sign up SIGN UP

LIFE

Sering Bengong Saat Bekerja? Eits, Jangan! Ini Cara Mengatasi Rasa Malas Biar Gak Kewalahan

Ade Irma Suryani | Kamis, 10 Jun 2021 14:30 WIB
Sering Bengong Saat Bekerja? Eits, Jangan! Ini Cara Mengatasi Rasa Malas Biar Gak Kewalahan
Cara Menghilangkan Rasa Malas/ foto: freepik.com

Siapa pun pasti pernah dihinggapi oleh perasaan malas, termasuk malas dalam pekerjaan. Sebenarnya hal tersebut adalah lumrah. Namun jika terlalu sering malas saat bekerja, tentu saja hal ini sangat tidak baik, karena dapat merugikan diri sendiri. 

Bagi kamu yang sering malas saat bekerja, simak beberapa tips cara menghilangkan rasa malas di bawah ini untuk mengatasinya. 

 

1. Jangan Biasakan Begadang

Hindari kebiasaan begadang karena besoknya bisa mengurangi semangat.
Hindari Begadang/freepik.com 

Kebiasaan tidur telat atau begadang memang telah menjadi suatu kebiasaan yang cukup umum dilakukan oleh para anak muda saat ini. Kebiasaan buruk seperti inilah yang dapat membuat seseorang menjadi lesu dan tidak bersemangat keesokan paginya, sehingga memunculkan rasa malas dalam bekerja. 

Karena itu, cobalah untuk tidak begadang dan sebisa mungkin jam 10 malam kamu sudah tertidur. 

 

2. Biasakan Bangun Lebih Awal

Biasakan untuk bangun lebih pagi agar lebih bersemangat dalam bekerja.
Bangun Lebih Pagi/freepik.com 

Selain tidak boleh tidur terlalu larut atau begadang, kamu juga perlu membiasakan diri untuk bangun lebih awal. Bangun lebih pagi tentunya akan membuat tubuhmu lebih segar dan bersemangat dalam menjalani aktivitas.  

Bangun lebih pagi juga akan sangat membantumu untuk bisa lebih produktif dan juga memiliki banyak waktu untuk menyelesaikan banyak pekerjaan. 

 

3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Perhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.
Perhatikan Makanan/freepik.com 

Hal yang tidak kalah jauh pentingnya, kamu pun perlu memperhatikan makanan yang masuk ke tubuhmu. Pasalnya, mengonsumsi sembarangan makanan seperti junk food yang berupa burger, mie instan, kentang goreng, ayam goreng tepung dan sebagainya dapat menimbulkan rasa malas dan tidak bersemangat. 

Oleh sebab itu, sebelum memulai aktivitas di pagi hari, kamu perlu melakukan sarapan dengan makanan yang bergizi agar tidak lemas. Namun jangan sampai makan berlebihan dan terlalu kenyang. Karena hal tersebut juga bisa membuatmu menjadi malas bergerak. 

 

4. Biasakan Berolahraga

Biasakan untuk berolahraga agar tubuh lebih bersemangat melakukan pekerjaan.
Olahraga/freepik.com 

Olahraga sangat berperan penting untuk membuat tubuh lebih bersemangat, sehingga dapat menghilangkan rasa malas saat bekerja. Karena itu, biasakanlah untuk berolahraga secara rutin di pagi hari. 

Tak perlu harus olahraga yang memberatkan, kamu dapat melakukan olahraga apapun yang ringan, seperti berjalan kaki di sekitar kompleks rumah, jogging, senam, dan lain sebagainya. 

 

5. Jangan Suka Menunda Pekerjaan

Jangan menunda pekerjaan, karena hal tersebut bisa membuat seseorang tambah malas.
Jangan Menunda Pekerjaan/freepik.com

Kebiasaan menunda pekerjaan memang cukup sering dilakukan oleh banyak orang. Padahal dengan sering menunda-nunda pekerjaan, maka hal ini akan membuat seseorang menjadi tambah malas untuk memulai pekerjaan. Selain itu, pekerjaan pun akan banyak yang menumpuk. 

Karena itulah, biasakan untuk menyelesaikan pekerjaan sesuai waktunya. Selagi masih ada waktu dan kesempatan untuk menyelesaikannya dengan sesegera mungkin, maka jangan ditangguhkan. 

 

6. Istirahat dengan Cukup

Istirahatlah dengan cukup agar tenaga pulih kembali untuk memulai pekerjaan.
Istirahat dengan Cukup/freepik.com 

Ketika kamu mulai merasakan lelah saat bekerja, maka cobalah untuk mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Terlalu memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan hanya akan membuatmu menjadi makin kelelahan. Alhasil, hal ini malah mendorongmu menjadi malas bekerja nantinya.  

Karena itu, beristirahatlah ketika kamu sudah merasa lelah. Apalagi di malam hari, kamu perlu beristirahat dengan cukup untuk memulihkan kembali tubuh setelah seharian beraktivitas. 

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id