sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

Tanda-tanda Kamu Belum Siap Berpacaran Lagi

Liana Dewi | Selasa, 20 Apr 2021 18:30 WIB
Tanda-tanda Kamu Belum Siap Berpacaran Lagi
caption
Jakarta -

Saat sedang sendiri, terkadang ada perasaan ingin memiliki pacar. Ditambah lagi ketika teman-teman sebaya sudah memiliki pasangan masing-masing. Perasaan kesepian membuatmu merasa ingin didampingi. Namun di sisi lain, ada rasa ragu untuk menjalin hubungan.

Di sini, Beautynesia akan memberikan beberapa tanda-tanda bahwa kamu sebenarnya belum siap untuk memulai hubungan baru. Meski kamu rindu untuk bersama dengan seseorang, tapi dalam hubungan memerlukan komitmen yang besar dan perjuangannya pun tidaklah mudah.

Jadi alangkah baiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu, apakah benar kamu siap memulai hubungan baru atau hanya tidak ingin sendiri?

1. Sibuk dengan List Pasangan Ideal

Sibuk Membuat List Pasangan Ideal
Sibuk Membuat List Pasangan Ideal/freepik.com

Hal yang wajar kalau kamu menginginkan pasangan dengan kriteria tertentu. Kalau kamu memiliki daftar kriteria pasangan ideal pun tidak masalah. Namun kamu perlu ingat bahwa manusia tidak ada yang sempurna.

Alih-alih terlalu memimpikan hidupmu yang penuh kebahagiaan bersama pasangan idealmu, lebih baik kamu fokus terhadap diri sendiri terlebih dahulu. Sejauh mana kesiapanmu dalam mempertahankan hubungan, sejauh mana kesiapanmu dalam menjalankan komitmen, dan apakah kamu sudah berdamai dengan dirimu sendiri?

Jika kamu terlalu sibuk mencari orang yang bisa memenuhi semua kriteria yang ada dalam daftarmu, bisa jadi dari lubuk hati terdalam kamu sebenarnya belum siap berpacaran. Kamu hanya merasa insecure dengan dirimu dan ingin orang lain menjadi obatnya. Sebaiknya kamu sudah lengkap dengan dirimu sendiri sebelum berkomitmen dengan orang lain.

2. Mencari Pasangan untuk Menyelamatkanmu dari Masalah

Pasangan untuk Menyelesaikan Masalah
Pasangan untuk Menyelesaikan Masalah/freepik.com

Jika kamu sedang memiliki banyak masalah, ada kalanya kamu ingin segera keluar dari momen membingungkan ini. Namun mencari pasangan untuk menyelamatkanmu dari masalah tersebut bukanlah jawaban yang tepat.

Kamu tidak bisa mengharapkan tiba-tiba ada seorang pahlawan yang menyelamatkanmu secara instan. Pahlawan yang bisa jadi tempatmu bergantung dan menaruh harapan sepenuhnya.

Hadapilah masalahmu dengan sabar. Karena jika terlalu mengandalkan pasangan, malah hal ini bisa memicu toxic relationship, lho. Jangan pula menjadikan pasanganmu sebagai distraksi untuk kamu lari dari masalahmu.

3. Masih Sering Membicarakan Mantan

Membicarakan mantan
Membicarakan Mantan/freepik.com

Saat curhat bersama teman, siapa di sini yang masih bahas-bahas soal mantan? Bisa jadi ini salah satu ciri kamu belum move on, lho. Jika belum move on, lebih baik jangan memulai hubungan baru dulu dan selesaikanlah apa yang masih mengganjal dalam dirimu. Kamu belum sepenuhnya sembuh dari hubungan lamamu.

Memang bisa jadi saat bertemu dengan orang baru, perhatianmu langsung tersita karenanya. Mungkin juga kamu tiba-tiba menyadari bahwa orang yang selama ini menjadi teman dekatmu ternyata bisa menggetarkan hatimu. Kemudian saat itu pula kamu mulai memikirkan menjalin hubungan baru.

Namun jika pikiranmu masih saja terpaku soal si mantan, lebih baik kamu coba renungkan kembali mengenai keinginanmu untuk menjalin hubungan baru ini. Hubungan yang masih dibayang-bayangi oleh masa lalu tidaklah sehat.

4. Masih Memiliki Ego Keakuan yang Besar

Egois
Egois/freepik.com

Kalau kamu masih sulit berkompromi dengan orang lain saat memecahkan masalah, ini tanda bahwa kamu belum siap memulai hubungan serius. Karena hubungan tidak akan bertahan lama tanpa kompromi kedua belah pihak. Begitu pula ketika kamu berargumen dan kamu masih mau menang sendiri, lebih baik tahan dulu keinginanmu untuk memiliki pacar. 

Sebelum berpacaran dengan orang lain, lebih baik kembangkan dulu kemampuan untuk merefleksikan segala terhadap tindakanmu. Belajarlah untuk memaafkan diri dan mengambil pelajaran dari setiap kesalahan yang kamu lakukan. Saat kamu lebih sadar terhadap dirimu dan lebih bijak dalam mengambil keputusan, kamu pun akan lebih pandai dalam menjalani sebuah hubungan.

Nah, Beautynesian, itulah setidaknya 4 tanda bahwa kamu belum siap menjalin hubungan lagi setelah sebelumnya pernah putus. Setiap hubungan memiliki konsekuensi dan sebaiknya kamu memulai hubungan baru ketika kamu yakin bahwa kamu benar-benar siap.

(mel/mel)

Our Sister Site

mommyasia.id