sign up SIGN UP

LIFE

Merasa TIdak Bersemangat Kerja? Ini Penyebab dan Cara Atasinya

Jovita | Jumat, 20 Nov 2020 19:40 WIB
Merasa TIdak Bersemangat Kerja? Ini Penyebab dan Cara Atasinya
Tidak Semangat Bekerja/ Foto: Pexels.com

Umumnya seseorang menghabiskan sebagian besar waktu, tenaga, dan hidup kita di tempat kerja,  hal ini sewaktu-waktu bisa saja memicu perasaan bosan kerja atau tidak adanya semangat kerja. Tak heran jika banyak orang yang ingin berhenti kerja dan membuka bisnis sendiri.

Namun, perasaan tidak semangat bekerja bisa saja disebabkan oleh banyak hal. Mungkin bisa disebabkan karena tempat kerja toxic, tidak adanya perkembangan, atau memang sudah bosan dengan profesi yang dijalankan. Yuk kita simak beberapa penyebabnya beserta cara atasi tidak semangat kerja .

1. Tidak ada deadline dan ekspektasi yang jelas 

Ekspektasi dan Deadline Tidak Jelas/ Foto: Pexels.com
Ekspektasi dan Deadline Tidak Jelas/ Foto: Pexels.com

Sumber perasaan tidak semangat kerja adalah karena kurangnya kejelasan terkait roles dan jobdesk yang kamu miliki. Kamu merasa tidak ada kejelasan mengenai apa yang harus kamu kerjakan, kapan waktunya, hingga bagaimana tingkat prioritasnya. Tempat kerja yang tidak dikelola dengan baik dan tidak memberikan dukungan yang memadai akan memicu perasaan tidak semangat dan bosan bagi karyawan. 

2. Tidak ada kesempatan untuk berkembang

Tidak Bisa Berkembang/ Foto: Pexels.com
Tidak Bisa Berkembang/ Foto: Pexels.com

Hal yang paling sering memicu perasaan tidak semangat kerja adalah tidak adanya ruang bagi pekerja untuk berkembang. Tentu sulit melakukan pekerjaan yang berulang setiap hari, tanpa ada hal atau ilmu baru untuk dipelajari. Lama-kelamaan, pasti kamu akan merasa bosan dan tidak semangat kerja.

Kurangnya pembelajaran dan kesempatan untuk berkembang adalah kemunduran besar yang dapat membuat kamu merasa kehilangan motivasi dan bosan setiap hari. Bahkan di tahap yang lebih parah, kamu bisa merasa bahwa pekerjaan adalah beban. Dengan beban yang dipikul setiap hari, kesehatan mental hingga fisik juga akan terganggu.

3. Tidak adanya apresiasi

Tidak Ada Apresiasi/ Foto: Pexels.com
Tidak Ada Apresiasi/ Foto: Pexels.com

Siapa yang tidak mau mendapatkan apresiasi atas kerja keras yang telah dilakukannya? Ini adalah salah satu faktor penting untuk meningkatkan semangat kerja karyawan. Biasanya pekerja cenderung merasa tidak semangat jika melakukan pekerjaan tanpa nilai bagi perusahaan.

Sebenarnya, apresiasi di tempat kerja bukan berarti pekerja haus akan pujian dan kata-kata manis, tetapi justru merupakan sumber motivasi bahwa apa yang dilakukan memiliki makna dan dilihat. Jika tidak, motivasi kita dengan cepat memudar.

3 Cara Atasi Tidak Semangat Kerja

Cara Atasi Tidak Semangat Kerja/ Foto: Pexels.com
Cara Atasi Tidak Semangat Kerja/ Foto: Pexels.com

Jika kamu mengalami beberapa hal di atas, kamu mungkin akan bertanya bagaimana cara atasi tidak semangat kerja yang dirasakan?

  1. Coba pahami dan ingat lagi seberapa pentingnya pekerjaanmu. Ini adalah salah satu cara atasi tidak semangat kerja yang cukup ampuh. Pada waktu tertentu, kamu mungkin merasa benar-benar tidak semangat lagi untuk bekerja. Tapi ingatlah, ada berapa orang yang menginginkan pekerjaanmu sekarang, ada berapa orang yang bergantung untuk dihidupi dari pekerjaanmu ini, ingatlah tujuanmu bekerja.
  2. Fokuslah pada proses, bukan hasil.  Kamu akan lebih menikmati hidup dan pekerjaan, jika hidup sepenuhnya di saat ini, di masa sekarang. Oleh karena itu, fokus dan nikmatilah proses yang sedang kamu jalani sekarang. Kesampingkan dulu pikiran buruk tentang hasil dari pekerjaanmu, yang bahkan belum tentu terjadi. Dengan begini, kamu bisa merasa lebih semangat dan termotivasi untuk melakukan pekerjaan setiap harinya.
  3. Jadilah kreatif. Cara atasi tidak semangat kerja yang terakhir adalah dengan menjadi kreatif. Kreativitas tidak hanya membuat seni tetapi juga membuat kehidupan sehari-hari lebih menarik. Cara ini akan mengubah bagaimana kamu memandang pekerjaan dan membantu merasa lebih puas dan bahagia secara keseluruhan.
(hld/hld)

Our Sister Site

mommyasia.id