sign up SIGN UP

Bukannya Jadi Sehat, 5 Kombinasi Buah-Buahan Ini Malah Bakal Bikin Kamu Keracunan!

Dewi Maharani Astutik | Beautynesia
Rabu, 07 Sep 2022 09:30 WIB
Bukannya Jadi Sehat, 5 Kombinasi Buah-Buahan Ini Malah Bakal Bikin Kamu Keracunan!
caption

Dari masa ke masa, masyarakat dunia sudah makin mudah mendapatkan edukasi mengenai kesehatan. Hal ini membuat makin banyak orang yang mulai membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat dengan cara rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat.

Salah satu makanan sehat yang digemari adalah buah-buahan. Bahkan agar tidak bosan, mereka sengaja mengonsumsi lebih dari satu jenis buah secara bersamaan.

Sayangnya, tidak semua jenis buah boleh dicampur karena bisa mengakibatkan keracunan! Dilansir dari Health Shots, berikut adalah beberapa kombinasi buah-buahan beracun bagi manusia.

Melon dengan Buah Lain

Rutin mengonsumsi buah melon bantu memproteksi kulit dari paparan sinar matahariIlustrasi melon/Foto: Freepik.com/Kamranaydinov

Buah-buahan yang masuk dalam subspesies melon-melonan, seperti cantaloupe (blewah), muskmelon (melon yang umumnya dikenal orang Indonesia), hingga casaba (melon honeydew) adalah buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan buah jenis lain.

Melon semestinya dimakan bersamaan dengan “rekan” sejenisnya karena sama-sama memiliki sifat dapat dicerna dengan cepat. Sementara itu, jika digabungkan bersama buah lainnya, melon mungkin justru tidak dapat dicerna dengan baik.

Buah Bertepung dengan Buah Tinggi Protein

Ya, Beauties, kamu nggak salah dengar. Ada yang namanya buah bertepung. Beberapa buah yang tumbuh dengan “kodrat” mengandung tepung atau mengandung nilai glikemik tinggi ini adalah pisang-pisangan.

Ilustrasi kombinasi buah-buahan/Foto: Pexels/Baryslau Shoot
Ilustrasi kombinasi buah-buahan/Foto: Pexels/Baryslau Shoot

Buah jenis ini tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah tinggi protein, seperti jambu biji, aprikot kering, kiwi, alpukat, hingga blackberry. Kombinasi buah-buahan ini bisa berbahaya untuk tubuh karena tubuh memerlukan dua zat yang berbeda untuk mencerna masing-masing kandungan buah, yakni zat asam untuk mencerna protein dan zat basa untuk mengolah tepung.

Kombinasi buah bertepung dan buah tinggi protein ini pada akhirnya bisa menyebabkan risiko terjadinya asidosis (kondisi ketika kadar asam dalam tubuh mencapai level yang tinggi), mual, penimbunan gas dalam perut, hingga sakit kepala yang tak kunjung reda.

Buah Asam dengan Buah Manis

Ilustrasi kombinasi buah-buahan/Foto: Pexels/Suzy Hazelwood
Ilustrasi kombinasi buah-buahan/Foto: Pexels/Suzy Hazelwood

Buah-buahan yang sifatnya asam, seperti anggur, stroberi, apel, delima, dan persik tidak boleh dikombinasikan dengan buah-buahan yang rasanya manis, seperti pisang dan kurma. Kombinasi kedua buah yang berbeda rasa ini bisa menimbulkan masalah pencernaan, misalnya pusing, mual, hingga asidosis.

Pepaya dan Lemon

Ada alasan yang membuat kombinasi kedua buah ini tidak familiar di telinga kita, Beauties! Selain karena aneh, mengonsumsi kedua buah ini secara bersamaan bisa membuat kondisi anemia atau ketidakseimbangan hemoglobin. Campuran ini bahkan sangat berbahaya bagi anak-anak.

Buah dan Sayuran

Ilustrasi kombinasi buah-buahan/Foto: Pexels/Engin Akyurt
Ilustrasi kombinasi buah-buahan/Foto: Pexels/Engin Akyurt

Selain mencampur beberapa buah dengan buah lainnya, mengonsumsi buah bersamaan dengan sayur-sayuran juga bukan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang tinggi pada buah dapat menyebabkan proses pencernaan sayuran menjadi terganggu.

Sayur yang sulit dicerna tadi akan berada di dalam perut dalam kurun waktu yang lama, sementara buah akan berfermentasi dan menghasilkan racun yang dapat menyebabkan kondisi diare, sakit kepala, sakit perut, hingga infeksi. Bahkan campuran wortel dan jeruk bisa menyebabkan kondisi yang lebih serius, yakni kerusakan ginjal dan heartburn.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id