sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

5 Kerugian Saat Kamu Masih Menyimpan Amarah dan Dendam Pada Mantan!

Ayuliy Lestari | Selasa, 13 Oct 2020 01:00 WIB
5 Kerugian Saat Kamu Masih Menyimpan Amarah dan Dendam Pada Mantan!
caption

Beberapa orang bisa berteman baik dengan mantan namun beberapa lainnya bahkan enggan untuk saling bertegur sapa. Biasanya hal itu terjadi ketika kamu dan mantan, mengakhiri hubungan dengan cara yang kurang baik.

Misalnya putus yang dipicu adanya kekecewaan, merasa dikhianati atau keputusan secara sepihak dan masih banyak lagi alasan putus lainnya yang membuat seseorang masih menyimpan amarah bahkan dendam pada mantan.

Meskipun terkadang mantan sudah berusaha untuk meminta maaf, wajar jika kamu masih marah karena merasa telah disakiti. Namun sebaiknya kamu berlapang dada dan memaafkan, karena ketika memendam rasa amarah terlalu lama pada mantan, artinya kamu sedang merugikan dirimu sendiri.


Benarkah ada beberapa efek buruk yang ditimbulkan karena menyimpan amarah dan dendam?

1. Mudah Stres

Menyimpan amarah pada mantan
Stress/unsplash.com

Menyimpan amarah membuat kamu mudah stres karena perasaan negatif tersebut bisa mempengaruhi keadaan psikologis. Apalagi jika mantan adalah orang terdekat yang mudah kamu jumpai atau berada di lingkungan pergaulan yang sama misalnya seperti teman kantor, teman satu kampus atau tempat tinggal kalian yang tidak begitu jauh. Kemungkinan bertemu dan kabar tentangnya pun mudah terdengar.

Terkadang kabar baik tentang mantan, kamu anggap sebagai kabar buruk misalnya si dia sudah memiliki pasangan baru atau kariernya menjadi lebih bagus, amarah dan dendam yang kamu simpan akan semakin menguasai diri kamu sehingga kamu mudah stres. Stres sangat berpengaruh pada kesehatan, seperti daya tahan tubuh menurun dan mudah terserang penyakit.

2. Menyakiti Diri Sendiri

Menyimpan amarah pada mantan
Woman/unsplash.com

Stres yang membuat daya tahan tubuh menurun juga merupakan salah satu bentuk menyakiti diri sendiri. Menyimpan amarah atau dendam membuat kamu tidak fokus pada tubuhmu bahkan masa depanmu.

Kamu terlalu fokus pada masa lalu, pada sakit yang kamu rasakan sehingga kamu kesulitan untuk maju. Kamu terus menerus memposisikan dirimu sebagai korban hingga pada akhirnya kamu mengganggapnya sebagai rasa trauma.

3. Sulit Move On

Menyimpan amarah pada mantan
Couple/unsplash.com

Mungkin kamu berpikir bahwa kamu sudah berhasil move on karena marah dan benci pada mantan. Padahal sebaliknya, amarah dan dendam yang kamu simpan adalah sebuah tanda bahwa kamu sulit move on.

Kamu masih terperangkap pada bayang-bayang masa lalu, kamu masih memiliki obsesi pada mantan. Tanda-tanda berhasil move on adalah ketika kamu benar-benar tidak memikirkannya lagi, rasa sakit dan amarah seharusnya hilang.

4. Sulit Menemukan Pasangan Baru

Menyimpan amarah pada mantan
Couple/pexels.com

Ketika rasa sakit dan amarah belum hilang, tentu saja kamu akan kesulitan menemukan pasangan baru. Apalagi jika kamu memposisikan dirimu sebagai korban maka sama saja kamu memupuk rasa trauma yang membuat kamu malas bertemu orang baru.

Ketika memaksakan diri untuk menjalin hubungan baru pun, biasanya tidak akan bertahan lama karena kamu terus mengungkit mantan di depan pasanganmu. Tentu saja hal tersebut membuat pasangan merasa tidak dihargai.

5. Menjadi Sosok yang Menyebalkan

Menyimpan amarah pada mantan
Woman/unsplash.com

Pada akhirnya kamu akan menjadi sosok yang menyebalkan terutama bagi orang-orang di sekitar. Kamu akan sensitif ketika orang lain membahas tentang nama mantan sehingga mereka cenderung menghindar.

Kamu pun mudah marah dan mudah tersinggung karena hal sepele yang menurut kamu ada kaitannya dengan mantan. Hal tersebut bisa merusak hubungan pertemanan lho! Orang lain akan malas mendekat apalagi jika kamu menjadi mudah stres dan moody.

Itulah beberapa efek yang ditimbulkan jika kamu terus menerus menyimpan amarah dan dendam kepada mantan. Daripada terus memikirkan mantan atau sakit yang kamu rasakan, sebaiknya cari kebahagiaanmu sendiri.

Cobalah mencintai diri sendiri dan upgrade diri kamu hingga banyak orang yang tertarik dan tentunya hal tersebut malah akan membuat mantan menyesal.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id