sign up SIGN UP

3 Selebritas Ternama Ini Terseret Kasus Pandora Papers, Ada yang Bantu Amankan Aset Orang Terkaya di Rusia!

Cynthia Claudia | Senin, 11 Oct 2021 13:00 WIB
3 Selebritas Ternama Ini Terseret Kasus Pandora Papers, Ada yang Bantu Amankan Aset Orang Terkaya di Rusia!
caption

Di berbagai media sedang ramai membicarakan kasus pandora papers. Pandora papers adalah sebuah dokumen yang menjelaskan kekayaan sejumlah tokoh kalangan atas di dunia yang menghindari tanggung jawabnya untuk membayar pajak. 

Mulai dari pemimpin dunia, politikus hingga tokoh-tokoh ternama pun namanya disebut dalam pandora papers. Dokumen itu ternyata juga menyeret sejumlah nama artis dunia. Melansir dari Independent, sejumlah artis nama yang ikut disebutkan dalam skandal pandora papers adalah Shakira, Elton John, hingga Ringo Starr.

Kekayaan Para Artis

seleb dalam pandora papers
seleb dalam pandora papers/ Foto: Rollingstone

Kekayaan para artis ini telah dilaporkan melalui International Consortium of Investigative Journalists (ICIJ). Mereka menyimpan harta atau aset di luar negeri sehingga terhindari dari pajak. Ada juga yang mengelola 'perusahaan cangkang' untuk menyimpan kekayaannya. 

Shakira, contohnya yang namanya ikut masuk dalam skandal ini dikabarkan mengellola 'perusahaan cangkang' di Bahama. Penyanyi Waka Waka (This Time for Africa) ini ternyata bukan hanya pertama kali mengalami skandal. Ia pernah terlibat dalam kasus kepemilikan harta ilegal dan kasus pembayaran pajak di Spanyol. 

Kedua, Elton John juga terlibat dalam skandal pandora papers, karena membantu mengamankan aset milik salah satu tokoh terkaya di Rusia.

seleb dalam pandora papers
seleb dalam pandora papers/ Pexels: Burst

Sementara Ringo Starr juga ikut terseret skandal, disebutkan bahwa ia tak melaporkan kekayaannya yang sesungguhnya. Anggota The Beatles yang merupakan seorang drummer tersebut malah menyimpan kekayaannya di Panama dan British Virgin. 

Investigasi Pandora Papers 

seleb dalam pandora papers
seleb dalam pandora papers/ Foto: Pexels

Skandal seleb dalam pandora papers ini dibongkar sejak akhir pekan lalu. Pandora papers pada dasarnya mengungkapkan aset rahasia yang disembunyikan, hingga kekayaan rahasia para milioner, pejabat, seleb, dan tokoh penting lainnya yang diduga mendirikan 'perusahaan cangkang' di negara bebas pajak. 

Rekening luar negeri telah digunakan secara tersembunyi untuk mengelola dan memindahkan sejumlah besar uang dari negara asalnya, yang tujuannya untuk menyembunyikan kekayaan asli seseorang. Bagaimana menurut pendapatmu tentang skandal pandora papers, Beauties? Apakah kamu masih mengikuti perkembangannya? 

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id