sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Semakin Dewasa, Kenapa Teman Semakin Berkurang? Ternyata Ini Alasannya

Dian Purnamasari | Jumat, 30 Oct 2020 13:00 WIB
Semakin Dewasa, Kenapa Teman Semakin Berkurang? Ternyata Ini Alasannya
caption

Kamu sudah memasuki masa usia kepala dua atau tiga? Apakah kamu mulai bertanya-tanya kenapa teman-temanmu semakin sedikit? Ternyata yang terjadi padamu itu adalah hal yang wajar, lho.

Proses seleksi alam yang pernah kamu pelajari di sekolah, terjadi pada kehidupan setiap orang, termasuk pada hubungan pertemanan. Saat dewasa, pertemanan tidak lagi dinilai dari kuantitasnya, tapi seberapa berkualitasnya pertemananmu. Kamu tidak butuh teman dalam jumlah banyak, tapi seberapa banyak temanmu memberikan manfaat yang positif padamu.

Buat kamu yang masih penasaran, kenapa sih semakin dewasa temanmu semakin berkurang, ini dia alasannya:

1. Prioritas Berubah

saat dewasa prioritas kita berubah
prioritas berubah/pexels.com

Semakin dewasa, kehidupan dan tanggung jawab setiap orang jadi berubah. Yang tadinya hanya kuliah dan bertanggung jawab atas nilai-nilai ujiannya, kini berubah menjadi bekerja dan harus menghidupi kebutuhan dirinya dan keluarga.

Perubahan yang terjadi tersebut, akhirnya turut mengubah prioritas kita juga. Di usia dewasa, ada yang prioritas utamanya adalah membantu ekonomi keluarga, mengurus orang tua yang sakit, pasangan, bahkan anak.

Hal itu membuat keberadaan seorang teman menjadi nomor kesekian, dan membuat kita tidak punya banyak waktu untuk dihabiskan bersama teman-teman.

2. Sudah Tidak Sefrekuensi

sudah tidak satu frekeuensi dengan teman jaman dulu
sudah tidak sefrekuensi/pexels.com

Bertambahnya usia juga akan mengubah pandanganmu tentang kehidupan. Seiring bertambahnya pengalamanmu, kamu akan punya nilai-nilai sendiri untuk menjalani kehidupan.

Jika sebelumnya kamu merasa baik-baik saja jika temanmu suka bergosip, seiring bertambahnya usia kamu mulai merasa tidak nyaman berada di dekat orang-orang yang suka bergosip. Hal itu membuatmu akhirnya mulai menyeleksi kembali lingkup pertemananmu, dan berani mengambil keputusan untuk meninggalkan teman yang membawa pengaruh negatif untukmu.

3. Waktu Luang yang Dipunya Sedikit

semakin dewasa waktu luangmu jadi sedikit
tidak punya waktu/pexels.com

Tidak bisa dipungkiri, semakin dewasa kesibukan kita juga semakin bertambah. Pekerjaan yang banyak menyita waktu dari pagi hingga malam, membuatmu tidak punya waktu untuk bertemu dengan teman-temanmu. Sekalipun ada waktu luang, kamu akan lebih memilih untuk istirahat, me time, atau kumpul bersama keluarga.

4. Sudah Ada yang Menikah

Banyak teman yang sudah menikah
Menikah/pexels.com

Bertambahnya usia, teman-temanmu yang dulu single kini satu persatu mulai menikah. Hal ini juga yang menjadi alasan kenapa saat dewasa, teman semakin berkurang. Karena setelah menikah, mereka akan fokus pada kehidupan rumah tangganya. Bagaimana menciptakan hubungan rumah tangga yang harmonis, bagaimana rencana memiliki anak, hingga mengatur keuangan.

5. Dipisahkan Jarak

kamu dan temanmu dipisahkan oleh jarakl
dipisahkan jarak/pexels.com

Jika dulu saat kuliah atau sekolah, setiap hari kamu bisa bertemu dengan teman. Maka lain keadaannya jika kamu sudah dewasa. Setiap orang mulai memilih jalan hidupnya masing-masing.

Ada yang bekerja di kantor yang berbeda, ada juga yang akhirnya memutuskan untuk merantau. Meski teknologi telah canggih dan kamu masih bisa tetap berkomunikasi via handphone, tapi tetap saja hubungan pertemananmu menjadi tidak intim lagi seperti dulu. 

 

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id