STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Mengenal Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya, Kalau Mau Glowing Catat Biar Nggak Salah Pakai!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 28 Sep 2022 18:45 WIB
Mengenal Jenis-jenis Masker Wajah dan Manfaatnya, Kalau Mau Glowing Catat Biar Nggak Salah Pakai!

Merawat wajah agar tetap cantik dan sehat ternyata tak hanya sekedar rajin menggunakan produk skincare aja, loh. Beauties juga perlu rutin menggunakan masker wajah yang disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah. Meski tak digunakan setiap hari, masker wajah setidaknya digunakan dua kali seminggu dengan jenis yang berbeda.

Tak hanya mampu menutrisi kulit, masker wajah dapat memberikan kelembapan dan membuat kulit wajah lebih cerah. Nah, biar nggak bingung memilih masker wajah yang perlu menyesuaikan kondisi dan jenis kulit, Beauties dapat mengetahui perbedaannya terlebih dahulu.

Dilansir dari Eminence Organic Skin Care, ada banyak jenis masker wajah yang dapat digunakan untuk berbagai jenis kulit dan fungsinya untuk kulit wajah. Simak yuk!

1. Clay Mask

Clay Mask memiliki manfaat untuk merawat kulit berminyak dan berjerawat
Clay Mask/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Sesuai namanya, clay mask merupakan jenis masker yang menggunakan tanah liat sebagai bahan utama. Tanah liat memiliki sifat penyerap, pengelupasan, dan astrigen yang dapat membantu merawat kulit berjerawat dan minyak berlebih di wajah. Selain itu, clay mask memiliki fungsi lain yaitu dapat membantu membersihkan kotoran dan mengangkat sel kulit mati di wajah.

Cara menggunakannya pun mudah, Beauties hanya perlu membersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian cukup oleskan ke seluruh wajah dan biarkan mengering. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilang menggunakan air bersih.

2. Sheet Mask

Sheet mask bermanfaat untuk melembapkan kulit wajah
Sheet Mask/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Jenis masker satu ini sangat mudah untuk digunakan dan menjadi favorit, loh. Karena memiliki bentuk yang menyerupai bentuk wajah, Beauties hanya perlu meletakkannya di wajah sesuai dengan posisi masker.

Sheet mask berfungsi untuk merawat dan memberi kelembapan kulit wajah. Setelah selesai menggunakan sheet mask, Beauties dapat mengoleskan cairan yang tersisa dalam kemasan ke seluruh kulit wajah hingga leher sambil diberi sedikit pijatan. Cairan tersebut mengandung serum yang dapat memberikan kelembapan pada kulit.

3. Gel Mask

Gel mask bermanfaat untuk menghidrasi dan menenangkan kulit wajah
Gel Mask/ Foto: Freepik.com/author/freepik

Masker gel merupakan jenis masker yang memiliki bentuk seperti selai atau jeli, dengan tekstur yang ringan. Masker gel menjadi pilihan yang tepat untuk kulit sensitif, kering, maupun normal.

Formula dalam masker gel banyak mengandung astringen seperti pada blueberry, raspberry, maupun teh hijau, yang dapat membantu meminimalkan minyak di wajah dan mengencangkan pori-pori. Selain itu, masker satu ini memberikan efek yang dapat menghidrasi dan menenangkan bagi pemilik kulit sensitif dan kulit kering.

4. Peel-off Mask

Peel-off mask bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo di wajah
Peel-off Mask/ Foto: Freepik.com/author/lookstudio

Jenis masker satu ini berfungsi untuk menghilangkan dan mengangkat kotoran yang ada dipermukaan paling atas kulit wajah, seperti komedo, sel kulit mati, dan minyak.

Peel-off mask merupakan masker berbentuk gel atau krim yang penggunaannya hanya dengan mengoleskan di seluruh permukaan kulit wajah, kecuali area mata dan bibir. Setelah kering, kamu bisa langsung mengelupasnya dengan perlahan. Masker satu ini cocok digunakan jika kamu ingin maskeran tapi anti ribet. Peel-off mask juga bisa digunakan untuk semua jenis kulit, loh.

5. Cream Mask

Cream mask cocok digunakan untuk semua jenis kulit
Cream Mask/ Foto: Freepik.com/author/gpointstudio

Masker ini memiliki tekstur krim yang mampu melembapkan, menutrisi, dan menghaluskan kulit. Cocok digunakan untuk kulit normal maupun kulit kering.

Penggunaan cream mask pun sangat mudah, Beauties hanya perlu mengoleskan krim secara merata ke seluruh wajah, kecuali area mata dan bibir. Diamkan sampai kering, lalu bilas dengan air.

6. Sleeping Mask

Sleeping mask bermanfaat untuk mengurangi penuaan dan kerutan di wajah
Sleeping Mask/ Foto: Freepik.com/author/senivpetro

Seperti namanya, sleeping mask digunakan saat menjelang tidur sebagai perawatan wajah sebelum tidur. Masker ini digunakan selama tidur, memiliki fungsi untuk melembapkan dan meremajakan kulit wajah.

Saat bangun tidur, kulit akan terasa kenyal, lembab, serta lembut. Penggunaan sleeping mask secara rutin dipercaya mampu mengurangi penuaan kulit, dan membuat awet muda. Jenis masker satu ini sangat direkomendasikan untuk Beauties yang memiliki masalah penuaan kulit dan ingin meremajakan kulit.

7. Exfoliating Mask

Exfoliating Mask bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati di permukaan wajah
Exfoliating Mask/ Foto: Freepik.com/author/wayhomestudio

Masker eksfoliasi berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dipermukaan kulit wajah. Jenis masker eksfoliasi mampu mengurangi munculnya jerawat dan garis-garis halus akibat kerutan.

Masker ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, dan banyak ditemukan produk exfoliating mask yang mengandung Lactic Acid, AHA, dan BHA. Untuk produk dengan kandungan Lactic Acid dan AHA, lebih diperuntukkan untuk jenis kulit kering. Sementara itu, kandungan BHA lebih cocok untuk kulit berjerawat dan berminyak.

Cara menggunakannya, Beauties perlu membuka pori-pori wajah dengan uap air panas. Kemudian, oleskan exfoliating mask ke seluruh permukaan wajah. Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas menggunakan air bersih. Nah, setelah menggunakan exfoliating mask jangan lupa untuk menggunakan moisturizer dan sunscreen di pagi hari karena kulit kamu akan sedikit lebih sensitif saat terkena sinar matahari.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE