sign up SIGN UP

Padahal Penting, Ini 6 Bagian Tubuh yang Sering Terlewatkan Saat Pemakaian Sunscreen

Ratih Dewi | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 09:30 WIB
Padahal Penting, Ini 6 Bagian Tubuh yang Sering Terlewatkan Saat Pemakaian Sunscreen
Foto:Bagian Tubuh yang Sering Terlewatkan saat Pemakaian Sunscreen/pexels.com/Armin RimoldiRatih Dewi

Seperti yang sudah kita ketahui, pemakaian tabir surya atau sunscreen sudah menjadi kewajiban sebelum memulai aktivitas, khususnya di luar ruangan. Paparan sinar  matahari dapat membuat kulit menjadi kering, kemerahan, dan memicu bruntusan. 

Sayangnya, walaupun beberapa dari kita sudah rutin menggunakan tabir surya, ada beberapa bagian tubuh yang masih sering terlewatkan. Melansir dari beberapa sumber, area tubuh yang sering terlewatkan pemakaian tabir surya ini dapat berpotensi memicu kanker kulit lho, Beauties!

Berikut beberapa bagian tubuh yang sering dilewatkan saat memakai sunscreen

1. Area Bibir 

Area Bibir
Area Bibir/Foto: freepik.com/master1305

Salah satu faktor yang menyebabkan bibir menghitam dan pecah-pecah adalah sinar matahari. Pastikan untuk menggunakan lipbalm dengan kandungan SPF sebelum menggunakan lip makeup, untuk melindungi bibir dari sinar matahari dan mencegah permukaan bibir menjadi menghitam. Demikian seperti yang dilansir dari laman Health Essentials.

2. Area Telinga 

Area Telinga
Area Telinga/Foto: freepik.com/Racool_studio

Melansir dari laman Best Health, perempuan yang memiliki rambut panjang merasa area telinga mereka akan terlindungi dari sinar matahari. Namun, ketika rambutnya diselipkan ke belakang telinga atau diikat, telinga akan langsung terpapar sinar matahari. 

Oleh karena itu, untuk amannya gunakan juga tabir surya di telinga dengan rata, supaya kulit area telinga tidak belang atau terbakar.

3. Area Atas Kaki 

Area Atas Kaki
Area Atas Kaki/Foto: freepik.com/freepik

Saat menggunakan sandal atau flatshoes dan berpergian dengan transportasi umum, bagian atas kaki akan langsung terekspos sinar matahari yang menyebabkan kaki menjadi belang. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 di area kaki untuk mencegah bagian atas kaki menjadi belang dan kering, demikian seperti yang dilansir dari laman Insider.

4. Area Kulit Kepala

Area Kulit Kepala
Area Kulit Kepala/Foto: freepik.com/frepik

Paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab rambut mudah rontok dan kering. Selain melindungi kepala menggunakan topi, pemakaian tabir surya yang spray di area kulit kepala, dapat memberikan perlindungan ekstra untuk kulit kepala, seperti yang dilansir dari laman SELF.

5. Area Kelopak Mata 

Area Kelopak Mata
Area Kelopak Mata/Foto: freepik.com/master1305

Agar memberikan perlindungan ekstra di area wajah, jangan lewatkan area kelopak mata untuk diaplikasikan tabir surya. Mengutip dari laman Allure, kelopak mata adalah tempat umum untuk diagnosis kanker kulit. 

Selain itu, penggunaan kacamata hitam juga membantu melindungi area kelopak mata dan membuat penglihatan menjadi lebih nyaman selama beraktivitas di bawah sinar matahari. 

6. Area Belakang Leher

Area Belakang Leher
Area Belakang Leher/Foto: freepik.com/jcomp

Ketika menggunakan tabir surya di area wajah, kita sering kali mengoleskannya juga di area depan leher, namun melupakan area belakang leher. Paparan sinar matahari sering kali membuat area leher kita menjadi menghitam dan membuat penampilan jadi tidak percaya diri. 

Gunakan tabir surya sampai ke area belakang leher dengan rata dan jika menggunakan pakaian dengan area punggung terbuka, jangan lupa untuk aplikasikan tabir surya di area punggung.

------------

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id