sign up SIGN UP

Cegah Penuaan Dini, 5 Daftar Makanan Ini Terpercaya sebagai Anti-Aging Alami

Aqillah Diaz | Beautynesia
Senin, 30 May 2022 20:00 WIB
Cegah Penuaan Dini, 5 Daftar Makanan Ini Terpercaya sebagai Anti-Aging Alami
caption
Jakarta -

Setiap orang pasti ingin memiliki tubuh yang sehat agar terlihat awet muda, mengingat bertambahnya usia juga akan mempengaruhi beberapa kesehatan tubuh, seperti kesehatan kulit.

Salah satu permasalahan kulit yang terjadi seiring bertambahnya usia adalah, keriput, bintik hitam atau noda hitam pada wajah, jerawat, atau permasalahan lainnya. Hal tersebut dapat membuat kamu nggak percaya diri, bukan Beauties?

Untuk menjaga berbagai penyakit atau permasalahan kesehatan di usia tua, kamu harus menjalankan pola hidup sehat dan pola makan yang seimbang. Jika kamu menginginkan kulit yang sehat dan tetap awet muda kamu harus melakukan hal-hal yang baik untuk kesehatan kulit dan tubuh.

Meskipun kamu juga telah menggunakan beberapa produk perawatan kulit kamu tetap harus mengimbanginya dengan mengonsumsi makanan sehat. Dilansir dari detikFood, berikut beberapa makanan sehat yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penuaan dini. Simak yuk!

1. Yoghurt

Yoghurt/ Foto: Freepik.comYoghurt/ Foto: Freepik.com

Yoghurt merupakan salah satu makanan sehat yang bisa menjadi asupan yang baik untuk tubuh dan tentunya juga dapat mengatasi permasalahan pada kulit wajah, termasuk permasalahan penuaan dini. Kamu bisa mengonsumsi yoghurt rendah lemak dan bebas gula secara rutin.

Kandungan kaya akan kalsium dan berbagai nutrisi lainnya dalam yoghurt sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Selain itu, kandungan asam laktat dalam yoghurt dapat menghilangkan sel kulit mati serta mengecilkan pori-pori.

Tak hanya dapat dikonsumsi, kamu juga bisa memanfaatkan yoghurt untuk masker wajah, yakni dengan campuran olive oil. Kamu bisa oleskan di area wajah selama 30 menit dan kemudian di bilas.

2. Kacang-kacangan

Kacang - KacanganKacang - Kacangan/Foto : pexels.com/David Disponett

Ternyata berbagai jenis kacang-kacangan, seperti almond sangat baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mencegah penuaan dini. Almond memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk memperbaiki jaringan kulit, melindungi kulit dari sinar UV, serta mempertahankan kelembaban kulit.

Tak hanya almond, kamu juga bisa mengonsumsi kacang kenari karena kacang kenari memiliki kandungan asam lemak omega-3 anti-inflamasi yang dapat memperkuat membran sel kulit dan melindungi kulit akibat paparan sinar matahari.

Kandungan vitamin E yang ada di dalam kacang-kacangan sangat membantu mengurangi keriput dan dapat membuat kulit tetap kencang. Namun, jika kamu tidak menemukan kacang almond atau kenari di supermarket atau di tempat lainnya, kamu juga bisa memanfaatkan kacang tanah.

Kacang tanah memiliki kandungan vitamin A, B, C dan zat besi yang dapat dijadikan antioksidan untuk menjaga kulit tetap cerah dan sehat, serta dapat mencegah penuaan dini dan garis halus pada wajah.

3. Lemon

LemonLemon/ Foto: Getty Images

Lemon memiliki berbagai kandungan yang dapat menjaga kesehatan kulit, yakni kandungan asam sitrat, antioksidan, AHA, dan vitamin C. Kandungan vitamin C dalam lemon mampu berfungsi sebagai antioksidan yang dapat merangsang pembentukan kolagen untuk menangkal radikal bebas.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara memeras air lemon dan tambahkan air hangat atau air es. Dengan mengonsumsinya tiap hari kulitmu akan terlihat awet muda dan lebih cerah.

4. Alpukat

Viral di tiktok, ternyata cara menyimpan alpukat ini berbahaya/foto: freepik.com/dashu83Alpukat/foto: freepik.com/dashu83

Alpukat memiliki kandungan asam lemak tak jenuh tunggal, sehingga hal ini yang membuat alpukat menjadi salah satu makanan sehat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah penuaan dini. Alpukat juga memiliki kandungan lemak anti-inflamasi yang dapat menghindari kulit dari kerutan, melembapkan kulit, serta melindungi dari sinar matahari.

Selain itu, kandungan kaya vitamin E juga dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulit tetap kenyal dan sehat. Kamu bisa mengonsumsi alpukat dengan mengolahnya menjadi jus, smoothies, atau kamu bisa konsumsi alpukat dengan salad.

5. Telur

TelurTelur/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Makanan sehat terakhir yang bisa kamu konsumsi untuk mencegah penuaan adalah telur. Telur memiliki kandungan protein yang dapat membantu proses metabolisme dan mencegah kerusakan otot.

Asupan protein juga dapat membantu melawan tanda penuaan dini. Kamu bisa mengonsumsi telur sebagai makanan tambahan atau makanan utama yang disajikan dengan nasi putih atau nasi goreng.

Itulah beberapa makanan sehat untuk mencegah penuaan dini yang bisa kamu konsumsi secara rutin. Selain menjaga pola makan sehat, kamu juga perlu melakukan olahraga dan istirahat yang cukup agar kulit juga tetap sehat. Semoga bermanfaat!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id