STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Kerutan Bawah Mata Tak Bisa Dicegah, tapi Bisa Disamarkan dengan 5 Cara Ini Menurut Dokter Kulit

Cica Rahmania | Beautynesia
Jumat, 21 Jan 2022 08:45 WIB
Kerutan Bawah Mata Tak Bisa Dicegah, tapi Bisa Disamarkan dengan 5 Cara Ini Menurut Dokter Kulit

Penuaan adalah keniscayaan yang tak bisa disangkal. Tanda-tanda yang paling mudah ditemui ialah dari penampakan kulit di area wajah. Salah satunya ialah kerutan atau keriput di area mata. Apakah kamu menyadarinya?

Menurut dr. Azadeh Shirazi, dokter kulit bersertifikasi dan pendiri AziMD Skincare, kepada In Style, kulit di bawah mata lebih tipis daripada bagian wajah lainnya, sehingga lebih rentan terhadap faktor eksternal yang dapat meningkatkan tanda-tanda penuaan.

"Ketika kolagen dan elastin mulai menurun mulai usia 20-an, kulit mulai membentuk garis dan kerutan pada usia 30-an," kata dr. Shirazi.

Eylash ExtensionIlustrasi kerutan di bawah mata. (Foto: Pexels/Pixabay)

Kendati demikian, berbekal kemajuan teknologi dan pengembangan ilmu ke arah yang lebih baik, penuaan yang kerap mengganggu kepercayaan diri bisa disamarkan, lho, Beauties. Menggunakan skincare dengan bahan aktifmisalnya.

Berikut ini, dr. Shirazi merekomendasikan beberapa cara untuk menyamarkan kerutan di bawah mata. Bisa kamu pilih sesuai dengan preferensi.

Retinol

Bagi skincare enthusiast, retinol merupakan salah satu bahan skincare yang nggak asing lagi. Turunan dari vitamin A ini merupakan salah satu bahan aktif yang berfungsi sebagai anti-penuaan. Cara kerjanya yaitu dengan merangsang produksi kolagen sehingga mengurangi garis-garis halus dan kerutan.

Perwatan Bawah Mata./Foto: pexels.com/Ron LachKerutan di bawah mata. (Foto: pexels.com/Ron Lach)

"Penyebab utama kerutan di bawah mata adalah karena melemahnya serat kolagen dan elastisitas akibat paparan sinar matahari, berkedip, menyipitkan mata, tersenyum, dan gerakan wajah, serta pertambahan usia," kata Renée Rouleau, ahli kecantikan dan pemilik label skincare.

Retinol bisa datang dengan banyak rupa. Serum dan krim mata adalah dua skincare yang paling populer. Gunakan secara konsisten dan kamu akan melihat perbedaan ke arah yang lebih baik di bawah mata. 

Eksfoliasi

Sel kulit mati ada di seluruh bagian kulit tubuh, termasuk bagian bawah mata. "Pengelupasan lembut serta menambahkan kelembapan di bawah mata membantu penampilan area bawah mata yang lebih halus," kata Rouleau.

Dengan kata lain, kuncinya adalah eksfoliasi kimia dan menggunakan krim mata. Lebih lanjut, kamu juga bisa mencoba chemical peeling, yaitu prosedur pengelupasan kulit yang dilakukan oleh profesional. "Pengelupasan kulit kimia, seperti TCA atau asam glikolat, dapat mengelupas lapisan atas kulit untuk mengurangi munculnya garis-garis halus," jelas dr. Shirazi.

Serum Hyaluronic Acid

Menurut Brendan Camp, dokter kulit bersertifikat dari MDCS Dermatology, serum dengan kandungan hyaluronic acid mampu menambah kelembapan pada kulit. Kelembapan yang cukup di sekitar mata membuatnya lebih kenyal sehingga kerutan tidak terlalu terlihat. 

Microneedling

Menutup mata/ Foto: Freepik.comIlustrasi kerutan di bawah mata. (Foto: Freepik.com)/ Foto: Budi Rahmah Panjaitan

Cara lain untuk menyamarkan kerutan di bawah mata adalah dengan prosedur microneedling. Tindakan ini merangsang produksi kolagen dan meremajakan kulit. "Microneedling membuat ribuan jarum kecil masuk dan keluar dari kulit untuk memperbaiki tekstur kulit dan menghaluskan permukaan kulit," jelas dr. Shirazi.

Suntik Filler

Jika kerutan yang tampak terlihat sangat jelas dan dalam, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk melakukan suntik filler. "Suntikan filler dapat mengangkat dan mencerahkan bagian bawah mata," kata dr. Shirazi.

Bahan alami untuk meminimalkan mata bengkak dan keriput/ Foto: Freepik.comIlustrasi filler mata. (Foto: Freepik.com) / Foto: Budi Rahmah Panjaitan

Lebih lanjut, dr. Camp mengatakan, "suntikan dengan neuromodulator juga dapat membantu membatasi kemampuan otot tertentu untuk berkontraksi, sehingga mencegah pembentukan garis dinamis yang terbentuk saat membuat ekspresi wajah tertentu."

Dari lima cara di atas, menurut kamu mana yang paling menarik perhatianmu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE