sign up SIGN UP

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Ini 4 Langkah Mudah Mendaur Ulang Produk Kecantikan

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Minggu, 05 Jun 2022 13:00 WIB
Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022, Ini 4 Langkah Mudah Mendaur Ulang Produk Kecantikan
caption

Hari Lingkungan Hidup Sedunia (World Environment Day) diperingati setiap tanggal 5 Juni. Sebagaimana yang dilansir dari detikNews, peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia bermula sejak tahun 1974 dan dilakukan di seluruh dunia. Dalam rangka memperingatinya, masyarakat di dunia selalu menyoroti isu perlindungan dan kesehatan akan lingkungan.

Kamu bisa, lho, Beauties ikut menyoroti isu itu dengan mulai melakukan perawatan terhadap lingkungan. Tidak perlu jauh-jauh, kamu bisa mulai mencoba dengan hal yang mudah, misalnya dengan melakukan daur ulang pada suatu produk kecantikan yang kamu gunakan sehari-hari.

Nah, untuk mendaur ulang produk tersebut, kamu perlu mengetahui langkah-langkahnya terlebih dahulu. Merangum dari Glamour, berikut 4 langkah mudah dalam mendaur ulang produk kecantikan. Penasaran, Beauties? Yuk, intip!

Sortir Tempat Pembuangan untuk Produk Kecantikan

Ilustrasi penyortiran tempat pembuangan sampah
Ilustrasi penyortiran tempat pembuangan sampah/Foto: Freepik/Brgfx

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan melakukan penyortiran terhadap tempat pembuangan yang akan digunakan. Seperti yang diketahui bahwa dalam membuang sampah apapun tidak boleh asal karena setiap tempat sampah sudah memiliki kategorinya masing-masing.

Mengingat betapa rumitnya mendaur ulang produk kecantikan maka sejumlah merek dari produk kecantikan telah memberitahu dengan siapa mereka bermitra. Tujuannya adalah agar konsumen bisa melakukan daur ulang produk dengan benar.

Misalnya, merek produk kecantikan Garnier, Maybelline dan L'Occitane telah bermitra dengan perusahaan daur ulang TerraCycle. Sehingga, saat produkmu sudah kosong dan habis, kamu cukup membuangnya di titik pengantaran yang sesuai agar para pekerja dari perusahaan limbah dapat menyortir, memisahkan, dan mendaur ulang untuk memastikan jumlah minimum yang benar-benar berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Jangan Lupakan Produk dari Bahan yang Sekali Pakai

Masker Kain/Sumber: Freepick.comIlustrasi Masker Kain/Foto: Freepik.com

Seperti yang diketahui bahwa belum lama ini pandemi global telah terjadi dan Alat Pelindung Diri (APD) sekali pakai telah menimbulkan masalah besar bagi lingkungan. Meskipun APD sangat penting, namun kamu dapat mengurangi penggunaan bahan sekali pakai, misalnya dengan memakai masker yang dapat dicuci untuk digunakan kembali. Begitu pun dengan tisu wajah sekali pakai dan cotton buds, kamu dapat mengganti bahannya dengan yang berbahan kain untuk wajah dan bantalan kapas yang dapat dicuci.

Jangan Buang Sembarangan Alat Elektronik dari Produk Kecantikan

Ilustrasi catokan rambut
Ilustrasi catokan rambut/Foto: Freepik

Mungkin kamu pernah merasakan alat dari produk kecantikanmu, seperti catokan, yang kamu gunakan sehari-hari telah rusak. Nah, ketika alat tersebut sudah rusak, tentu kamu akan membuangnya, bukan?

Alih-alih membuangnya ke tempat sampah, cobalah untuk menanyakan kepada pusat daur ulang setempatmu. Tujuannya untuk melihat apakah tempat pembuangan yang kamu maksud dapat menerima peralatan elektronik, seperti catokan yang ingin kamu buang atau tidak.

Kurangi Sampah

Ilustrasi perempuan yang menggunakan handuk wajah alih-alih tisu
Ilustrasi perempuan yang menggunakan handuk wajah alih-alih tisu/Foto: Pexels/Ron Lach

Beauties, mendaur ulang memang bagus. Tapi, perlu kamu ingat bahwa lebih bagus lagi jika kamu mengurangi sampah. Hal terbaik yang dapat kamu lakukan adalah dengan lebih selektif dalam memilih produk kecantikan, misalnya produk yang dapat diisi ulang atau produk yang dapat dicuci dan digunakan kembali, atau bahkan lebih baik lagi, produk tanpa limbah.

Nah, Beauties, itulah tadi 4 langkah mudah dalam mendaur ulang produk kecantikan. Selamat Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id