sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Punya Anak Perempuan, Ini yang Harus Kamu Tekankan Saat Mengasuhnya

Rumaysha Milhania | Jumat, 30 Apr 2021 21:00 WIB
Punya Anak Perempuan, Ini yang Harus Kamu Tekankan Saat Mengasuhnya
caption

Perjuangan untuk memerikan kesetaraan pada wanita memang masih belum selesai. Bagi kamu para wanita, tentu menjalani kehidupan dengan nilai-nilai yang menomorduakan wanita tidaklah mudah.

Para wanita cenderung sulit untuk mengembangkan minat dan bakat hanya karena dia perempuan. Bahkan, wanita juga kerap kali susah untuk bisa mendapatkan jenjang karir yang menjanjikan hanya karena mereka akan hamil dan melahirkan. Itulah sebabnya, sebagai orangtua kita harus benar-benar bisa membantu generasi selanjutnya agar tidak lagi membeda-bedakan diri berdasarkan gender.

Perjuangan untuk memerikan kesetaraan pada wanita memang masih belum selesai. Bagi kamu para wanita, tentu menjalani kehidupan dengan nilai-nilai yang menomorduakan wanita tidaklah mudah.
Mendidik Anak Perempuan/ Sumber: Freepik.com

Nah, jika kamu memiliki anak perempuan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu ajarkan padanya untuk bisa membuatnya lebih kuat, tangguh, dan berani dalam memperjuangkan mimpi-mimpinya. Yuk simak!

1. Berikan hak dan tanggung jawab yang sama seperti saudara laki-lakinya

Membedakan anak laki-laki dan perempuan sejak kecil dapat memupuk kecenderungan untuk mengembangkan kepribadian yang juga berbeda. Anak laki-laki yang lebih banyak dipercaya untuk melakukan banyak hal dapat mengembangkan mental pemberani dan kuat. Sedangkan anak perempuan yang selalu dijaga dengan pemberian pekerjaan terbatas juga akan membuatnya menjadi lebih mudah ragu dan tidak bisa menampilkan kemampuannya yang sebenarnya.

2. Biarkan ia melakukan apapun yang ia ingin lakukan

Jangan pernah membatasi minat dan bakat anak hanya karena ia perempuan. Jika ia suka bela diri, tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya pada club bela diri kesukaannya. Pastikan kamu tidak membatasi aktivitasnya meskipun itu tidak terlihat seperti aktivitas yang dilakukan perempuan pada umumnya. 

Jangan pernah membatasi minat dan bakat anak hanya karena ia perempuan. Jika ia suka bela diri, tidak ada salahnya untuk mendaftarkannya pada club bela diri kesukaannya.
Mengasuh Anak Perempuan/ Sumber: Freepik.com

3. Dukung anak untuk melakukan apa yang ia sukai, bukan yang diharapkan masyarakat

Mainkan mobil balap. Warnai rambut dengan warna biru. Dan, seiring bertambahnya usia, pertahankan mentalitas yang sama ini. Tentu, stereotip gender ada dan akan selalu ada, tetapi perbedaannya sekarang adalah kamu tidak perlu mengikutinya. Kamu dapat memilih untuk tinggal di rumah dan memiliki bayi atau kamu dapat memilih untuk menjadi pebisnis dan memiliki bayi.

4. Semua orang itu cantik!

Wanita selalu ditekankan nilai-nilai kecantikan dengan konsep cantik yang sebenarnya semu. Ini kerap kali membuat wanita terjebak pada masalah tentang penampilan dan kepercayaan diri hingga mereka lupa untuk mengasah kemampuan-kemampuan lain dalam dirinya.

Pujilah anakmu dengan kelebihan-kelebihannya, bukan hanya dari parasnya untuk membuatnya sadar bahwa penampilan tidak berarti apa-apa tanpa kecerdasan dan kemampuan unik yang dimilikinya.

5. Hargai orang lain tanpa membatasi berdasarkan gendernya

Tekankan pada si kecil bahwa semua orang memiliki hak yang sama sebagai manusia tanpa mengenal gender. Wanita tidak selalu harus lembut dan mahir dalam mengasuh. Laki-laki juga tidak harus selalu kuat dan tangguh dalam melakukan banyak hal. Semua manusia unik dengan kelebihan dan kekurangannya tanpa ada kecenderungan gender yang membatasi.

Tekankan pada si kecil bahwa semua orang memiliki hak yang sama sebagai manusia tanpa mengenal gender. Wanita tidak selalu harus lembut dan mahir dalam mengasuh.
Anak Perempuan/ Sumber: Freepik.com

Nah, itulah lima hal penting yang harus kamu ajarkan pada anak untuk membuatnya lebih percaya diri menjalani hidup sebagai wanita. Semoga ini dapat diteruskan olehnya kelak ke generasi selanjutnya sehingga ketimpangan gender dapat hilang seiring berjalannya waktu.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id