Mengenal Simbol-Simbol Penting di Produk Kecantikan
Membeli produk kecantikan tentu tidak boleh asal. Selain kualitas dan kecocokan produk, Beautynesian perlu memerhatikan simbol-simbol yang tertera pada kemasan produk kecantikan.
Setiap produk kecantikan biasanya memiliki simbol khusus dan memiliki informasi penting. Agar tidak salah mengartikan dan untuk keamanan, berikut simbol-simbol penting dalam produk kecantikan!
PAO (Period After Opening)
![]() Period After Opening/clipart-library |
Period After Opening atau yang disingkat PAO adalah simbol yang memberikan informasi mengenai waktu kadaluarsa sebuah produk. Pengguna bisa mengenalnya lewat bentuk seperti jar kecil dengan tulisan angka di tengahnya.
Angka yang tertera menunjukkan berapa lama produk itu bertahan setelah kemasan dibuka. Misalkan simbol jar dengan angka 6 M, artinya produk tersebut hanya bisa bertahan selama 6 bulan setelah penutup produk terbuka.
Huruf M di belakang angka menunjukkan bulan (month). Pengguna produk perlu mengetahui, meskipun sudah tertera tanggal kadaluarsa suatu produk sebelum dibuka, PAO harus tetap diperhatikan.
UVA
![]() Simbol UVA/Pngkit |
Simbol ini mungkin tak asing untuk dilihat. Simbol UVA pada produk kecantikan memiliki level minimal perlindungan terhadap UVA atau sinar ultraviolet A. UVA akan membahayakan kesehatan kulit seperti menjadi mudah terbakar dan menyebabkan penuaan dini. Biasanya simbol ini dikategorikan sebagai sunscreen atau sunblock.
Ecocert
![]() Simbol Ecocert/Glamour Magazine |
Jika Beautynesian menemukan simbol ini, artinya produk kecantikan yang digunakan memiliki bahan dan kandungan organik. Simbol ini menginformasikan bahwa produk ini dibuat dari 95% tanaman organik.
Jika bahan-bahan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan lebih dari 95% simbol akan disertai dengan kata ‘organik’. Sedangkan, jika produk kecantikan dengan bahan 50% atau lebih menggunakan bahan organik dan berbasis tumbuh-tumbuhan akan diikuti dengan kata ‘natural’.
Cruelty Free
![]() Cruelty Free/Clipart-librar |
Simbol ini biasanya bergambar kelinci, artinya animal-friendly atau cruelty free. Simbol resmi ini dikeluarkan oleh The Leaping Bunny Programme. Simbol ini memberikan informasi penting bahwa produk tersebut no animal testing atau produsen tidak menjadi bagian dari uji coba terhadap hewan.
Bahan dan kandungan dari produk kecantikan tersebut aman dan tidak mengandung bahan yang hewani. Produk dengan label no animal testing ini menginformasikan bahwa pengujian terhadap produk tersebut.



