sign up SIGN UP

LIFE

Tenang, Jangan Panik! Begini 5 Kiat Ampuh Atasi Serangan Panik di Kantor

Lifia Mawaddah Putri | Rabu, 21 Jul 2021 16:30 WIB
Tenang, Jangan Panik! Begini 5 Kiat Ampuh Atasi Serangan Panik di Kantor
Stres bekerja/ Foto: freepik/ser2740265

Terkadang serangan panik terjadi di saat yang nggak tepat. Misalnya saat sedang bekerja di kantor. Apalagi akhir-akhir ini kita sedang banyak menerima kabar tidak menyenangkan. Namun kamu nggak perlu khawatir jika mengalami serangan panik saat sedang bekerja. Kamu masih bisa mengatasinya sendiri kok. Berikut ini, Beautynesia.id punya 5 cara menenangkan diri yang bisa kamu lakukan saat mengalami serangan panik di kantor. Yuk langsung simak ulasannya berikut ini!

Cari Tempat Aman

Tips yang pertama saat kamu mengalami serangan panik di kantor adalah coba cari tempat yang aman.
Serangan panik/Foto: freepik/spukkato

Tips yang pertama saat kamu mengalami serangan panik di kantor adalah coba cari tempat yang aman. Tempat yang bisa kamu pilih adalah tempat yang sepi atau jarang dilewati orang. Misalnya seperti tangga darurat, ruang meeting yang kosong, atau salah satu bilik WC di kantormu. Tempat-tempat inilah yang bisa membantumu untuk menenangkan diri sejenak.

Berusaha Berpikir Logis

Serangan panik yang terjadi tiba-tiba di kantor tentunya membuatmu nggak bisa berpikir dengan jernih. Nah, cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi ini adalah mencoba untuk berpikir logis. Misalnya dengan berbicara dengan diri sendiri, menuliskan apa yang kamu rasakan, atau coba gunakan kelima indramu. Contohnya seperti menentukan 5 warna tertentu atau mendengarkan 4 suara yang berbeda.

Alihkan Fokus

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, kamu juga bisa mencoba untuk mengalihkan fokus.
Menenangkan diri/Foto: freepik/tirachardz

Selain cara-cara yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, kamu juga bisa mencoba untuk mengalihkan fokus. Misalnya dengan menyebutkan barang-barang yang ada di sekitarmu, membaca buku, atau membuka media sosial sebagai hiburan sejenak. Jika fokusmu sudah teralihkan, maka serangan panikmu pun bisa lebih terkendali.

Lakukan Progressive Muscle Relaxation

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan saat mengalami serangan panik di kantor adalah melakukan progressive muscle relaxation atau PMR. Nah, cara ini dapat menenangkan otot-otot agar kamu bisa lebih rileks.

Cara melakukannya, kepalkan tanganmu sekencang mungkin. Lalu jaga kepalan tangan tersebut. Tarik napas dari hidung selama 5 detik dan tahan selama 5 detik. Kemudian, keluarkan napas selama 5 detik sambil melepaskan kepalan tangan. Ulangi cara ini hingga kamu merasa benar-benar tenang.

Progressive Breathing

Terakhir, fokuslah pada pernapasanmu saat mengalami serangan panik. Tarik napas panjang melalui hidung dan biarkan perutmu mengembang.
Rileksasi/Foto: freepik/wayhomestudio

Terakhir, fokuslah pada pernapasanmu saat mengalami serangan panik. Tarik napas panjang melalui hidung dan biarkan perutmu mengembang. Lakukan terus sampai kamu merasa panikmu sudah menghilang. Sambil olah pernapasan, katakanlah pada dirimu bahwa segalanya akan baik-baik saja. Ingatkan pada dirimu bahwa sebelumnya kamu mampu mengatasi segala ketegangan. Sehingga begitu pula kamu bisa melewati yang ini.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id