sign up SIGN UP

Wajib Tahu, Beauties! Ini Urutan Pakai Skincare yang Benar Agar Kulit Wajah Glowing Optimal

Devita Tri Hapsari | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 15:15 WIB
Wajib Tahu, Beauties! Ini Urutan Pakai Skincare yang Benar Agar Kulit Wajah Glowing Optimal
Urutan penggunaan skincare/ foto: freepik/ artursavronovvvv

Skincare atau perawatan kulit memang membuat kulit wajah lebih cantik, terawat, glowing, dan enak untuk dipandang. Skincare sendiri memiliki banyak jenis dan fungsinya pun berbeda. Menggunakannya juga tidak boleh asal pakai, karena ada urutan penggunaannya agar efeknya dapat terasa.

Maka dari itu penting lho untuk mengetahui urutan penggunaan skincare agar hasil yang didapat jauh lebih maksimal. Yuk, lihat urutan penggunaan skincare di bawah ini.

1. Cleanser

Wanita sedang mencuci muka
Urutan penggunaan skincare/ foto: freepik/ lifestylememory

Urutan yang pertama dan wajib yaitu menggunakan cleanser untuk membersihkan wajah dari kotoran-kotoran. Menurut dokter kulit Mona Gohara, MD, profesor klinis asosiasi dari Yale School of Medicine, seperti dikutip dari Cosmopolitan, agar skincare bisa menyerap dengan baik, maka kulit harus bersih bebas dari kotoran dan minyak lebih dulu.

2. Toner

Wanita menggunakan skincare
Urutan penggunaan skincare/ foto: freepik/ lookstudio

Selanjutnya gunakan toner untuk mengembalikan pH kulit setelah mencuci wajah. Pilihlah toner sesuai dengan keadaan wajahmu agar efektif dan tidak menimbulkan efek samping negatif yang nggak diinginkan.

3. Serum

Wanita menggunakan skincare
Urutan penggunaan skincare/ foto: freepik/ freepik

Serum wajah berguna untuk mengatasi masalah wajah secara spesifik. Sebaiknya rutin untuk digunakan setiap hari. Menurut Dr. Rogers dikutip dari laman Dermstore, serum antioksidan, baik untuk digunakan pada siang hari, karena dapat memberikan berbagai manfaat, Beauties. Mulai dari mencegah peradangan kulit hingga menetralkan kerusakan akibat sinar UV dan polusi lingkungan.

4. Eye Cream

Wanita menggunakan skincare
Urutan penggunaan skincare/ foto: freepik/ kroshska nastya

Setelah menggunakan serum selanjutnya gunakan eye cream. Fungsinya untuk menyamarkan kerutan pada kulit bawah mata dan menjaganya tetap lembap. Umumnya moisturizer wajah tidak disarankan untuk dioleskan di area bawah mata. Tapi bila dalam keadaan darurat, semisal kamu lupa membawa eye cream saat traveling, atau kebetulan eye cream lagi habis, maka kamu bisa mengoleskannya.

5. Spot Treatment

Biasa digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat dan noda hitam. Jika kulit wajah lagi dalam keadaan bagus dan tidak memiliki masalah bisa skip penggunaan spot treatment ini.

6. Moisturizer

Wanita menggunakan skincare
Urutan penggunaan skincare/ foto: freepik/ lookstudio

Mengutip dari Women's Healthmoisturizer penting untuk menjaga kulit tetap lembab dan kenyal. Sekaligus mencegah keriput yang timbul pada kulit wajah. Moisturizer juga berfungsi untuk mengunci formula-formula skincare yang telah digunakan sebelumnya.

7. Sunscreen

Wanita menggunakan skincare
Urutan penggunaan skincare/ foto: freepik/ gpointstudio

Terakhir jangan lupa memakai sunscreen sebelum beraktivitas di pagi hari. Fungsinya untuk menangkal sinar UV yang dapat menimbulkan berbagai masalah pada wajah dan bisa untuk mencegah kanker kulit.

Dikutip dari Healthline dianjurkan untuk mengoleskan ulang sunscreen 2 jam sekali pada kulit. Untuk memaksimalkan penggunaan, Beauties juga bisa menggunakan topi ketika sedang beraktivitas di bawah sinar matahari.

Itulah urutan yang tepat dalam penggunaan skincare. Dengan mengaplikasikan skincare sesuai dengan urutannya, kandungan dari masing-masing skincare diharapkan akan lebih menyatu , ebih lekat sehingga membuat wajah glowing maksimal. 

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id