sign up SIGN UP

Selama di Rumah, Ikuti Tips Ini Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga di Masa PPKM Darurat

Cynthia Claudia | Selasa, 20 Jul 2021 12:00 WIB
Selama di Rumah, Ikuti Tips Ini Agar Kesehatan Mental Tetap Terjaga di Masa PPKM Darurat
caption

Berlangsungnya PPKM setelah beberapa saat membuat mobilitas masyarakat semakin berkurang. Keharusan tetap jaga jarak dan tinggal di rumah untuk memutuskan rantai penyebaran Covid-19 pun mengganggu kesehatan mental masyarakat.

Jenuh terhadap keharusan melakukan rutinitas sehari-hari seperti belajar dan bekerja di rumah, serta mendapatkan berita yang membuat setiap dari kita mempertanyakan kapan pandemi berakhir. Rasa cemas kita mungkin meningkat melihat situasi saat ini, namun kita harus tetap menjaga kesehatan mental agar tetap kuat. Bagaimana caranya? Ikuti tips berikut untuk menjaga kesehatan mentalmu selama PPKM. Simak yuk, Beauties!

Membersihkan Rumah

Ilustrasi membersihkan rumah
Ilustrasi membersihkan rumah/ Foto: Pexels/Pixabay

Di masa-masa PPKM ini, kamu akan sering menghabiskan waktu di rumah, maka sebaiknya ubah suasana di rumah agar kamu lebih betah tinggal di rumah. Ubah suasananya jadi lebih menyenangkan dengan membersihkan yang seharusnya dibersihkan, membuat dekorasi rumah sederhana, dan mempercantik rumah dengan tanaman hias. Meningkatkan suasana rumah akan memperbaiki mood kamu dan mengurangi rasa stres ketika harus tinggal di rumah seharian.

Dekorasi ulang kamarmu dan ruangan yang dijadikan tempat belajar atau bekerja, agar meningkatkan suasana rutinitasmu sehari-hari. Membersihkannya juga harus rutin ya untuk meningkatkan sirkulasi udara di setiap ruangan yang tertutup.

Tetap Bersosialisasi

Kesehatan Mental
Kesehatan Mental/ Foto: Pexels/Edward Jenner

PPKM bukan jadi alasan kita berhenti bersosialisasi dengan orang-orang terdekat, Beauties! Saling berkabar dengan teman-teman dan keluarga terdekat merupakan kunci menjaga kesehatan mental dan kesehatan jiwa di masa pandemi. Begitu juga jika kita dihadapi dengan masalah, kita juga butuh orang lain untuk cari bantuan dan bercerita selama masa sulit.

Jaman sekarang dimana penggunaan teknologi sudah berkembang pesat, kita bisa memanfaatkan teknologi untuk berkomunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu. Sekarang, ngobrol lewat video call sudah jadi kebiasaan baru lewat Whatsapp, Zoom, hingga Google Meet! Tidak harus meluangkan waktu setiap hari jika memang sibuk dengan rutinitas, tapi bisa dilakukan ketika ada waktu luang di saat weekend.

Berolahraga Secara Rutin

Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mental
Olahraga untuk Menjaga Kesehatan Mental/ Foto: Pexels/Valeria Ushakova

Luangkan waktu selama setengah jam untuk berolahraga setiap hari di tengah kesibukan rutinitas harian. Lakukan dalam intensitas ringan terlebih dahulu jika kalian belum terbiasa olahraga berat seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, yoga, hingga pilates. Berolahraga rutin membantu menurunkan hormon pemicu stres dalam otak kita.

Konsumsi Makanan Bergizi

Makan Makanan Bergizi Untuk Menjaga Kesehatan Mental
Makan Makanan Bergizi Untuk Menjaga Kesehatan Mental/ Foto: Pexels/Jane D. 

Konsumsi makanan bergizi yang diimbangi dengan multivitamin dan suplemen sudah jadi keharusan di masa-masa pandemi untuk mendukung kesehatan fisik dan jasmani. Kebiasaan makan makanan sehat harus dipertahankan dan menghindari gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi alkohol, merokok, dan lain-lain.

Selain beberapa tips di atas, untuk kesehatan agar tetap terjaga sehatnya, kamu perlu untuk mengonsumsi suplemen dan multivitamin. Dilansir dari CNN Indonesia, pembelian suplemen dan multivitamin untuk menunjang kesehatan tubuh sekarang menjadi lebih mudah dengan telemedicine seperti Halodoc, Good Doctor, KlinikGo, AloDokter, dan-lain lain. Telemedicine juga memberikan kemudahan layanan kesehatan jarak jauh yang memungkinkan seorang pasien dan tenaga kesehatan untuk berdiskusi tanpa bertatap muka secara langsung. 

Walau di rumah aja, jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan ya, Beauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id