sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Hal yang Dikatakan Pelaku Gaslighting, Bisa Bikin Kamu Merasa Gila!

Intan Dwi | Jumat, 26 Mar 2021 22:00 WIB
5 Hal yang Dikatakan Pelaku Gaslighting, Bisa Bikin Kamu Merasa Gila!
caption

Pernahkah teman kamu memberi tahu bahwa kamu sedang menjalin hubungan dengan seorang gaslighting? Kalau iya, mungkin kamu tidak yakin bahwa yang teman kamu katakan benar. Karena kamu tidak sepenuhnya jelas apa itu gaslighting dan bagaimana cara mengetahuinya.

Gaslighting merupakan salah satu bentuk pelecehan dalam hubungan, dimana salah satu pihak mengontrol dan melecehkan pihak lain dengan memanipulasi seseorang secara psikologis untuk mempertanyakan kesehatan jiwanya.

Dengan kata lain, mereka akan melakukan apa yang mereka perlu lakukan sehingga kamu tidak dapat lagi membedakan yang benar atau tidak dan mana yang benar atau salah. Jika ingin mengetahui, mungkin ini bisa menjadi salah satu caranya.

Ada beberapa hal yang dikatakan oleh seorang gaslighting hampir secara umum kepada target mereka. Berikut ini adalah perkataan yang selalu muncul.

“Kamu selalu salah!”

Niat mereka adalah membuat kamu meragukan diri sendiri dan mempertanyakan semua yang kamu katakan dan semua yang kamu lakukan.
“Kamu selalu salah!”/freepik.com

Apakah pasangan kamu selalu memberi tahu kamu, bahwa kamu salah? Kalau iya, ini merupakan ungkapan klasik yang dikatakan oleh para gaslighting. Niat mereka adalah membuat kamu meragukan diri sendiri dan mempertanyakan semua yang kamu katakan dan semua yang kamu lakukan.

Dengan melakukan hal itu, pasangan kamu dapat mendominasi kamu dan membuat kamu merasa bahwa kamu membutuhkan mereka.

“Kamu tidak punya teman”

Ini merupakan hal yang mengerikan untuk memberitahu kepada seseorang, tetapi ini yang akan dikatakan oleh seorang gaslighting.
“Kamu tidak punya teman”/freepik.com

Ini merupakan hal yang mengerikan untuk memberitahu kepada seseorang, tetapi ini yang akan dikatakan oleh seorang gaslighting. Mereka akan memberi tahu kepada kamu dan berulang kali, bahwa kamu tidak punya teman, tidak ada yang menyukai kamu dan orang-orang berbicara di belakang kamu.

Mereka akan mengklaim bahwa mereka adalah satu-satunya teman kamu dan hanya ada karena mereka merasa kasihan kepada kamu. Bahkan ketika kamu memiliki satu teman dan kamu sering bertemu, gaslighting akan memberi tahu kamu bahwa teman itu hanya berpura-pura menyukai kamu.

Alasan mereka melakukan ini karena mereka ingin memisahkan kamu dari orang-orang yang mencintai dan mendukung kamu. Mereka ingin menjadi satu-satunya orang di dunia yang kamu andalkan dan percayai.

“Kamu tidak berharga”

Salah satu tujuan mereka adalah menghancurkan harga diri kamu, dengan mengatakan bahwa kamu adalah teman, anak, pasangan yang buruk dan lain-lain.
“Kamu tidak berharga”/freepik.com

Perkataan ini merupakan kuncinya, seorang gaslighting akan memberitahumu berulang kali bahwa kamu tidak berharga. Salah satu tujuan mereka adalah menghancurkan harga diri kamu, dengan mengatakan bahwa kamu adalah teman, anak, pasangan yang buruk dan lain-lain.

Mereka memberi tahu bahwa kamu tidak akan mampu mencapai kesuksesan karier atau apapun sama sekali. Nah, ketika kamu percaya bahwa diri kamu tidak berharga maka kamu akan mulai mempercayainya dan kamu mulai mengandalkan mereka sedangkan mereka akan mengendalikan kamu.

Jika kamu berada di bawah kendali mereka, kamu akan kehilangan diri kamu sepenuhnya dan percaya setiap hari bahwa kamu semakin tidak berharga.

“Semuanya salah kamu”

Ketika pasangan kamu selalu memberi tahu bahwa kamu bersalah setiap ada permasalahan yang muncul artinya mereka tidak akan bertanggung jawab atas dinamika di antara kalian berdua.
“Semuanya salah kamu”/freepik.com

Ketika pasangan kamu selalu memberi tahu bahwa kamu bersalah setiap ada permasalahan yang muncul artinya mereka tidak akan bertanggung jawab atas dinamika di antara kalian berdua. Hal itu tidak hanya membebaskan mereka dari tanggung jawab apa pun, tetapi juga terus merusak keyakinan kamu bahwa kamu tidak berharga dan tidak dapat dicintai.

“Kamu gila”

Hal itu membuat seperti kamu tidak didengarkan dan yang terburuk dari semuanya, semakin sering gaslighting menyebut kamu gila maka semakin besar kemungkinan kamu untuk akhirnya mempercayainya.
“Kamu gila”/freepik.com

Jika pasangan mengesampingkan sudut pandang kamu sebagai “gila”, kamu harus mempertimbangkannya mengapa mereka melakukannya. Itu meremehkan, merendahkan dan tidak mengerti perasaan kamu.

Hal itu membuat seperti kamu tidak didengarkan dan yang terburuk dari semuanya, semakin sering gaslighting menyebut kamu gila maka semakin besar kemungkinan kamu untuk akhirnya mempercayainya.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id