sign up SIGN UP

Kembali Mulus, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Cepat Hilangkan Bekas Luka

Ade Irma Suryani | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 20:00 WIB
Kembali Mulus, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Bisa Cepat Hilangkan Bekas Luka
caption

Memiliki bekas luka pada kulit terkadang bisa membuat seseorang menjadi tidak nyaman dan jadi kurang percaya diri. Bekas luka pada kulit sendiri bisa disebabkan oleh beberapa hal. Baik itu karena teriris benda tajam, lecet karena terjatuh, luka karena iritasi, dan lain sebagainya. 

Nah, untuk mengatasi bekas luka pada kulit, sebenarnya kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami yang ada di sekitarmu lho, Beauties. Apa saja? Mari simak di bawah ini.

1. Madu

Madu dapat memudarkan bekas luka.
Madu/ Foto: pexels.com/ROMAN ODINTSOV 

Madu memang telah dikenal memiliki segudang manfaat. Baik itu bermanfaat bagi kesehatan maupun kecantikan. Selain itu, madu juga bermanfaat dalam menyamarkan bekas luka lho, Beauties. Hal ini dikarenakan madu mengandung bahan-bahan yang dapat mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit. 

Melansir dari CNN Indonesia, kamu dapat menyamarkan bekas luka dengan mencampurkan 1 sendok teh madu dan 1 sendok teh baking soda. Setelah menjadi pasta, balurkan pada bekas luka dan pijat secara perlahan. Kemudian tempelkan handuk panas sampai temperaturnya turun, dan gunakan untuk mengelap. 

2. Lidah Buaya

Lidah Buaya dapat menyamarkan bekas luka.
Lidah Buaya/ Foto: pexels.com/Jessica Lewis Creative 

Yups! Tanaman satu ini memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Nah di balik itu, tanaman lidah buaya ini juga bisa dimanfaatkan dalam menyamarkan bekas luka. 

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada area bekas luka. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

3. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel dapat menyamarkan bekas luka.
Cuka Sari Apel/ Foto: freepik.com/rawpixel.com 

Selanjutnya, cuka sari apel juga dapat menjadi salah satu bahan alami yang dapat menyamarkan bekas luka, Beauties!

Untuk menyamarkan bekas luka, kombinasikan 2 sendok teh cuka sari apel dengan 2 atau 3 sendok makan air putih. Lalu celupkan kapas pada campuran tersebut dan oleskan ke bekas luka.

Namun, jika kulit kamu terlalu sensitif, maka buatlah larutan yang lebih encer, yaitu 2 sendok teh cuka apel dan 5-7 makan air putih. Sebaiknya lakukan di setiap malam sebelum tidur dan bilas keesokan paginya. 

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dapat menyamarkan bekas luka.
Minyak Kelapa/ Foto: freepik.com/jcomp

Cara menyamarkan bekas luka berikutnya, kamu juga dapat menggunakan minyak kelapa, Beauties.

Sebelum itu, panaskan beberapa sendok makan minyak kelapa terlebih dahulu. Lalu pijatkan minyak kelapa tersebut pada bekas luka selama sekitar 10 menit. Biarkan menyerap minimal satu jam. Kamu dapat mengulanginya dua hingga empat kali setiap hari.

5. Lemon

Lemon dapat menyamarkan bekas luka.
Lemon/ Foto: pexels.com/Tima Miroshnichenko 

Lemon memang kaya akan vitamin C dan dapat mencerahkan kulit. Karena itu, kamu pun juga dapat menggunakan lemon untuk menyamarkan bekas luka di kulit.

Caranya, potong irisan lemon yang segar, lalu gosokkan lemon dengan lembut pada bekas luka. Diamkan selama sekitar 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id