sign up SIGN UP

LIFE

Gugup saat Wawancara Kerja? Ikuti Tips Berikut Ini

Ratih Dewi | Selasa, 10 Nov 2020 17:30 WIB
Gugup saat Wawancara Kerja? Ikuti Tips Berikut Ini
caption

Tahap wawancara atau interview ketika melamar pekerjaan merupakan tahapan yang biasanya paling ditunggu job seeker, biasanya dipanggil untuk tahap wawancara menandakan berkas lamaran yang sudah kita kirim sebelumnya memenuhi syarat dan HRD ingin mengetahui lebih detail tentang diri kita melamar pekerjaan diposisi tersebut. 

Namun, tahap wawancara juga menjadi salah satu tahap yang ditakuti beberapa orang, karena gugup berbicara dengan orang lain dan takut memberikan jawaban yang salah atau tidak sesuai dengan pertanyaan yang diberikan karena terlalu gugup. Nah, untuk kamu yang mendapat panggilan interview pekerjaan, yuk ikuti tips berikut ini agar interview kamu berjalan lancar! 

1. Mengetahui Informasi Perusahaan Tersebut

Mengetahui Informasi tentang Perusahaan
Mengetahui Informasi tentang Perusahaan/Foto : freepik.com

Pastikan kamu mengetahui informasi tentang perusahaan tersebut, mulai dari latar belakang perusahaan itu, bekerja di bidang apa, sejarah dari perusahaan tersebut terbentuk, budaya dari perusahaan, juga visi dan misi perusahaan.

Walaupun tidak harus dihafal semua dengan detail pastikan kamu sudah mengetahui informasi yang cukup tentang perusahaan tersebut, jikalau ditanya tentang perusahaan yang kamu lamar kamu bisa menjawabnya dengan baik dan detail.

2. Mempelajari Posisi Pekerjaan yang kamu Lamar

Mempelajari Posisi Pekerjaan
Mempelajari Posisi Pekerjaan/Foto : freepik.com

Selain dari perusahaan itu sendiri, kamu juga harus mempelajari kenapa kamu melamar diposisi tersebut. aAakah posisi tersebut cocok dengan background kamu sebelumnya, pengalaman sebelumnya, atau kemampuan kamu.

Pastikan meyakinkan HRD kalau kamu memiliki nilai lebih dan cocok dengan posisi yang dilamar. Jangan sampai kamu melamar pekerjaan hanya karena terlihat mudah untuk kamu tapi tidak sesuai dengan kemampuan.

3. Berlatih Wawancara dengan Diri Sendiri

Berlatih Wawancara dengan Diri Sendiri
Berlatih Wawancara dengan Diri Sendiri/Foto : freepik.com

Teruslah berlatih wawancara dengan diri kamu sendiri. Posisikan diri kamu sebagai HRD dan sebagai pelamar juga. Kamu bisa mencari tahu tentang pertanyaan yang biasa diajukan HRD dalam tahap wawancara dan mempersiapkan jawaban yang tepat sesuai dengan diri sendiri.

Berbicara di depan cermin bisa membantu kamu agar tidak gugup dan siap saat diwawancara, selain itu bisa juga kamu berlatih di depan orang lain agar orang lain bisa menilai apakah sudah baik atau ada yang kurang, itu bisa jadi evaluasi untuk kamu. 

4. Menjawab Pertanyaan Jujur dan Tidak Berlebihan

Menjawab Pertanyaan dengan Jujur
Menjawab Pertanyaan dengan Jujur/Foto : freepik.com

Ketika sudah mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang biasa diajukan saat wawancara, pastikan menjawab pertanyaan dengan jujur dan tidak perlu dilebih-lebihkan. Menjawab pertanyaan dengan jujur membuat kamu menjadi lebih tenang dan tidak gugup karena sesuai dengan diri sendiri.

Jika melebih-lebihkan jawaban kamu, kamu semakin ditantang oleh HRD dan membuat kamu menjadi gugup karena kamu tidak memiliki jawaban yang pasti dan terkesan berbohong. 

5. Istirahat Cukup Sebelumnya

Beristirahat dengan Cukup
Beristirahat dengan Cukup/Foto : freepik.com

Jangan berlatih terlalu keras, pastikan istirahat yang cukup sebelumnya. Jangan sampai kamu begadang hanya untuk mempersiapkan wawancara, jika kamu kurang tidur maka esok harinya menjadi tidak fokus, lemas, dan malah menjadi gugup dan cemas karena badan kamu tidak dalam kondisi yang baik dan pikiran tidak jernih. 

6. Berpakaian Rapih, Sopan, dan Nyaman

Berpakaian Rapih, Sopan, dan Nyaman
Berpakaian Rapih, Sopan, dan Nyaman/Foto : freepik.com

Gunakan pakaian yang rapih dan nyaman, jangan menggunakan yang terlalu mencolok, terlalu terbuka, atau terlalu santai. Jangan membuat first impression kamu ke HRD berkurang karena pakaian yang kamu gunakan tidak sesuai atau tidak enak dipandang.

Berikan kesan yang baik dengan penampilan kamu yang rapih, bersih, sopan, dan nyaman menggunakan pakaian tersebut agar tidak mengganggu kamu saat wawancara dan tidak menjadi gugup. 

7. Datang Wawancara Lebih Awal

Datang Wawancara Lebih Awal
Datang Wawancara Lebih Awal/Foto : freepik.com

Ketika diundang untuk wawancara, pastikan datang lebih awal misalkan 30 menit sebelum jadwal wawancara. Jangan sampai telat saat wawancara karena mencerminkan diri kamu tidak bisa mengatur jadwal dengan baik dan mengurangi kesan pertama HRD.

Selain bisa mempersiapkan diri lebih baik, kamu juga tidak akan terkena macet atau faktor lainnya yang bisa menghambat kamu datang tepat waktu saat wawancara, jadi atur waktu kamu dengan baik.

8. Selalu Berdoa 

Selalu Berdoa sebelum Wawancara
Selalu Berdoa sebelum Wawancara/Foto : freepik.com

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Tuhan untuk diberikan kelancaran dan kemudahan dalam wawancara. Tidak hanya usaha, doa juga diperlukan untuk memperlancar segalanya. Jangan lupa juga untuk meminta restu dari orang tua agar semua yang kamu harapkan berjalan dengan baik. 

Selesai sudah tips-tips yang bisa membantu kamu agar tidak gugup dalam wawancara ya, Ladies semoga membantu! 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id