sign up SIGN UP

Semua yang Harus Kamu Tahu Seputar Waktu dan Cara Penggunaan Retinol

Dimitrie Hardjo | Beautynesia
Sabtu, 06 Feb 2021 10:15 WIB
Semua yang Harus Kamu Tahu Seputar Waktu dan Cara Penggunaan Retinol
caption

Kulit bersih, halus, dan kencang sangat diidamkan setiap perempuan. Skin goal itu memang bisa didapatkan dengan pemakaian produk dengan retinol. Saat ini banyak sekali skin care line yang menawarkan retinol tersebut. Tidak sedikit pula perempuan yang menjadikan kandungan ini sebagai holy grail mereka. 

Retinol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.
Retinol yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Foto: freepik.com

Retinol itu sendiri ialah bahan aktif yang merupakan salah satu bentuk vitamin A. Kandungan ini memang menawarkan segudang manfaat untuk kulit, seperti meratakan warna kulit, tekstur wajah, melawan jerawat, hingga mencegah penuaan dini.

Mengetahui manfaat yang komplit seperti itu, jelas banyak orang yang ingin mencobanya. Tapi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan retinol ya, Ladies! Baca yuk selengkapnya berikut ini!

 

Kapan sebaiknya mulai memakai?

Pemakaian retinol untuk mereka yang berusia 20an tahun.
Pemakaian retinol untuk mereka yang berusia 20an tahun ke atas. Foto: freepik.com

Ketika produksi kolagen dalam kulitmu mulai berkurang, yaitu sekitar usia 20 tahun, maka kamu bisa mulai mencoba pakai retinol. Jadi, untuk kalian yang masih berusia di bawah itu, mungkin ditahan dulu ya memakainya, karena kulitmu masih dalam kondisi prima.

Kalau kamu memiliki kulit sensitif, mungkin retinol bisa tidak cocok untuk kulitmu. Jadi, sebaiknya kamu melakukan patch test terlebih dahulu untuk mengetahui reaksinya atau konsultasikan ke dokter kulit.

Kamu bisa mengaplikasikan retinol di malam hari karena kandungan ini photolabile atau bisa rusak ketika terpapar sinar matahari. 

 

Bagaimana cara memakainya?

Aturan dalam memakai retinol.
Aturan dalam memakai retinol. Foto: freepik.com

Mulailah dengan retinol dengan persentase kandungan kecil, seperti 0.1% atau 0.2% satu kali dalam seminggu. Hal ini dikarenakan retinol merupakan bahan aktif yang bisa membuat kulit iritasi dan kering jika dipakai berlebihan dan untuk melihat reaksi dari kulitmu terhadap kandungan tersebut.

Kemudian, setelah kulit beradaptasi dengan retinol, kamu bisa secara bertahap menaikkan frekuensi dan jumlah retinol yang kamu gunakan. Namun, tetap perlu memberi jeda hari pemakaian untuk mengurangi efek iritasi kulit akibat retinol.

Selain itu, perlu diperhatikan untuk tidak mencampur retinol dengan kandungan aktif lain, seperti AHA/BHA, benzoyl peroxide, vitamin C, atau produk lain yang mengandung retinol juga.

Setelah penggunaan retinol, jangan lupa aplikasikan moisturiser untuk melembabkan kulit dan sunscreen keesokan paginya untuk mencegah dampak negatif retinol tidak muncul ya, Ladies!

Selamat mencoba!

 

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id