sign up SIGN UP

LIFE

Lakukan 7 Hal Ini untuk Jadi Penulis Sukses

Henny Alifah | Rabu, 24 Jun 2020 08:30 WIB
Lakukan 7 Hal Ini untuk Jadi Penulis Sukses
caption

Sama seperti berbagai bidang yang lain, dunia kepenulisan juga diliputi banyak tantangan. Tak jarang, para calon penulis menyerah di tengah jalan karena dunia kepenulisan yang tampak indah di luar nyatanya penuh dengan hal-hal tak menyenangkan.

Buat kamu yang mau jadi penulis sukses, berikut adalah tips menulis yang disarikan dari buku memoar Stephen King "On Writing", seperti yang dilansir The Positivity Blog. Tips sukses ini dapat berguna bagi blogger, menulis laporan di tempat kerja/sekolah, hingga penulisan novel.

1. Tidak bertele-tele dalam menulis

Ilustrasi: penulis sukses biasanya tidak bertele-tele dalam menulis
Tips sukses jadi penulis/ sumber: Freepik.com

Jangan buang waktu pembaca dengan terlalu banyak cerita yang tidak perlu, intro panjang, atau anekdot tentang hidupmu. Lebih cepat sampai ke poin cerita, lebih baik, namun juga bukan berarti kamu terburu-buru menyelesaikan cerita. Tulisan yang bertele-tele akan membuat pembaca kehilangan kesabaran dan enggan lanjut membaca.


2. Tinggalkan naskah beberapa waktu

Ilustrasi: penulis sukses biasanya mendiamkan naskahnya selama beberapa waktu
 
Tips sukses jadi penulis/ sumber: Freepik.com

Stephen King, penulis sukses yang buku-bukunya telah terjual hingga 350 juta kopi ini menyarankan untuk meletakkan naskah di dalam laci dan biarkan begitu saja selama beberapa waktu. Berapa lamanya, dapat bervariasi. Ia biasa menyimpan naskahnya selama beberapa bulan sebelum membaca ulang dan memulai proses pengeditan.

3. Buang kata-kata yang tidak perlu

Ilustrasi: penulis sukses biasanya melakukan self-editing
 Tips sukses jadi penulis/ sumber: Freepik.com

Nah, begitu kamu kembali menilik naskah yang telah ditinggal beberapa lama, inilah saatnya untuk self-editing. Potong kalimat yang bertumpuk-tumpuk, hapus kata yang berlebihan. Stephen King menyarankan untuk memangkas tulisan setidaknya sebesar 10 persen.

Pada tahap ini, biasanya kamu akan mendapatkan perspektif baru yang berbeda dari tahap menulis di awal. Ini akan mempermudah dalam mengedit, menambah, hingga memangkas tulisan. Hasilnya, percayalah tulisanmu akan jadi lebih baik.

4. Buat tulisan yang relevan

Ilustrasi: penulis sukses biasanya menulis sesuatu yang relevan dengan pembaca
sumber: Freepik.com

Relevan di sini maksudnya relevan dengan pengalaman atau perasaan pembaca. Stephen King boleh saja membuat plot aneh yang jarang terjadi pada orang normal, namun ceritanya tetap dapat diterima khalayak banyak. 

Itu karena ia menulis dengan tulus sehingga karakter dalam ceritanya pun terasa hidup. Kengerian hingga ketakutan yang ia bangun dalam cerita bisa relevan dengan pembaca.

Cara lain supaya cerita dapat mudah diterima pembaca adalah dengan mempertahankan gaya percakapan. Buat percakapan tetap sederhana dan menggunakan bahasa yang tidak perlu rumit.

5. Jangan terlalu memikirkan pendapat orang lain

Ilustrasi: penulis sukses biasanya bebas menulis tanpa terlalu banyak memikirkan pendapat orang lain
Tips sukses jadi penulis/ sumber: Freepik.com

Jika kamu terlalu banyak mendengarkan dan memikirkan kritik dari orang lain, keraguan dalam diri akan semakin besar. Pada akhirnya, kamu justru diam saja dan tak kunjung menulis. Stephen King yang sekarang dikenal sebagai penulis sukses juga pernah mengalami penolakan dan mendapat kritikan pedas. Namun demikian, ia tidak larut dalam suara-suara bising orang di luar dan konsisten untuk tetap menulis setiap pagi.

6. Banyak membaca

Ilustrasi: penulis sukses biasanya banyak membaca
Tips sukses jadi penulis/ sumber: Freepik.com

Bisa dibilang, inilah tips sukses jadi penulis yang utama. Kebanyakan penulis sukses biasanya adalah seorang kutu buku. Saat membaca, kamu bisa dapat ide, dapat belajar teknik menulis, hingga dapat memperluas wawasan untuk memperkaya cerita. Untuk itu, kamu bisa mengurangi kegiatan malam seperti menonton video YouTube atau acara TV dan menggantinya dengan kegiatan membaca.

Atau, seperti yang disarankan King, bawa buku ke manapun kamu pergi. Jadi, kamu bisa membacanya sewaktu-waktu, saat di ruang tunggu, treadmill, atau bahkan toilet. Stephen King sendiri suka mendengarkan buku audio saat di bus atau berjalan di suatu tempat.

7. Banyak menulis

Ilustrasi: penulis sukses biasanya banyak menulis
Tips sukses jadi penulis/ sumber: Freepik.com

Terakhir, dan yang paling penting, tips sukses jadi penulis yaitu dengan banyak menulis. Seperti bidang yang lain, semakin tinggi jam terbang, semakin baik tulisan yang bisa kamu buat. Temukan gaya tulisanmu dengan banyak berlatih menulis. Coba juga untuk menulis dengan berbagai macam teknik. Lama-lama, kamu pun bisa menulis dengan lancar dan baik.

Bagaimana, kamu siap menulis sekarang?

(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id