sign up SIGN UP

Sering Dihindari Saat Diet, 4 Jenis Fast Food ini Ternyata Bisa Bantu Bikin Perut Rata!

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 02 Jun 2022 11:30 WIB
Sering Dihindari Saat Diet, 4 Jenis Fast Food ini Ternyata Bisa Bantu Bikin Perut Rata!
caption
Jakarta -

Makanan cepat saji alias fast food identik dengan makanan tidak sehat yang bisa menggagalkan diet. Pasalnya, makanan cepat saji biasanya terdiri dari makanan dengan proses yang panjang, tinggi garam, dan lemak. Ditambah lagi mengandung sayuran yang sedikit.

Fakta mengejutkan, koki dan ahli gizi, Serena Poon, mematahkan anggapan tersebut. Dikutip dari Eat That, menurut Poon kamu tetap bisa memilih sandwich ketika pergi ke chain restaurant tanpa perlu khawatir akan nutrisi. 

Dewasa kini, beberapa restoran fast food di Indonesia telah menyesuaikan menu-menu mereka menjadi ke arah yang lebih sehat, seperti mengganti protein hewani dengan protein nabati. Kemudian mereka juga memperbanyak sayuran di dalamnya.

MakanIlustrasi makan fast food. / Foto: Freepik.com/nakaridore

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan fast food yang tetap bisa kamu makan meski dalam program diet. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir perutmu susah rata.

Burger Sayur

Menurut Poon, kalau kamu ingin makan burger cepat saji yang sedikit lebih baik, Poon menyarankan untuk makan patty atau daging yang ditumpuk dengan sayuran sebanyak mungkin, bukan ditumpuk dengan roti.

Dengan demikian, kamu dapat mengontrol berapa banyak roti, sayuran, dan bumbu yang kamu tambahkan. "Hal ini dapat membantu membakar lemak perut karena nutrisi yang kamu dapat cukup seimbang, rendah karbohidrat, dan tinggi protein," kata ahli gizi Jay Cowin, NNCP, RNT, RNC, CHN, CSNA dikutip dari Eat That. 

BurgerBurger Sayur. / Foto: Getty Images/LauriPatterson

"Protein akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga kamu cenderung tidak ngemil di kemudian hari. Ini bagus untuk hari-hari ketika kamu sedang bepergian dan membutuhkan sesuatu yang cepat, memuaskan, dan sehat," imbuhnya.

Burger Jamur

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa makan sedikit daging dapat membantu penurunan berat badan. Kamu bisa mempraktikkannya dengan mengganti patty hewani dengan patty nabati, yang terbuat dari jamur, misalnya.

Burger jamur.Burger jamur./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Tanya Isaeva

"Sandwich mungkin cara yang tepat jika kamu ingin membatasi asupan natrium karena mengandung lebih sedikit natrium daripada menu lain. Demikian juga, jika kamu mencari makanan yang sehat untuk jantung, makanan cepat saji yang sehat ini lebih rendah lemak jenuh daripada burger lain," jelas ahli diet terdaftar, Harland Adkins, RD.

Burger Tempe

Selain jamur, patty juga bisa diganti dengan nabati lainnya, seperti tempe atau nangka. "Bahan nabati dan protein tambahan dapat membuat kamu kenyang dan meningkatkan metabolisme," jelas ahli diet dan nutrisionis terdaftar, Nataly Komova, RD.

Namun, Poon memperingatkan untuk tidak terlalu sering karena jenis burger ini biasanya mengandung tinggi garam dan bahan olahan lainnya.

Burger tempe.Burger tempe./ Foto: Getty Images/iStockphoto/Al Gonzalez

"Meskipun burger ini memang menawarkan sedikit lebih banyak serat daripada kebanyakan burger dan bisa menjadi pilihan yang oke jika dimakan dengan bungkus selada dan di atasnya dengan sayuran sebanyak mungkin," kata Poon.

Bagaimana pun, makan burger cepat saji terlalu sering tidak akan mendukung program diet. Kamu hanya bisa menjadikan mereka pilihan dengan cara yang lebih baik.

Wrap Selada

Banyak restoran cepat saji yang menawarkan menu sandwich wrap dengan berbagai isian. Nah, kamu bisa menyesuaikan menu sandwich wrap ini seperti burger bungkus selada yang ada di poin pertama. Jadi, kamu mengganti tortila dengan sayuran, Beauties.

Wrap selada.Wrap selada./ Foto: Getty Images/iStockphoto/RHJ

"Ini adalah sandwich bergizi tinggi yang dapat membantu menjaga kalori dan karbohidrat kamu tetap rendah," kata Komova. "Menu ini memberi tubuh nutrisi penting untuk menjaga metabolisme, mempercepat pembakaran lemak, dan mempertahankan asupan kalori yang moderat."

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id