sign up SIGN UP

Praktis untuk Reapply, Seberapa Efektif Sunscreen Powder Melindungi Kulit dari Sinar Matahari?

Friska Nindi Rianti | Beautynesia
Sabtu, 06 Aug 2022 12:30 WIB
Praktis untuk Reapply, Seberapa Efektif Sunscreen Powder Melindungi Kulit dari Sinar Matahari?
Foto: instagram.com/urbanretreatdermaspa

Sebagian besar orang mungkin lebih familiar dengan sunscreen berbentuk lotion atau spray. Namun kini, inovasi sunscreen berbentuk powder juga tak kalah digemari karena dinilai lebih mudah digunakan, terutama untuk reapply di sela-sela aktivitas. 

Meski begitu, seberapa efektifkah menggunakan sunscreen powder untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari? 

Keunggulan Sunscreen Powder

sunscreen powder
Sunscreen powder/Foto: instagram.com/urbanretreatdermaspa

Sunscreen powder merupakan jenis sunscreen inovasi terbaru yang hadir dalam bentuk seperti bedak tabur, Beauties. Formulanya ini membuat sunscreen powder lebih mudah diaplikasikan untuk reapply sepanjang hari tanpa merusak riasan wajah maupun membuat kulit terasa lengket atau berat, Beauties.

Selain itu, produk ini juga biasanya hadir dalam kemasan tabung kecil yang dilengkapi dengan built-in brush applicator sehingga lebih praktis dan mudah dibawa-bawa. Formulanya yang ringan dan dapat meringkas minyak di wajah juga membuat jenis sunscreen ini dinilai sangat pas digunakan untuk reapply saat cuaca panas.

Namun, Bagaimana dengan Keefektifannya?

sunscreen powder
Seberapa efektif sunscreen powder?/Foto: Freepik/Freepik

Melansir dari Byrdie, Shari Marchbein, seorang dokter kulit bersertifikat dan asisten profesor klinis dermatologi di NYU School of Medicine menjelaskan sunscreen powder sebenarnya cukup efektif untuk melindungi kulit, namun tidak disarankan digunakan sebagai lapisan awal atau lapisan utama.

"Secara singkat, iya. Sunscreen powder efektif melindungi kulit dari matahari. Namun produk ini sebaiknya digunakan untuk reapply saja setiap dua jam sekali, setelah sebelumnya mengaplikasikan sunscreen berbentuk krim atau lotion sebagai lapisan awal." 

Menurut Marchbein, sunscreen tradisional berbentuk krim atau lotion cenderung lebih memiliki perlindungan paling baik karena kemampuannya yang mudah terserap ke dalam kulit dan menciptakan penghalang terhadap sinar matahari. Sedangkan sunscreen powder idealnya digunakan untuk reapply saja, alih-alih digunakan sebagai pelindung utama. 

Kiat Pakai Sunscreen Powder

Memakai sunscreen powder
Mengaplikasikan sunscreen powder/Foto: Freepik/Makistock

Selain tidak disarankan untuk digunakan sebagai sunscreen utama, ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sunscreen powder nih, Beauties.

Di antaranya, kamu sebaiknya memilih sunscreen powder dengan SPF minimal 30, serta perlu melakukan reapply lebih sering mengingat formula dan perlindungannya tidak sebaik sunscreen dalam bentuk krim. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id