sign up SIGN UP

Meski Tahan Lebih Lama, Ini 5 Kekurangan Foundation Matte yang Bisa Jadi Pertimbanganmu!

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 08:45 WIB
Meski Tahan Lebih Lama, Ini 5 Kekurangan Foundation Matte yang Bisa Jadi Pertimbanganmu!
Foundation matte memang cenderung bertahan lebih lama, tapi di samping itu juga punya kekurangan, lho. (Foto: pexels.com/MART Production)
Jakarta -

Alas bedak atau foundation merupakan salah satu kunci keberhasilan makeup. Dengan alas bedak, seseorang bisa bereksperimen untuk menciptakan look sesuai keinginan. Matte menjadi salah satu look yang kerap diinginkan banyak orang karena coverage-nya yang bagus.

Ditambah lagi, alas bedak matte bisa menyamarkan atau bahkan menghilangkan kilau saat diaplikasikan ke wajah, sehingga cocok digunakan bagi pemilik wajah berminyak. Selain itu, formula foundation matte juga didesain tahan lama. Beberapa produk bahkan dibuat bisa tahan belasan jam.

Foto: Ilustrasi cairan foundation/Freepik.com/master1305Ilustrasi foundation. (Foto: freepik.com/master1305)

Di pasaran, foundation matte tersedia dalam berbagai formula. Kalau kamu nggak suka alas bedak cair, kamu bisa menemukannya dalam bentuk bubuk. Namun, bagai dua sisi mata pisau, foundation matte punya kekurangan yang bisa menjadi bahan pertimbangan ke depannya.

Apa saja kekurangan foundation matte? Dihimpun dari Byrdie, berikut ulasannya.

Tampak Kering Pada Kulit

5 Tips Ini Bikin Makeup lebaran Awet/Foto : pexels.com/AdriennIlustrasi makeup. (Foto : pexels.com/Adrienn) 

Seperti yang telah dikatakan di atas, foundation matte bisa menutupi kilau pada kulit. Dengan kata lain, alas bedak ini bisa memberi efek kering pada hasil akhir. Nah, kalau kamu punya kulit kering, formula matte akan membuat kulitmu jadi lebih kering, bahkan bisa diiringi dengan pengelupasan permukaan.

Sulit Dibaurkan

Foundation matte cenderung lebih cepat kering dari foundation dewy. Hal ini berarti membuat foundation matte jadi lebih sulit dibaurkan untuk membuatnya rata karena lekas kering setelah berada di kulit. Jadi, kamu butuh lebih banyak foundation untuk membuatnya merata dan coverage.

Berat di Kulit

lipstikIlustrasi foundation matte. / Foto: freepik.com/lookstudio

Nah,  pengaplikasian foundation matte yang terlalu banyak bisa menimbulkan efek lain, nih, Beauties. Salah satunya ialah bisa terlihat cenderung terlihat cakey di kulit dan tampak lebih berat dilihat.

Meningkatkan Garis Kerutan 

Meskipun kerutan adalah bagian alami dari proses penuaan manusia, tapi dengan menggunakan foundation matte justru bisa meningkatkan garis-garis halus atau kerutan yang sudah ada. Efek dull yang ia hasilkan membuat kulit jadi tampak kaku.

Bikin Rambut Halus di Wajah Tampak Jelas

Kumis pada wanita/ Sumber: Freepik.comKumis pada wanita/ Sumber: Freepik.com/ Foto: detik

Selain kerutan, rambut halus di wajah adalah suatu hal yang alami. Jika kamu ingin menyamarkannya, foundation matte bukan ide bagus dalam hal ini. Pasalnya, alas bedak matte akan cenderung melakukan sebaliknya dan menyebabkan rambut terlihat lebih jelas.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id