sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Ladies, Ini Kerugian Menjalani Hubungan Friends with Benefits

Ayuliy Lestari | Kamis, 25 Mar 2021 10:00 WIB
Ladies, Ini Kerugian Menjalani Hubungan Friends with Benefits
caption

Mungkin Kamu sudah tidak asing dengan istilah ‘friends with benefits’. Yups, fenomena ini bahkan pernah diangkat ke layar lebar dengan judul yang sama, Friends with Benefits 2011. Film yang diperankan oleh Justin Timberlake dan Mila Kunis lebih dikaitkan dengan urusan seks untuk saling memuaskan satu sama lain tanpa adanya ikatan resmi.

Friends with benefits atau FWB sendiri memang merupakan hubungan pertemanan yang umumnya melakukan hubungan seks tanpa melibatkan perasaan di dalamnya dan seperti sebutannya, FWB bertujuan untuk saling menguntungkan. Jadi, hubungan FWB ini bersifat tidak mengikat dan tidak memiliki aturan yang pasti.

Meski kamu dan dia sangat dekat bahkan pernah melakukan hubungan seks, kalian tetap bebas berkencan dengan siapa pun. Tapi apakah FWB benar-benar bisa saling menguntungkan? Tunggu dulu, Ladies. Faktanya, ada banyak kerugian yang akan kamu alami. Simak yuk!

1. Hubungan Hanya Bersifat Sementara

Hubungan FWB (Friends with Benefits)
Hubungan FWB (Friends with Benefits)/Freepik.com

Hubungan FWB sering kali hanya berlangsung dalam waktu singkat, bahkan bisa dalam hitungan beberapa minggu atau bulan saja. Meskipun, ada pula yang bisa mempertahankan hubungan ini hingga bertahun-tahun lamanya, namun pada umumnya FWB tidak dapat berjalan lama, salah satu pihak pasti akan merasa bosan.

2. Sulit Berlanjut ke Tahap yang Serius

Hubungan FWB (Friends with Benefits)
Hubungan FWB (Friends with Benefits)/Freepik.com

Sebagian orang yang menjalani hubungan FWB mungkin bisa melanjutkan hubungannya menjadi pertemanan biasa lagi. Mereka memutuskan menjadi teman biasa kembali, umumnya karena sudah mendapatkan pasangan lain yang dianggap cocok. Tetapi kamu dan dia yang menjalani FWB sangat jarang berlanjut ke hubungan yang serius, karena sedari awal bukan itu tujuannya.

3. Hanya Berfokus Pada Hubungan Ranjang

Hubungan FWB (Friends with Benefits)
Hubungan FWB (Friends with Benefits)/Freepik.com

Meski melibatkan keintiman secara fisik dan seksual, FWB bukanlah hubungan romantis. Tidak seperti hubungan sepasang kekasih pada umumnya, dia tidak selalu ada saat kamu butuhkan. Dia hanyalah teman untuk bersenang-senang saja.

Jadi ketika kamu menginginkan komitmen serius, seperti pernikahan atau hubungan jangka panjang (long-term relationship), perlu dipertimbangkan baik-baik risiko yang satu ini sebelum memutuskan menjalani hubungan friends with benefits.

4. Sering Bertepuk Sebelah Tangan

Hubungan FWB (Friends with Benefits)
Hubungan FWB (Friends with Benefits)/Freepik.com

Bukan tidak mungkin jika suatu saat ada perasaan yang muncul dari salah satu pihak seiring berjalannya waktu. Entah karena faktor kenyamanan, kepuasan atau ketergantungan satu sama lain. Namun pada umumnya, rasa suka yang muncul sering kali tak berbalas karena hanya dirasakan oleh satu pihak saja.

Coba renungkan kembali, Ladies, seandainya kalian berdua saling cinta dan saling menyayangi, sedari awal tidak akan ada hubungan yang terbilang rumit dan tanpa status ini. Kalian pasti lebih memilih menjalani hubungan yang serius sebagai sepasang kekasih.

5. Risiko Penyakit Menular Seksual

Hubungan FWB (Friends with Benefits)
Hubungan FWB (Friends with Benefits)/Freepik.com

Tak bisa dipungkiri, hubungan friends with benefits kerap melibatkan hubungan seksual, meski ada beberapa yang tidak. Hubungan seksual tanpa komitmen ini termasuk hubungan yang berisiko, karena kamu tidak mengetahui dengan siapa saja pasangan FWB kamu pernah berhubungan intim sebelumnya.

Jika tidak hati-hati, orang yang kerap menjalani hubungan FWB bisa berisiko terkena penyakit menular seksual, seperti sifilis, gonore, hepatitis B, atau HIV. Bahkan hubungan friends with benefits juga berpotensi menyebabkan rasa sakit hati dan penyesalan di kemudian hari.

So, kamu perlu waspada jika memiliki teman lawan jenis yang sangat dekat karena bisa memicu tumbuhnya hubungan tanpa status ini.

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id