sign up SIGN UP

Rambut Tidak Tahan Lama Setelah Dicatok? Atasi dengan 5 Cara Berikut

Cathlin Triana Mariama | Beautynesia
Senin, 09 May 2022 09:45 WIB
Rambut Tidak Tahan Lama  Setelah Dicatok? Atasi dengan 5 Cara Berikut
Ilustrasi Mencatok Nggak Gampang Loss dan Anti Badai/Foto: Freepik/Gpointstudio

Para perempuan biasanya nggak bisa lepas dengan kegiatan satu ini. Yup, styling rambut. Mencatok rambut agar lurus maupun curly sepertinya sudah jadi kewajiban sebelum beraktivitas ke luar rumah ya, Beauties? Bukan hanya makeup, rambut yang rapi membuat kita makin percaya diri bertemu orang.

Namun, pernah nggak sih kamu udah capek dan effort berjam-jam catokan biar mendapatkan hasil yang awet dan tahan lama, tetapi ujung-ujungnya malah balik ke semula? Ini bikin bete banget, kan?

Nah, buat kamu yang sering ngalamin ini, yuk coba beberapa kiat di bawah ini:

1.  Pastikan Rambut Bersih dan Nggak Berminyak

Ilustrasi Mencuci Rambut Hingga Bersih/Foto: Freepik/Vluavitaly
Ilustrasi Mencuci Rambut Hingga Bersih/Foto: Freepik/Vluavitaly

Sebelum mencatok, pastikan kalau kamu sudah mencuci rambut hingga bersih dari sisa-sisa kotoran, seperti debu dan paparan polusi sudah hilang tak bersisa. Pastikan rambut sudah tidak dalam keadaan berminyak.

Hal ini berguna untuk membuat hasil catokan lebih tahan lama, mudah diatur, dan hasil akhir catokanmu nggak lepek.

2.  Gunakan Heat Protection Secukupnya

Ilustrasi Menggunakan Hair Protection/Foto: Freepik/Freepik
Ilustrasi Menggunakan Hair Protection/Foto: Freepik/Freepik

Untuk kamu yang sering mencatok rambut, heat protection ini wajib kamu gunakan sebelum mencatok agar menghindari kerusakan rambut akibat panasnya suhu catokan. Namun, tetap perhatikan penggunaan jumlahnya ya. Terlalu banyak heat protection akan menyebabkan rambutmu lepek dan berminyak.

Melansir dari FemaleDaily, heat protection apabila digunakan terlalu banyak maka akan membuat rambut terlalu lembap sehingga hasil catokan kamu nanti akan terlalu lemes dan gampang nge-loss apalagi kalau dicatok curly. Untuk itu, gunakan secukupnya saja dan merata ke seluruh batang rambut.

3.  Pastikan Rambut Kering Saat Mencatok

Ilustrasi Blow Rambut Hingga Kering/Foto: Freepik/Freepik
Ilustrasi Blow Rambut Hingga Kering/Foto: Freepik/Freepik

Ngaku, siapa yang sering mencatok rambut dalam keadaan setengah basah? Kadang kalau lagi diuber waktu dan mau nggak mau rambut yang belum terlalu kering karena baru keramas, langsung tancap gas dicatok aja! Padahal kebiasaan ini nggak boleh dilakukan, lho.

Kalau ini sering dilakukan, rambutmu akan rusak dan hasil catokan pun nggak akan tahan lama. Ini karena sama saja dengan penggunaan heat protection yang kebanyakan, rambut yang masih basah dan dalam kondisi lembap ini, justru membuatnya terlalu lemas untuk menahan curl lebih lama

Air yang tersisa pada rambut saat keramas tadi apabila terkena suhu panas catokan, akan menguap dan oksigen yang menguap ini bisa terperangkap pada batang rambut yang akan menyebabkan rambut gampang patah dan kering. Jadi, nggak ada salahnya kasih effort lebih untuk mengeringkan rambut agar hasil catokan kamu sempurna.

4.  Bagi Rambut Dalam Beberapa Bagian

Ilustrasi Membagi Rambut Dalam Beberapa Bagian/Foto: Freepik/Freepik
Ilustrasi Membagi Rambut Dalam Beberapa Bagian/Foto: Freepik/Freepik

Kalau cara yang satu ini biasanya sudah otomatis masuk ke dalam teknik mencatok.

Namun, apakah kamu saking terburu-burunya jadi langsung mencatok rambut dengan mengambil bagian rambut yang banyak? Kalau hal ini kamu lakukan, maka wajar saja catokanmu nggak tahan lama.

Pasalnya, mengambil rambut yang begitu tebal dan banyak, akan membuat catokan tidak dapat menjangkau semua helai rambut yang kamu miliki dan ujung-ujungnya yang terkena catok hanya bagian rambut yang sama. Inilah yang membuat hasil catokan kamu tidak sempurna

Untuk itu, bagilah rambutmu menjadi beberapa bagian kecil dan mulailah catok dari akar hingga ujung rambut.

5.  Hindari Sering Menyisir Rambut

Ilustrasi Mengurangi Menyisir Rambut/Foto: Freepik/ Gpointstudio
Ilustrasi Mengurangi Menyisir Rambut/Foto: Freepik/ Gpointstudio

Kegiatan menyisir rambut ini sebaiknya kamu lakukan sesaat sebelum mencatok rambut agar bagian-bagian rambut nggak kusut dan menggumpal sehingga memudahkan kamu mencatok. Namun, setelah kamu mencatok, terutama curly, pastikan kamu jangan terlalu sering menyisir rambut.

Melansir dari detikWolipop, kulit kepala yang sering terkena gesekan dari sisir akan membuat rambut menjadi berminyak. Apalagi sisir yang kamu gunakan nggak dalam keadaan bersih yang dapat membawa kotoran pada rambut.

Well, itu dia beberapa kiat yang bisa kamu coba saat mencatok rambut. Semoga membantu ya, Beauties!

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id