sign up SIGN UP

Jangan Malas! Ini 5 Tips Produktif di Pagi Hari Untuk Fisik dan Mental yang Sehat

Ni Made Dwi Agustina | Selasa, 08 Jun 2021 08:00 WIB
Jangan Malas! Ini 5 Tips Produktif di Pagi Hari Untuk Fisik dan Mental yang Sehat
caption

Bangun pagi terkadang menyusahkan, betul tidak? Alasannya, masih mengantuk, begadang semalaman, lelah, dan masih banyak lagi. Tetapi, apakah dengan bangun siang akan lebih baik? Tidak juga! Sejatinya, tidak ada yang salah dengan bangun pagi. Justru, kegiatan produktif di pagi hari dapat membuat kesehatan fisik maupun mental menjadi lebih baik, lho. Ini dia tips produktif di pagi hari yang bisa kamu coba.

Belajar Bangun Pagi

Wake up in the morning
Wake up in the morning/ sumber: freepik.com

Ayo bangun pagi! Belajar untuk bangun di pagi hari tidak membuat kamu rugi, kok. Banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika bangun di pagi hari. Misalnya, kamu bisa menghirup udara segar di pagi hari, mendapatkan sinar matahari pagi yang baik untuk kesehatan tulang maupun kulit, bisa membuat suasana hati yang lebih, bersemangat melakukan aktifitas, dan masih banyak lagi.

Cara bangun pagi untuk kamu yang belum terbiasa bangun pagi dan ingin memulainya adalah ketika malam hari usahakan jangan bermain gadget. Kemudian, atur jam tidur malam sebisa mungkin pukul 22.00. Untuk memberikan kenyamanan tidur, atur posisi tidur senyaman mungkin atau bisa meletakkan pengharum ruangan di kamar agar dapat tidur dengan mudah.

Selanjutnya, kamu bisa memasang alarm untuk keesokan paginya, kurang lebih pukul 07.00 pagi. Perlu diingat, cara ini harus dilakukan dengan disiplin. Jadi, jangan malas-malas, ya!

Membereskan Kamar

Cleaning bedroom
Cleaning bedroom/ sumber: freepik.com

Setelah bangun tidur di pagi hari, kegiatan yang bisa kamu lakukan untuk memulai hari adalah dengan membereskan kamar. Rapikan kamar setelah tidur, jangan langsung buka gadget! Kegiatan seperti merapikan kasur, bantal, guling, dan selimut bisa dijadikan cara menghilangkan ngantuk di pagi hari.

Adapun manfaat beres-beres kamar lainnya adalah, suasana hati akan menjadi lebih baik ketika melihat kamar yang bersih, menghilangkan rasa malas, menjadi lebih produktif, dan sebagainya. Beres-beres kamar juga bukti bahwa kamu bisa lebih mandiri dan bertanggungjawab dengan diri sendiri. Sudahkah kamu membereskan kamarmu?

Workout Pagi

Workout in the house
Workout in the house/ sumber: freepik.com

Kegiatan produktif di pagi hari selanjutnya adalah berolahraga atau workout. Kegiatan ini juga merupakan cara menghilangkan rasa malas di pagi hari yang bisa kamu coba. Workout memiliki banyak manfaat, diantaranya tubuh menjadi lebih sehat, mampu melatih ketenangan jiwa, membuat diri lebih produktif, suasana hati lebih bersemangat, membakar kalori, dan masih banyak lagi.

Workout bisa dilakukan di rumah selama kurang lebih 30 menit. Kamu juga bisa mendengarkan musik selama workout, mengajak orang-orang di rumah untuk workout, melihat video workout, dan lain-lain. Sungguh menyenangkan, bukan?

Mandi Pagi

Woman in white bath tub
Woman in white bath tub/ sumber: unsplash.com

Hal penting yang tidak boleh dilupakan saat pagi hari adalah mandi pagi. Mandi pagi berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih segar dan bersih. Menjaga kebersihan diri dengan cara mandi di pagi hari itu juga penting untuk kesehatan fisik dan mental.

Mengapa demikian? Ketika kamu mandi pagi, disadari atau tidak kamu akan lebih bersemangat menjalani aktifitas lainnya. Tubuh yang segar dan wangi akan membuat suasana hati lebih baik, tidak bermalas-malasan, dan lain-lain. Siapa yang masih malas mandi pagi? Hentikan kebiasaan buruk itu sekarang juga, ya!

Memasak

Woman cooking inside kitchen room
Woman cooking inside kitchen room/ sumber: unsplash.com

Memasak juga bisa dijadikan kegiatan produktif di pagi hari. Perlu diingat, bahwa sarapan adalah hal yang tidak boleh dilewatkan, maka memasak untuk sarapan bisa kamu lakukan. Memasak juga banyak manfaatnya, lho. Adapun manfaat memasak adalah makanan menjadi lebih sehat, dapat menghemat pengeluaran dan kebersihan makanan lebih terjamin. Tidak hanya itu saja, memakan hasil masakan sendiri akan menghasilkan kepuasan tersendiri, mampu mengapresiasi diri, juga lebih mandiri.

Bagi kamu yang belum bisa memasak, ada banyak tutorial memasak di berbagai platform yang bisa kamu ikuti, mulai dengan menu masakan yang mudah agar resiko gagal dalam memasak lebih kecil dan mampu diatasi. So, keep practice!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id