sign up SIGN UP

LIFE

Rekan Kerja Toxic Sering Bikin Greget? Simak 5 Tips Jitu Menghadapinya

Ade Irma Suryani | Kamis, 29 Apr 2021 16:00 WIB
Rekan Kerja Toxic Sering Bikin Greget? Simak 5 Tips Jitu Menghadapinya
caption

Dalam lingkungan kerja, sering kali kita berharap agar bisa menemukan orang-orang yang bisa dijadikan teman, sahabat, dan yang bisa diajak bekerja sama dengan baik. Namun, ada kalanya yang terjadi justru sebaliknya. Terkadang malah menemukan rekan kerja yang buruk dan suka mencari masalah. Keberadaan rekan kerja yang beracun tersebut di sekitar lingkungan kerja tentu bisa memberi pengaruh buruk bagi orang lain di sekitarnya.

Nah, jika saat ini kamu sedang bermasalah dengan rekan kerja toxic yang sangat mengganggu, maka ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghadapinya. Berikut informasinya di bawah ini. 

 

1. Kendalikan Emosi

Usahakan untuk mengendalikan emosi agar tidak tumpah.
Kendalikan Emosi/freepik.com 

Perilaku tidak menyenangkan dari rekan kerja yang toxic biasanya sering kali menguras emosi. Meskipun begitu, tetaplah berusaha mengendalikan emosimu. Ingatlah, ketika kamu tidak dapat mengendalikan emosimu, bisa saja rekan kerja yang toxic malah semakin puas dan senang karena berhasil memancing emosimu dan membuat dirimu menjadi tidak tenang. Selain itu, hal ini pun juga dapat mengganggu konsentrasimu dalam bekerja, sehingga menjadi tidak produktif. 

Daripada harus merugikan dirimu sendiri lantaran perilaku negatif rekan kerja yang toxic, maka akan lebih baik bagimu untuk mengambil sikap cuek dan tidak peduli terhadap tingkah lakunya. 

 

2. Tetap Fokus pada Pekerjaan 

Tetap fokus pada pekerjaan daripada menyibukkan diri dengan rekan kerja yang toxic.
Fokus pada Pekerjaan/freepik.com 

Alih-alih terus memikirkan rekan kerja yang beracun hingga sampai membuang energi dan waktu, akan lebih baik jika kamu memilih untuk tetap fokus pada pekerjaanmu. Meskipun memang tidak mudah, tapi cobalah untuk mengalihkan hal negatif tersebut dengan lebih fokus meningkatkan pekerjaan agar lebih baik lagi. 

Bisa saja rekan kerja yang tidak menyukaimu tersebut memang iri padamu. Dengan memilih meningkatkan kualitas pekerjaan lebih baik lagi dan atasan juga senang dengan hal itu, maka pastinya rekan kerjamu tersebut malah akan merasa dongkol sendiri. 

 

3. Bercerita pada Orang Terdekat

Bercerita pada orang terdekat dalam menghadapi rekan kerja yang toxic.
Bercerita/freepik.com 

Menghadapi rekan kerja toxic setiap hari di tempat kerja memang dapat melelahkan batin dan membuat stres. Karena itu, penting bagimu untuk dapat bercerita pada orang-orang terdekat seperti keluarga, pasangan, atau sahabat. 

Dengan bercerita pada orang-orang terdekatmu, maka hal ini akan jauh lebih baik dan sedikit melegakan hati ketimbang terus memikirkannya. Selain itu, mereka juga akan membantumu untuk mencari solusi yang tepat dalam menghadapi rekan kerja yang beracun tersebut. 

 

4. Lakukan Hal yang Menyenangkan Hati

Lakukan hal yang menyenangkan hati untuk melepas stres akibat berurusan dengan rekan kerja toxic.
Olahraga/freepik.com 

Selain curhat dengan orang terdekatmu, kamu pun juga perlu melakukan hal yang menyenangkan hati sebagai salah satu cara melepas stres dalam menghadapi rekan kerja toxic. Kamu dapat menghibur diri dengan melakukan hal-hal yang dapat membuat jiwamu tenang dan bahagia seperti berolahraga, berlibur, ke salon, menonton film favorit, dan sebagainya.   

Melakukan hal yang menyenangkan hati tentunya akan dapat membuatmu lebih rileks daripada terus mengingat masalah yang ada. 

 

5. Bicarakan pada Atasan

Bicarakan dengan atasan jika rekan kerja toxic benar-benar bermasalah.
Berbicara dengan Atasan/freepik.com

Perilaku rekan kerja semakin menjadi-jadi dan sudah tidak dapat dibicarakan lagi? Jika begitu maka sudah saatnya kamu membicarakan masalah ini dengan atasanmu. 

Jika memang rekan kerjamu tersebut sudah sangat mengganggumu dan juga berdampak pada pekerjaanmu, maka kamu tidak perlu khawatir untuk melaporkannya pada atasan. Dengan membicarakannya dengan atasan, tentu diharapkan akan ada solusi yang tepat dalam menyelesaikan masalah tersebut. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id