehat dan kuat. Terapkan kebiasaan positif dan jangan lupa disertai olahraga ya agar tubuh dan tulang kamu tetap terjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id