sign up SIGN UP

Waspada! Masih Sering Dilakukan, 6 Hal Ini Rupanya Bisa Memicu Noda Hitam di Wajah!

Camellia Quinita Ramadhani | Beautynesia
Senin, 06 Jun 2022 22:00 WIB
Waspada! Masih Sering Dilakukan, 6 Hal Ini Rupanya Bisa Memicu Noda Hitam di Wajah!
caption

Selain jerawat, noda hitam di wajah merupakan masalah kulit yang paling umum dialami perempuan. Karena banyak yang tidak nyaman dengan tampilan mereka, orang tidak segan membeli skincare dan melakukan prosedur medis mahal untuk mengatasi noda hitam. Padahal, pengobatan jenis apapun akan percuma jika pemicunya tidak dihindari.

Ternyata, ada banyak hal dalam keseharian kita yang tidak disadari dapat berkontribusi menambah noda hitam di wajah lho, Beauties. Mau tahu apa saja penyebabnya? Yuk, simak 6 daftar ini!

Radiasi Sinar Komputer

Ilustrasi Radiasi komputer/Foto: Canva/towfiqu barbhuiya
Ilustrasi Radiasi komputer/Foto: Canva/towfiqu barbhuiya

Tuntutan pekerjaan membuatmu harus menatap komputer berjam-jam? Hati-hati, Beauties! Dilansir dari laman Allure, cahaya biru dari layar TV, komputer, maupun lampu neon yang tidak tertutup ternyata bisa memunculkan bintik coklat kehitaman dan hiperpigmentasi di wajah.

Oleh karena itu, jangan terus menerus menatap layar terlalu lama. Kamu bisa mengambil beberapa kali jeda di antara pekerjaan untuk mengistirahatkan badan dan menghindari paparan sinar biru berkelanjutan. Saat menatap layar, ada baiknya kamu menerapkan jarak 12 inci untuk mengurangi ketegangan otot wajah dan mata.

Penggunaan Produk yang Memancing Siklus Hormonal

Ilustrasi Obat-obatan Hormonal/Foto: Canva/ GreenApple78
Ilustrasi Obat-obatan Hormonal/Foto: Canva/ GreenApple78

Jika diamati, seorang ibu hamil biasanya memiliki flek hitam yang akan hilang seusai melahirkan. Hal ini adalah bukti bahwa tingginya hormon bisa memicu flek hitam, Beauties.

Dilansir dari laman Medical News Today, American Academy of Dermatology  menyebutkan bahwa penyebab umum dari timbulnya flek hitam akibat hormon adalah produk yang mengandung non-steroid anti inflammatory drugs (NSAIDs) atau antibiotik tetrasiklin (INN) yang ada di produk penyembuh jerawat.

Untuk menghindari efek samping obat-obatan ini, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan dokter dan menyesuaikan produk sesuai dengan keperluan kulitmu. Jangan lupa untuk selalu mengikuti aturan dokter, ya!

Malas Memakai Tabir Surya 

Ilustrasi Terpapar Matahari/Foto: Canva /Lesia Sementsova
Ilustrasi Terpapar Matahari/Foto: Canva /Lesia Sementsova

Banyak orang sengaja melewatkan pemakaian sun screen sebagai skincare harian dengan alasan cuaca sedang mendung atau bahwa mereka tidak akan keluar rumah. Padahal, di mana ada sinar matahari menerangi ruangan, di situlah kamu masih masih akan terpapar.

Dilansir laman Cosmopolitan, kamu disarankan selalu memakai sun screen dalam keadaan apapun karena kamu tidak akan sadar seberapa banyak sinar matahari terserap oleh kulitmu.

Kekurangan Asam Folat Karena Diet

Ilustrasi Makanan Mengandung Asam Folat/Foto: Canva/piotr_malczyk
Ilustrasi Makanan Mengandung Asam Folat/Foto: Canva/piotr_malczyk

Bagi kamu yang sedang berjuang menurunkan berat badan, jangan sampai upayamu mengurangi porsi makan justru memangkas gizi yang kamu butuhkan ya, Beauties. Dilansir dari laman Health Site, selain dapat membahayakan organ dalam, kekurangan zat seperti asam folat juga bisa mendorong terjadinya hiperpigmentasi.

Saat menetapkan menu baru, pastikan kamu memasukkan secukupnya biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan sayuran berdaun hijau yang kaya akan asam folat. Jangan korbankan kesehatan kulitmu demi menurunkan berat badan.

Cara yang Salah dalam Mencukur Bulu Wajah 

Ilustrasi Mencukur Wajah/Foto: Canva/VladimirFLoyd
Ilustrasi Mencukur Wajah/Foto: Canva/VladimirFLoyd

Beauties, apakah kamu tipe orang yang biasa mencukur bulu wajah? Jika iya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak muncul noda hitam setelah mencukurnya. Dilansir dari laman Healthfully, noda hitam dapat timbul akibat penumpukan sel kulit mati di daerah yang biasa dicukur. Jika ini juga menjadi masalahmu, ada baiknya kamu mengeksfoliasi wajah secara berkala dengan produk-produk yang mengandung asam glikolat, asam salisilat, atau asam laktat.

Untuk mencegah noda hitam akibat iritasi, kamu bisa gunakan hidrokuinon atas arahan dokter dan pelembap yang sesuai dengan karakter kulit wajahmu.

Terlalu Sering Terpapar Sinar Matahari Setelah Memakai Produk Berbahan Dasar Jeruk

Ilustrasi Produk Mengandung Jeruk/Foto: Canva/msbirgith
Ilustrasi Produk Mengandung Jeruk/Foto: Canva/msbirgith

Jika kamu penggemar produk skincare dengan kandungan ekstrak jeruk, ada baiknya lebih berhati-hati, Beauties. Pasalnya, menurut laman Cosmopolitan, mengoleskan produk jeruk kemudian memaparkannya di bawah sinar matahari dapat menyebabkan reaksi toksik yang disebut dermatitis berloque, yang menyebabkan hiperpigmentasi yang sangat parah. Pastikan untuk menghindari produk ini, terutama jika kamu terpapar sinar matahari saat di luar ruangan.

Jangan tunggu sampai kulitmu bermasalah baru bertindak ya, Beauties. Ada banyak siasat untuk menghindari 6 pemicu demi mewujudkan kulit sehat bebas fek hitam. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semangat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id