Tips Tingkatkan Karier di Kantor bagi Introvert
Kantor menjadi ruang terbuka dan tempat berinteraksi dengan banyak orang. Hal ini bisa menjadi permasalahan bagi kamu yang introvert karena dikenal pemalu, tertutup, dan lebih suka menyendiri sambil melakukan tanggung jawab.
Meskipun menjadi introvert bukan kesalahan, tindakan yang kamu lakukan sebagai introvert mungkin berdampak pada karier di kantor. Terlalu tertutup terhadap orang lain mungkin membuatmu memberikan kesan kamu tidak bisa berbaur dan tidak bisa bekerja secara tim.
Jika menjadi introvert berdampak terhadap perkembangan kariermu, ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meningkatkannya, nih. Yuk, simak informasi di bawah ini!
Menerima diri sendiri
![]() Menerima Diri Sendiri/ Foto: Freepik.com |
Hal pertama dan paling penting untuk dilakukan adalah menerima diri sendiri apa adanya. Ingat bahwa teman kantor lainnya pun memiliki kekurangan, jadi kamu tidak perlu merasa buruk terhadap dirimu yang introvert.
Masing-masing orang memiliki kelebihan sendiri, jadi kamu cukup pelajari kelebihan dirimu dan memanfaatkannya di dunia kerja. Hargai diri sendiri seperti kamu menghargai orang sekitar.
Jangan biarkan dirimu yang introvert mengurangi kualitas diri di mata perusahaan. Lakukan apa yang memang harus kamu lakukan dan jalankan tanggung jawab sebaik mungkin.
Sempatkan istirahat
![]() Istirahat/ Foto: Freepik.com |
Tidak perlu malu melakukan kegiatan sendirian, seperti makan siang beli dan sendiri. Karena hal ini tidak akan merugikan pihak manapun dan justru bisa membantu diri agar beristirahat dari pekerjaan kantor.
Beri sinyal pada orang sekitar bahwa kamu tidak ingin diganggu sementara. Berusahalah untuk membuat ruang dan waktu pribadi selama hari kerja sehingga energi terkumpul. Jika punya cukup energi, kamu akan bisa melakukan kegiatan produktif dengan lancar tanpa masalah.
Bangun jaringan sendiri
![]() Bangun Jaringan Sendiri/ Foto: Freepik.com |
Bagi introvert, bertemu banyak orang bisa jadi kegiatan paling melelahkan, menegangkan, dan mengerikan. Maka dari itu, cari dan temukan sendiri cara untuk membangun jaringan.
Misalnya, jika kamu lebih nyaman berbincang lewat chat, maka bergabung ke grup LinkedIn atau media sosial lain agar menunjukkan minat dan kemampuan diri. Hal ini akan dengan sendirinya membuat orang lain bisa menilai kualitasmu sebagai wanita karier.
Tunjukkan perhatian
![]() Tunjukkan Perhatian/ Foto: Freepik.com |
Karena terlalu pasif untuk berpartisipasi dalam kegiatan kantor, satu-satunya cara adalah menunjukkan perhatian. Untuk menghindari menyakiti perasaan rekan kerja, temukan cara sendiri untuk menunjukkan bahwa sebenarnya kamu peduli tanpa mengurangi tingkat kenyamanan.
Atasan akan mengerti pegawai mana yang bekerja dengan sepenuh hati dan yang tidak. Untuk menambah nilai plus, kerjakan tanggung jawab dengan baik sehingga atasan terkesan.
Buat gerakan besar
![]() Buat Gerakan Besar/ Foto: Freepik.com |
Buat langkah penting dalam karier tanpa meninggalkan kenyamanan diri sendiri itu mungkin. Alih-alih bekerja di kantor dengan banyak orang, kamu bisa bawa pekerjaan ke rumah jika memungkinkan.
Tetap meningkatkan kualitas diri seperti belajar hal atau bidang baru dan melanjutkan pendidikan juga bisa kamu lakukan. Pandai introspeksi adalah keuntungan utama menjadi seorang introvert. Manfaatkan kemampuan tersebut untuk mendapatkan ide hebat dan menangani proyek besar.




